Belajar Mencintai Pekerjaanmu
Karir
December 2, 2021

 

 

Pernah mendengar pendapat yang berkata jika kita bekerja sesuai passion kita, maka setiap hari seolah kita tidak bekerja? Semua orang tentu ingin bekerja sesuai passion, namun passion sendiri bisa dibentuk atas dasar cinta pada pekerjaanmu.

 

Rasa cinta ke kerjaan itu adalah sebuah pilihan. Pilihan untuk kerja keras, kerja cerdas, serta buka hati untuk mendalami suatu bidang. Kelebihan-kelebihan itu bisa digunakan untuk berkontribusi ke masyarakat, dan bangun hubungan baik dengan orang di sekeliling. Jadi biarpun kerjaan lagi tidak seindah bayanganmu, kamu tetap bisa belajar enjoy dan mencintai kerjaanmu.

 

Menurut laporan dari Deloitte, 88% karyawan itu tidak suka sama pekerjaannya sekarang. Kita kerja kira-kira 9-12 jam per hari, artinya setengah hari digunakan untuk bekerja. Kalau kerjaan dianggap beban, artinya kita melewati setengah hari dengan berat hati.  Karenanya mari mulai belajar mencintai pekerjaan kita dengan tips-tips berikut.

 

Pertama, coba ingat tujuan pekerjaan ini untukmu dan tempatmu bekerja. Apa job-desc utamamu? Ingat, peranmu berdampak secara keseluruhan ke tempatmu bekerja.

 

Kedua, coba skill baru. Kalau kamu tidak suka posisimu sekarang, coba pelajari hal lain yang kamu enjoy. Bukan hanya menambah ilmu, namun banyak kesempatan baru terbuka untukmu.

 

Ketiga, analisa situasimu. Apa yang kamu sukadan tidak suka dari pekerjaanmu? Apa yang bisa kamu lakuin buat memaksimalkan yang kamu suka dan meminimalisir yang tidak kamu suka? Coba bedah lebih detil.

 

Keempat, cari teman dan mentor. Baik untuk membangun hubungan, belajar skill baru, partner untuk minta feedback,ataupun untuk sekedar sharing.

 

Kelima, kalau udah usaha maksimal tapi kamu masih tidak bahagia dengan pekerjaanmu, mungkin waktunya kamu untuk berani berhenti dan cari kesempatan lain di luar sana.

 

Intinya, jangan kerjauntuk hidup tapi kamu tidak berasa hidup. Bahagia tidak hanya sekadar datangnya weekend. Jatuh cintalah dengan pekerjaanmu supaya kamu bisa tumbuh dalam karirmu. Ambil tantangan sebagai kesempatan untuk belajar, dan mulai bangun hubungan baik dengan pekerjaanmu sendiri. Percayalah, jatuh cinta sama kerjaan membuat bekerja rasanya seru dan menyenangkan!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

No items found.

Share this article