Berdamai dengan Rasa Bersalah dalam Diri
General
February 25, 2022

Pengertian Rasa Bersalah

Perasaan bersalah

Bayangkan ketika kamu salah bicara kepada seseorang yang kamu sayang, lalu dia marah padamu dan tidak akan memaafkanmu. Jika ini terjadi, kemungkinan besar kamu akan merasa begitu bersalah. Rasa bersalah adalah perasaan yang valid dan wajar terjadi ketika kamu menyadari bahwa tindakan yang kamu lakukan telah merugikan orang lain.

Rasa bersalah adalah rasa yang muncul sebagai bentuk respon saat kita melakukan kesalahan, khususnya saat menyakiti orang terdekat, misalnya menyakiti orang tua, pasangan, sahabat, dan lain-lain. Tentu saja, rasa bersalah membuat kita tidak nyaman. Rasanya seolah kita tidak pantas dimaafkan dan membuat kita ingin bisa kembali ke masa lalu agar tidak melakukan kesalahan tersebut.

Rasa bersalah akan tidak wajar jika kita terus menerus menyiksa diri sampai kehilangan semangat hidup. Rasa bersalah juga membuat kita sering berandai-andai, yang membuat kita menjadi tidak realistis.

Tapi apakah rasa bersalah berarti buruk? Tidak juga. Rasa bersalah lahir dari hati nurani kita sebagai penunjuk supaya segala perbuatan atau perkataan kita tidak merugikan orang lain di kemudian hari. Oleh karena itu, rasa bersalah dapat berperan untuk menjaga kita dan orang-orang di sekitar kita untuk tetap berbuat baik satu sama lain.

Mengatasi Rasa Bersalah dalam Diri

Lalu, bagaimana mengatasi rasa bersalah yang berlebihan? Kamu bisa mencoba mempelajari self-forgiveness. Menurut Enright and the Human Development Study Group (1996), self-forgiveness secara psikologis, adalah keinginan untuk melepaskan rasa benci terhadap diri sendiri.

Mempraktikkan self-forgiveness akan sangat membantu kita untuk mengelola rasa bersalah yang ada dalam diri kita. Self-forgiveness juga membantu kita untuk bangkit kembali dari rasa bersalah hingga akhirnya lebih mudah bahagia dan lebih jelas dalam menentukan tujuan, visi, dan misi hidup kita.

Untuk bisa self-forgiveness, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Identifikasi keadaan dan juga perilakumu yang kamu anggap salah.

2. Cari tahu bagaimana kamu bisa memperbaikinya.

3. Terima rasa bersalah yang muncul di dirimu.

4. Minta maaf ke orang-orang yang kamu sakiti termasuk dirimu sendiri

5. Cobalah untuk mengikhlaskan segala rasa tidak nyaman di hatimu.

Langkah-langkah sederhana ini akan membantumu untuk mengelola rasa bersalah dengan lebih sehat dan lebih baik. Yuk belajar soal Self-Forgiveness di program Mindtera ya. Semoga dapat meredakan rasa bersalah yang menghantuimu.

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Self Forgiveness
Self forgiveness adalah salah satu cara seseorang untuk dapat menjalani hidup dengan lebih baik dan positif. Memaafkan diri sendiri memang proses pendewasaan diri yang tidak mudah, tapi program dari Mindtera akan menemani dalam setiap prosesmu.
Rasa Bersalah dalam Hubungan Romantis
Ketika kamu melakukan kesalahan dalam hubungan, merasa bersalah tidaklah cukup. Jadikan rasa bersalah sebagai pemacu diri untuk lebih baik dalam menjalin hubungan. Bagaimana caranya? Temukan rahasianya di sini.
Mengenal Ragam Emosi Manusia
Sudahkah kamu berkenalan dengan ragam emosi dalam dirimu? Ini saatnya, kamu belajar mengenalinya, supaya dapat membantumu untuk menyadari kehadiran keragaman emosi dalam diri.

Share this article