Bebas dari Rendah Diri dengan Growth Mindset
General
January 24, 2022

Rasanya menyenangkan ya, ketika kita bangga akan pencapaian yang kita lakukan. Di sisi lain, begitu melelahkan ketika rasa rendah diri terus menerus menghantui kita. Hal ini berkaitan dengan istilah “self-esteem”, yaitu penilaian keseluruhan seseorang terhadap dirinya. Faktor-faktor yang memengaruhi self-esteem kita adalah rasa aman, identitas, rasa memiliki, dan potensi diri.

Jika kita telusuri, penyebab rendah diri seringkali terbentuk di masa pertumbuhan. Kita menyerap pesan positif dan negatif dari keluarga, guru, teman, bahkan dari media seperti televisi dan buku-buku yang kita baca. Namun sayangnya, yang lebih mudah menempel pada kita adalah kesan negatif seperti kita tidak cukup baik, tidak cukup menarik, atau tidak cukup pintar. Inilah yang menjadi akar dari rasa rendah diri yang kita miliki.

Akibat dari rasa rendah diri ini pun bermacam-macam. Kita cenderung menutup diri dan menjauh dari kehidupan sosial, tidak berani mencoba hal baru, tidak berani menghadapi tantangan, sehingga kita jadi sulit berkembang karena menghindari kesempatan untuk menemukan potensi diri kita.

Yang kamu butuhkan untuk mengikis rasa rendah diri, adalah dengan menumbuhkan growth mindset. Growth mindset adalah pola pikir yang percaya bahwa kemampuan atau bakat itu bisa berkembang secara terus menerus. Karena percaya akan hal ini, orang dengan growth mindset akan terus belajar hal baru, menambah pengetahuan, skill, serta mampu menerima masukan dan kritikan untuk terus berkembang.

Growth mindset tentu bisa dilatih. Kamu bisa mulai mencoba mencari tahu penyebab rasa rendah diri yang kamu miliki. Setelah tahu, kamu bisa belajar untuk mengubah persepsi tentang dirimu. Coba cari tahu dan buat catatan hal-hal apa yang menjadi kelebihanmu, sekecil apa pun. Baca kembali catatanmu, dan hargai setiap kelebihan yang kamu punya. Tapi, jangan lupa juga untuk minta masukan dari orang lain. Dengan cara-cara seperti ini, kamu bisa mulai pelan-pelan mengembangkan growth mindset, sehingga terbebas dari rasa rendah diri.

Yuk, asah growth mindset bersama Mindtera di program di sini.

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Mengenal Self-growth
Siap untuk mewujudkan versi terbaik dari dirimu di dunia pekerjaan? Intip program ini, untuk selangkah lebih maju. Siapkan dirimu dan ikuti dengan baik, ya. Selamat berproses!
Proaktif
Sadar nggak sih, kalau ternyata meski dalam kesempitan, pasti selalu ada kesempatan? Kalau kamu menyadarinya, tandanya kamu adalah seorang proaktif. Menjadi proaktif dapat membuat hidupmu lebih efektif yang penuh inisiatif. Yuk, belajar menjadi proaktif supaya tetap optimis dan berpikir positif dalam situasi terburuk sekalipun.
Unlock Your Full Potential
Hal yang penting dalam menggali potensi diri adalah ketika kita bertransformasi menjadi seseorang yang lebih baik, dengan belajar dari kegagalan dalam hidup, termasuk dalam berkarier. Simak perjalanan Cynthia Satrya Hasan yang inspiratif dalam menggali dan menemukan postensi diri, di program kali ini.

Share this article