Cara Bersyukur agar Hidup Lebih Tenang
General
January 31, 2022

Apa itu Rasa Syukur (Gratitude)?

Arti berkah dan rasa syukur

 

Rasa syukur memiliki arti sebagai perasaan berterima kasih dan apresiasi untuk hal-hal baik dalam hidup. Contohnya, hadiah, bantuan, kasih sayang, dan jenis kemurahan hati lain yang kita dapatkan. Menurut Courtney Ackerman dalam positive psychology, rasa syukur adalah emosi positif yang memiliki peran penting untuk hidup yang lebih baik dan sehat sehingga perlu untuk kita tumbuhkan setiap harinya.

Bersyukur mungkin menjadi kata yang paling susah diucapkan, karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melihat nilai positif dalam hidup. Rasa syukur juga seringkali terhalang oleh perasaan-perasaan negatif seperti, iri hati, overthinking, dan rendah diri. Tak heran, orang sering lupa bagaimana cara bersyukur dengan baik.

Cara bersyukur bisa dimulai dengan menghargai hal-hal baik dalam hidup dan mengungkapkan rasa terima kasih pada diri sendiri atau orang terdekat. Awalnya akan terasa janggal, namun jika dilakukan setiap hari kita akan terbiasa untuk menumbuhkan rasa syukur. Percayalah, dengan membiasakan rasa syukur akan ada banyak perubahan dalam hidupmu karena manfaat bersyukur yang begitu besar.

Bagaimana Cara Meningkatkan Rasa Syukur?

Cara bersyukur kepada diri sendiri

 

Supaya memudahkanmu untuk bersyukur, coba praktikkan cara bersyukur di bawah ini:

 

1. Setiap hari, coba pikirkan tiga hal untuk kamu syukuri.

Kamu bisa memulainya dari hal-hal kecil yang mungkin kehadirannya nggak kamu sadari sebelumnya. Misalnya, bisa menikmati sarapan pagi yang nikmat, mendengarkan lagu yang dibawakan oleh musisi favoritmu, atau bercengkrama bersama orang-orang terdekat yang membuatmu terhibur.

 

2. Buatlah jurnal untuk mengukur rasa syukurmu.

Kamu bisa perlahan berkomitmen untuk menuliskan hal-hal baik yang kamu lakukan atau rasakan setiap hari. Mungkin bisa dengan mengamati sekitar dan berkata pada diri sendiri indahnya langit senja hari ini, atau betapa hebatnya kamu karena sudah berhasil menyelesaikan semua pekerjaan di kantor. Tulis secara rutin, supaya kamu bisa mengingatnya kembali.

 

3. Lakukan ritual syukur.

Beberapa orang mengucap rasa syukur sebelum menikmati makanan. Berhenti sejenak untuk bersyukur sebelum makan tidak harus berarti religius, kok. Ini adalah bentuk kebiasaan sederhana yang membantumu untuk memerhatikan dan menghargai berkah makanan di atas meja. Setelah kamu menyadari berkah dari kehidupan sehari-hari, langkah selanjutnya adalah menikmatinya dengan penuh rasa syukur.

4. Ingat kembali masa-masa sulit yang pernah kamu alami.

Kadang kita kesulitan menemukan hal-hal untuk disyukuri. Tidak apa-apa, pelan-pelan tumbuhkan rasa syukur dengan mencoba ingat kembali waktu sulit yang pernah kamu alami. Ketika mengingat kembali saat-saat sulit itu dan seberapa jauh kamu sudah berhasil melaluinya, kamu pun dapat menyadari bahwa atas perjuanganmu selama ini patut disyukuri.

5. Luangkan waktu dengan orang-orang terdekat.

Saat ini, masih merasa kesulitan untuk mengucap rasa syukur? Cobalah untuk habiskan waktu bersama teman atau keluarga terdekatmu. Tidak hanya menjadi lebih dekat dan menguatkan hubungan, waktu yang dihabiskan bersama pun juga dapat memberikanmu kesempatan untuk mempraktikkan rasa syukur kepada mereka. Tidak perlu bingung harus mulai dari mana untuk menunjukkan rasa syukur, kamu bisa memulainya dengan menjadi pendengar aktif ketika mereka bercerita daripada menunggu giliranmu untuk berbicara, misalnya.

6. Ekspresikan dirimu.

Kamu juga bisa meningkatkan rasa syukurmu dengan mengungkapkannya pada orang-orang yang kamu sayangi. Kamu pasti juga merasa senang kan, jika ada orang yang menghargaimu? Yang perlu kamu tahu, mengekspresikan rasa syukurmu pada seseorang bisa membuat mereka merasa lebih baik dan dapat meningkatkan rasa syukur serta bahagiamu dalam jangka panjang, lho.

7. Lakukan aktivitas yang menyenangkan.

Apa yang kamu rasakan ketika melakukan sesuatu yang kamu sukai? Tentu merasa bahagia, kan? Nah, tidak ada salahnya lho kamu menumbuhkan rasa syukur lewat aktivitas-aktivitas yang membuatmu bahagia. Seperti, berolahraga, membaca buku, bernyanyi, atau menjalani hobi lainnya yang kamu sukai. Dengan begitu, kamu akan lebih menyadari bahwa kamu masih bisa menikmati dan melakukan aktivitas tersebut sampai saat ini. Atas rasa bahagiamu itu juga patut untuk disyukuri, bukan?

 

Dengan memulai langkah-langkah cara bersyukur di atas, kamu dapat memiliki pola hidup yang sehat dan lebih terorganisir. Kamu juga akan lebih fokus pada dirimu sendiri, daripada merasa iri hati dan membanding-bandingkan dengan orang lain.

Ingin hidupmu selalu dipenuhi oleh rasa syukur? Program Rasa Syukur dari Mindtera bisa jadi piihan tepat buatmu! Yuk, praktikkan rasa syukur untuk membuat hidupmu lebih bahagia.

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Kebaikan Hati
Sudahkah kamu berbuat kebaikan hari ini? Atau, adakah kebaikan yang sudah kamu terima hari ini? Yuk, mulai bentuk chain of kindness di sekitar kita.
Mengenal Ragam Emosi Manusia - Bagian 2
Sudahkah kamu berkenalan dengan ragam emosi dalam dirimu? Ini saatnya, kamu belajar mengenalinya, supaya dapat membantumu untuk menyadari kehadiran keragaman emosi dalam diri.

Share this article