Apa Makna Pekerjaan Bagimu? Karir, Hanya Pekerjaan, atau Panggilan Hidup?
Karir
November 28, 2022

Setelah sekian lama bekerja, pernahkah kamu meluangkan waktu sejenak untuk mempertanyakan, kira-kira apa yang sedang kamu kerjakan saat ini hanya pekerjaan, karir, atau panggilan hidup? Atau, sederhananya apa sebenarnya makna pekerjaan untukmu?

Mungkin, kamu saat ini sepenuhnya yakin kalau pekerjaanmu sekarang adalah pekerjaan yang bermakna. Namun, di sisi lain, mereka yang tidak merasakan kedekatan ini dengan posisi mereka mungkin mendapati diri mereka lebih rentan terhadap peningkatan stres dan struggling dengan mental health mereka.

Itulah mengapa, pekerjaan yang bertujuan & bermakna, dapat menjadi faktor positif dalam kehidupan. Menemukan karir yang selaras dengan value dan tujuan pribadimu dapat memberikan sejumlah manfaat, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga keberlangsungan perusahaan.

meaningful work adalah

Apa itu meaningful work?

Meaningful work atau pekerjaan yang bermakna membantu seseorang merasa menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri. Mereka merasa termotivasi oleh tugas-tugas yang ditetapkan di hadapan mereka dan terinspirasi untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Hasil studi dari Harvard Business Review menyatakan, 9 dari 10 pekerja tidak masalah mendapatkan gaji kecil, asal melakukan pekerjaan yang bermakna untuk dirinya ataupun lingkungannya. Hal itu berarti menandakan bahwa pekerjaan yang bermakna bukanlah hanya dari besaran gaji dan benefit semata, melainkan lebih jauh dari itu.

3 Orientasi Pekerjaan

1. Pekerjaan sebagai "JOB"

Melihat pekerjaan sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan dan alat untuk meraih tujuan hidup. Biasanya, mereka cenderung memisahkan kehidupan personal dan profesional dan merasa pekerjaan tidak harus sama dengan passion. Orang-orang yang memandang pekerjaannya hanya sebagai "JOB" seringkali tidak mengeluarkan kemampuan terbaiknya di pekerjaan.

2. Pekerjaan sebagai "CAREER"

Memandang pekerjaan sebagai suatu profesi yang memiliki jenjang karir yang lebih baik dan sebagai sarana untuk mendapat achievements dan self growth. Orang-orang yang memandang pekerjaannya sebagai "CAREER" akan bekerja untuk masa depan mereka yang lebih baik: kenaikan jabatan, mendapat ketenaran, mendapat kekuasaan, punya wewenang, gaji yang lebih tinggi, dsb.

3. Pekerjaan sebagai "CALLING"

Memandang pekerjaan sebagai hal yang memiliki tujuan mulia, misalnya memberi manfaat bagi orang lain, sebagai sarana mengekspresikan keunikan diri dan value yang dimiliki, serta mendapatkan rasa kepenuhan dan kepuasan batin dari apa yang dilakukan. Orang-orang yang memandang pekerjaannya sebagai "CALLING" memiliki keyakinan kuat bahwa apa yang mereka lakukan sungguh penting, berarti, dan memiliki makna. Pada umumnya, mereka menyukai pekerjaan mereka, memberikan kinerja terbaik dan memiliki engagement yang tinggi dengan organisasi mereka.

Jadi, apakah yang kamu kerjakan sekarang merupakan pekerjaan yang bermakna?

JIka pekerjaanmu saat ini pekerjaan yang bermakna, selamat! Semoga pekerjaan yang kamu jalani saat ini mampu memberimu kepuasan batin dan terus mendorongmu untuk berkembang.

Namun, jika saat ini kamu masih mencari pekerjaan yang bermakna bagimu, tidak perlu khawatir. Kamu bisa mencarinya sembari mengeksplorasi diri. Mindtera yang kini hadir sebagai solusi end-to-end untuk kelola engagement, wellbeing & development karyawan bisa membantumu untuk menemukan pekerjaan yang bermakna.

Mindtera menawarkan group coaching dengan berbagai topik. Diantaranya: Meaningful Work, Stress Management, Productivity Wellness, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menjelajahinya di Group Coaching Mindtera

Book your FREE DEMO now!

Share this article