5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri dan Masa Lalu
General
March 23, 2022

Hai, Teman Mindy! Sudahkah kamu mengucapkan rasa terima kasih pada diri sendiri? Berterima kasih, khususnya pada diri sendiri, nggak perlu menunggu momen-momen tertentu, kok. Kamu berhak mendapatkan apresiasi atas apa pun yang telah kamu lakukan. Kalau hari ini gagal interview kerja, tetap ucapkan terima kasih karena kamu sudah bertahan hingga sejauh ini. Kalau hari ini kamu membuat kesalahan, ucapkan terima kasih juga karena kamu sudah berusaha melakukan yang terbaik. 

Membiasakan berterima kasih pada diri sendiri, juga menjadi salah satu cara berdamai dengan diri sendiri, lho. Perlahan-lahan, kamu pun akan berhenti menyalahkan diri atas segala sesuatu yang terjadi dalam hidupmu dan berdamai dengan hal-hal di masa lalu. Kalau saat ini kamu merasa belum mampu berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu, coba terapkan lima cara yang telah Mindy rangkum hanya untukmu, di bawah ini:

Cara Berdamai dengan Diri Sendiri

1. Kenali nilai dirimu

berdamai dengan diri sendiri

Pernahkah kamu mendapati dirimu berkata, “Ah, aku selalu gagal—” atau “aku nggak layak, nih”? Padahal, terlepas dari pencapaian atau kualitas yang kamu punya, kamu tetaplah berharga. Karena nilai diri adalah tentang siapa kamu, bukan tentang apa yang kamu lakukan atau yang kamu raih. Untuk membantumu agar dapat memahami nilai dirimu, coba ikuti program Mindtera di sini.

2. Perbaiki hubunganmu dengan diri sendiri

Tanpa disadari, sumber luka terbesarmu datangnya dari pemikiran dan anggapanmu sendiri. Nah, inilah saatnya ubah perspektif tentang dirimu demi terjalinnya hubungan yang baik dengan diri sendiri. Tanamkan bahwa orang pertama yang memeluk dirimu ketika jatuh dan terluka adalah kamu sendiri. Dengan begitu, kamu pun akan menjadi teman terbaik bagi dirimu sendiri. Yuk, pelan-pelan belajar memperlakukan diri dengan penuh kasih dan cinta!

3. Tidak perlu menjadi sempurna untuk dicintai dan diterima

Ssstt… Ada kabar gembira untuk kamu, nih! Yap, kamu nggak perlu capek-capek mengejar kesempurnaan untuk dicintai dan diterima. Mengapa? Karena sebetulnya kesempurnaan itu nggak pernah ada di dunia, yang ada hanyalah hidup akan terasa sempurna kalau mampu menerima baik buruknya diri secara utuh. Mindy percaya, kamu pasti bisa kok! Kamu bisa memulai langkahmu di sini.

4. Maafkan dirimu untuk dirimu yang lebih baik

Memaafkan diri sendiri lebih dari sekadar melupakan masa lalu dan melanjutkan hidup. Ini tentang menerima apa yang telah terjadi dan menunjukkan belas kasih pada dirimu sendiri. Percayalah, apa yang telah terjadi di masa lalu, tidak mendefinisikan siapa kamu saat ini. Jadi, fokuslah pada saat ini, karena saat ini adalah hari baru untukmu. Yuk, siapkan dirimu untuk memberi hadiah terbaik berupa satu kata maaf pada diri sendiri!

5. Menjalani hidup dengan berkesadaran

Sudah saatnya buang jauh-jauh penyesalan karena masa lalu. Mulai hiduplah di sini kini dan berfokus pada apa yang bisa kamu kendalikan saat ini. Mungkin, boleh saja menengok ke belakang sesekali, tapi cukup jadikan sebagai bahan evaluasi untukmu berkembang. Setelahnya, jangan lagi mengulik masa lalu yang membuatmu merasa menyesal sampai berlarut-larut. Selamat berlatih hidup mindful, ya!

Semoga, cara berdamai dengan diri sendiri yang Mindy sudah siapkan untukmu kali ini dapat membantumu dalam berproses. Mungkin, memang nggak semudah membalikkan telapak tangan, tapi Mindy percaya, kamu yang memiliki keinginan kuat untuk berkembang dan move on, pada akhirnya akan mampu berdamai dengan diri sendiri. 

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Penerimaan Diri
Trauma masa lalu mungkin menyebabkanmu kesulitan menerima diri sendiri. Di program ini, akan membantumu untuk berdamai dan menerima semua baik buruknya dirimu secara utuh.
Self Worth
Siapa yang paling mengerti diri kamu sendiri? Siapa yang paling dekat dengan diri kamu sendiri? Ya, jawabannya adalah kamu. Karena itu lah, orang pertama yang harus menyadari bahwa kamu berharga adalah diri kamu sendiri. Yuk, sayangi dirimu dengan menumbuhkan self worth melalui program kali ini!
Self Forgiveness
Self forgiveness adalah salah satu cara seseorang untuk dapat menjalani hidup dengan lebih baik dan positif. Memaafkan diri sendiri memang proses pendewasaan diri yang tidak mudah, tapi program dari Mindtera akan menemani dalam setiap prosesmu.
Kenali Nilai Dirimu
Yakin deh, kalau kamu sudah mengenal nilai dirimu, hidupmu akan lebih bermakna. Program ini, dibuat khusus untuk membantu kamu lebih percaya diri menghadapi tantangan hidup.

Share this article