4 Cara Ampuh Menenangkan Pikiran untuk Meredakan Emosi‍
General
April 7, 2022

Saat berada di situasi yang nggak menyenangkan, wajar kalau kamu merasa kesal, marah, atau kecewa. Eits, tapi hati-hati, akan nggak wajar kalau kamu menjadi seseorang yang mudah dikendalikan oleh emosi yang kamu rasakan. Kamu menjadi mudah emosi, mudah terbawa perasaan, hingga rela menyakiti diri sendiri atau bahkan orang lain. Cepat atau lambat, emosi negatif itu akan menguasai dan menjatuhkan dirimu sendiri, lho.

Kalau kamu nggak ingin harimu terasa buruk hanya karena teman kantor membicarakanmu di belakang, berlatih menenangkan pikiran adalah jawabannya. Menenangkan pikiran nggak harus dengan memendam emosimu, kok. Justru kalau dipendam, akan memicu kecemasan yang berlebih lho. Nah, karena itu ekspresikan perasaanmu dengan cara yang tepat supaya pikiranmu lebih tenang. Bagaimana caranya? Ikuti cara menenangkan pikiran untuk meredakan emosimu di bawah ini, yuk!

1. Redakan emosi dengan mengenali dan menyadari sumber emosimu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menggali sumber emosimu. Apa yang menjadi pemicu rasa marah, kesal, atau kecewamu. Lalu, cari tahu juga dengan siapa kamu merasa marah. Dengan begitu, kamu akan dengan mudah mencari solusi yang tepat untuk meredakan emosimu. Untuk memudahkanmu mengenal emosi dalam diri, cek di sini.

2. Alihkan perhatianmu 

Saat kamu dikuasai oleh emosi, kamu cenderung hanya berfokus pada penyebab emosimu, kan? Misalnya, kamu cenderung menyalahkan pasanganmu saat si dia nggak memberi kabar seharian. Kalau sudah begitu, pikiranmu hanya dipenuhi oleh hal-hal buruk tentang si dia. Nah, lebih baik kamu komunikasikan apa yang kamu rasakan pada si dia dan cari solusi bersama. Setelahnya, alihkan perhatianmu dengan hal-hal yang membuatmu nyaman dan tenang. Sekadar berucap “semua baik-baik saja” sambil menghirup udara segar sudah cukup menenangkan pikiranmu.

3. Mindful breathing

Percaya nggak percaya, mindful breathing senjata ampuh untuk meredakan emosi, lho. Dengan menaruh fokus pada tarikan dan hembusan napas, akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang atau cooling down. Mungkin kelihatannya sederhana, tapi ternyata efeknya begitu besar untuk menenangkan pikiranmu agar tidak larut dalam emosi. Jadi, yuk coba berlatih mindful breathing di sini.

4. Mengambil jeda

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan, rilis emosimu dengan mengambil jeda. Melalui jeda, kamu akan berfokus untuk mengistirahatkan pikiran dari hal-hal yang memenuhi pikiranmu. Pusatkan fokusmu pada apa yang sedang kamu lihat atau dengar. Dengan begitu, emosi yang kamu rasakan akan mereda dan kamu pun siap untuk melanjutkan hari yang lebih tenang. Kamu juga bisa mendengarkan JEDA di aplikasi Mindtera. Kamu bisa merilis segala emosi negatif yang kamu rasakan dengan cara yang positif. Pilih audio sesuai kebutuhanmu dan dengarkan dengan seksama. Jadi, tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Mindtera di smartphone kesayanganmu. 

Yuk, tarik napas panjang dan jangan biarkan kamu dikendalikan oleh emosi. Karena sebetulnya kamu punya kendali penuh atas dirimu sendiri, latih pengendalian dirimu. Kamu juga bisa mulai berlatih dengan Mini Mindful Exercise dari Mindtera di bawah ini, lho. Cari posisi ternyamanmu, dan ikuti dengan baik. Selamat mencoba!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Pengendalian Diri
Orang terkuat adalah bukan yang mampu melawan orang lain, melainkan yang mampu melawan dirinya sendiri. Yuk, jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri dengan belajar self control.
Mengenal Ragam Emosi Manusia
Sudahkah kamu berkenalan dengan ragam emosi dalam dirimu? Ini saatnya, kamu belajar mengenalinya, supaya dapat membantumu untuk menyadari kehadiran keragaman emosi dalam diri.
Mengenal Kecerdasan Emosi
Apa pentingnya sih kecerdasan emosi dalam kehidupan? Eits, kecerdasan emosi sangat membantumu untuk memahami serta mengukur keadaan emosimu dan orang lain. Karena itu, yuk kenali lebih dalam apa itu kecerdasan emosi dan pahami bagaimana ciri-ciri seseorang yang memiliki kecerdasan emosi yang tinggi. Apakah kamu salah satunya? Temukan jawabannya di sini.
Latih Gerak Melepas Emosi Marah
Lepas emosi marahmu dengan latihan gerak berkesadaran. Latihan ini akan menstimulasi liver dan limpa, tempat emosi kemarahan tersimpan. Ryu Deka siap memandumu dalam latihan kali ini. Siapkan dirimu, ya.

Share this article