Bagaimana Personal Value Membantumu untuk Menjadi Leader yang Baik
Karir
November 28, 2022

Value dalam diri kita bagaikan kompas, menuntun kita untuk menuju tujuan hidup, serta memotivasi dan menginspirasi kita dalam menjalani hidup. Personal value juga menggambarkan siapa diri kita, baik di rumah maupun di tempat kerja.

Pada dasarnya, personal value membentuk dasar dari identitas kita. Dengan begitu, personal value berperan besar dalam bagaimana kita menjadi seorang pemimpin. Karena identitasmu sebagai pribadi juga menjadi identitasmu sebagai seorang pemimpin, yang pada akhirnya membantumu dalam memengaruhi orang-orang dan organisasi yang kamu pimpin.

Namun sayangnya, banyak pemimpin tidak menghabiskan waktu dan energi yang diperlukan untuk menggali personal value mereka. Mereka mungkin memahami personal value-nya tidak secara mendalam, sehingga mereka tidak menggali keyakinan apa dan perasaan apa yang mendorong terbentuknya personal value mereka.

Padahal, dengan kamu menyadari bagaimana value dalam dirimu mendorong suatu pemikiran, perilaku, dan pengambilan keputusan, dapat membuat pilihan yang lebih baik untuk diri sendiri dan memiliki dampak yang lebih positif bagi orang-orang di sekitarmu. Jika tidak, kamu akan cenderung bekerja dalam mode auto-pilot, yang seringkali dapat menimbulkan masalah atau hambatan bagi karier dan organisasimu.

Nah, sekarang saatnya luangkan waktu untuk meninjau kembali bagaimana personal value memengaruhi peranmu dan kamu sebagai pribadi. Dengan apa yang kita hadapi di tempat kerja dan kehidupan yang terus berubah, sangat penting bagi kamu untuk meluangkan waktu guna memastikan bahwa kamu terus selaras dengan value dalam diri.

Bagaimana Mengidentifikasi Personal Value dalam Dirimu

Pikirkan kembali, kualitas yang seperti apa yang dapat berkontribusi pada kepemimpinan yang sangat baik. Apakah beberapa atau semua hal berikut dari daftar beliefs dan behavior yang selaras dengan siapa diri kamu?

  • Integrity
  • Self awareness
  • Emotional Intelligence
  • Respect
  • Influence
  • Accountability
  • Humility
  • Reach
  • Empathy
  • Empower & Development

Daftar di atas adalah kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin, dan kamu mungkin menggambarkan banyak dari value di atas. Namun, terkadang kita tidak secara sadar memastikan bahwa kita “berjalan sesuai keinginan” dengan menunjukkan keselarasan value kita dengan tindakan.

Jadi, sekarang kenali lebih dalam dan telusuri apa yang berkaitan dengan mendefinisikan personal value-mu. Langkah-langkah berikut ini dapat membantumu untuk menelusuri kembali & mengidentifikasi personal value dalam dirimu:

1. Amati Momen Bermakna dalam Hidupmu

Mengingat saat-saat paling berarti dalam hidup dapat membantumu untuk tetap terhubung dengan personal value-mu. Pertimbangkan pengalaman bahagia dan memuaskan di masa lalu yang pernah kamu alami. Bagaimana kamu menggambarkan “pengalaman yang tidak terlupakan” itu? Apa yang kamu lakukan? Bagaimana perasaanmu? Valueapa yang kamu gambarkan selama momen-momen itu?

2. Gali Lebih Dalam untuk Kejelasan

Saat kamu mempertimbangkan momen bermakna dalam hidup, personal value akan mulai terungkap dengan sendirinya. Misalnya, kamu mengingat momen promosi jabatan yang kamu terima membuatmu merasa bahagia dan puas. Tetapi perasaan ini bukanlah value inti, oleh karena itu, kamu perlu mengeksplorasi perasaanmu dan mencoba untuk menentukan mengapa kamu merasa bahagia dan puas.

Kamu mungkin akan menyimpulkan bahwa bukan promosi atau naiknya gaji yang membuat kamu bahagia, tetapi hubungan yang kamu rasakan dengan orang lain yang sangat berarti dan berkesan. Kamu dapat menerapkan proses ini ke semua momen penting dalam hidup dan ini merupakan langkah untuk mengidentifikasi personal value yang paling sejati dan paling mendalam yang mendorong pemikiran dan perilakumu.

3. Lakukan Assessment secara Berkala

Seberapa dalam kamu mengenal dan memahami personal value dalam diri? Apakah kamu yakin sudah mengenal dirimu secara mendalam? Untuk memastikannya, kamu bisa melakukan value assessment secara berkala. Assessment yang sifatnya personal tentu sangat membantumu dalam mengeskplorasi & mengenal diri sendiri.

Dalam sebuah penelitian Basic Human Values in the Workplace, dijelaskan bahwa values merupakan suatu keyakinan yang dapat bertahan lama dalam diri individu. Artinya, values cenderung bersifat menetap atau stabil dalam waktu yang lama, meskipun tidak menutup kemungkinan dapat berubah pada waktu/situasi tertentu. Values yang dimiliki oleh individu sangat berperan dan memengaruhi kehidupannya baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk dalam bekerja.

Bagaimana Value Berperan dalam Kepemimpinan yang Baik

Para pemimpin terbaik tidak menganggap sebelah mata pada values mereka. Mereka mengenal diri mereka sendiri secara mendalam, dan mereka memahami values inti yang mendorong mereka.

Mengidentifikasi values akan membantumu memahami lebih dalam siapa kamu sebenarnya sebagai seorang individu. Ini akan memberimu landasan yang kamu butuhkan untuk memimpin dengan konsistensi dan keunggulan. Hasilnya, hidupmu akan menjadi lebih bahagia dan memuaskan, dan kepemimpinanmu akan mencerminkan versi terbaik dari dirimu.

Jadi, sudah saatnya cari tahu apa yang penting bagimu dengan mengisi Mindtera Value Assessment. Siapa kamu, apa yang kamu cintai, apa yang membuatmu kesal, dan apa yang mendasari keputusanmu, semuanya terkait dengan personal value-mu.

Mindtera Value Assessment adalah assessment sederhana yang hanya membutuhkan 5-10 menit dari waktumu dan memberikan banyak informasi tentang mengapa kamu melakukan apa yang kamu lakukan.

Yuk, sekarang luangkan waktumu untuk mengikuti Mindtera Value Assessment!

No alt text provided for this image

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang Mindtera? Kunjungi www.mindtera.com dan coba gratis 14 hari!

Share this article