3 Cara Sederhana Meningkatkan Kesadaran Diri
General
February 4, 2022

Sering kali, ketika ditanya mengenai diri kita, kita bingung menjawabnya. Seberapa paham kita dengan diri sendiri tentu berkaitan dengan self-awareness atau kesadaran diri. Hmm, kok bisa ya kita tidak paham dengan diri kita? Nah, bisa jadi karena kita belum mengetahui cara meningkatkan kesadaran diri.

Apa sih kesadaran diri? Sederhananya, kesadaran diri atau self-awareness adalah kemampuan seseorang dalam memahami, mengerti, dan menerima perasaan, pikiran, pengalaman, serta nilai diri sendiri. Lalu, seberapa penting mengetahui cara meningkatkan kesadaran diri? Dengan kesadaran diri, kamu bisa juga memahami keadaan orang-orang di sekitarmu dan kamu bisa bercermin dari penilaian mereka tentangmu. Kamu akan memahami situasi sosial serta perasaan orang lain juga, lho. Dengan begitu, kesadaran diri akan membantumu untuk berkembang, baik secara personal ataupun profesional.

Cara meningkatkan kesadaran diri (self-awareness)

Mengenali diri sendiri

Cara meningkatkan kesadaran diri sebetulnya tidak terlampau sulit. Kamu cukup mengambil tiga langkah sederhana di bawah ini:

1. Bangun rasa ingin tahu soal diri sendiri

Cobalah untuk selalu cari tahu, khususnya tentang diri sendiri. Apa yang sedang kamu rasakan, kamu alami, apa penyebabnya, bagaimana solusinya, apa kelebihan dan kekuranganmu, bahkan suara seperti apa yang muncul di kepalamu. Jangan lupa juga untuk mencatat sedetail mungkin. Di penghujung hari, jangan lupa lihat kembali catatanmu ya.

2. Cari sudut pandang dari orang lain

Jangan lupa juga untuk meminta pendapat orang lain tentang dirimu. Masukan mereka bisa membantumu untuk menggali dirimu lebih jauh, lho. Karena terkadang ketika kita lupa dengan diri sendiri, orang lain mungkin lebih jauh mengenal dirimu.

3. Berhenti bertanya "kenapa"

Terakhir, ketika kamu menghadapi masalah, cobalah berhenti bertanya “kenapa”. Semakin sering bertanya “kenapa”, akan membuat seolah-olah keadaanmu semakin buruk, sehingga kamu tidak objektif dalam mengambil keputusan. Dengan kata lain, tidak sadar diri. Coba ubah pertanyaan “kenapa” menjadi “apa”, sehingga kamu bisa mengambil langkah untuk setiap solusimu.

Kamu bisa memulai latihan dengan tiga cara meningkatkan kesadaran diri ini dengan konsisten ya, Teman Mindy. Untuk tahu lebih lanjut soal kesadaran diri, kamu bisa ikuti program self-awareness dari Mindtera.


Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Mengenal Esensi Diri
Dalam program ini, Pradjoto akan menemanimu untuk mengenali jati diri, baik secara lahiriah mau pun spiritual.
Kenali Nilai Dirimu
Yakin deh, kalau kamu sudah mengenal nilai dirimu, hidupmu akan lebih bermakna. Program ini, dibuat khusus untuk membantu kamu lebih percaya diri menghadapi tantangan hidup.
Latihan Kesadaran
Dalam keseharian, sudahkah kamu mindful dalam beraktivitas? Simak program ini, untuk melatih diri supaya hadir pada momen saat ini dalam beraktivitas. Ikuti dan terapkan dengan baik, ya.

Share this article