5 Cara Jitu Memulai Kebiasaan Baru
General
July 6, 2022

Memulai kebiasaan baru terkadang menjadi suatu tantangan tersendiri bagi kita. Niatnya ada, tapi untuk memulainya biasanya memerlukan komitmen yang tinggi agar selalu konsisten. Akibatnya, tak jarang kebanyakan orang berhenti di tengah jalan saat memulai kebiasaan baru. Alhasil, kebiasaan baru yang lebih baik pun tidak terlaksana dalam kehidupan sehari-hari.

   Menurut para peneliti di Duke University, kebiasaan baik menyumbang sekitar 40 persen dari perilaku kita pada keseharian. Itulah mengapa, memulai kebiasaan baru sangat penting untuk membuat kemajuan dalam kesehatanmu, kebahagiaanmu,  dan bahkan dalam kehidupanmu secara umum.

   Nah, karena kebiasaan baik begitu besar dampaknya bagi kehidupanmu, sudah saatnya buang jauh-jauh mindset kamu tentang sulitnya memulai kebiasaan baik. Sekarang, mulai kebiasaan baik dengan pendekatan yang lebih mudah untuk kamu lakukan. Simak baik-baik cara jitu memulai kebiasaan baru di bawah ini:

Cara jitu memulai kebiasaan baru

cara mulai kebiasaan baru

1. Mulai dari kebiasaan kecil

   “Aduh, aku butuh lebih banyak motivasi”

   “Aku ingin punya tekad sebesar kamu, deh”

   Kalau kamu berpikir kamu perlu motivasi dan tekad yang besar untuk memulai kebiasaan baru, itu tandanya kebiasaan yang kamu mulai masih terlalu tinggi untuk kamu lakukan. Misalnya, daripada kamu mulai 100 push up per hari, coba mulai 10 push up per hari terlebih dahulu. Buatlah semudah mungkin untuk memulai, sehingga kamu bisa menyelesaikannya tanpa motivasi. Buat semudah mungkin, sampai kamu tidak bisa berkata tidak. Jadi, yang kamu butuhkan bukanlah motivasi tapi kemauan untuk memulai dari langkah kecil.

2. Tingkatkan kebiasaanmu dengan langkah kecil

   Kamu yang terbiasa memulai sesuatu dengan langkah yang besar atau langsung mengharapkan sesuatu yang besar, coba perlahan mulailah dengan langkah kecil terlebih dahulu. Sepanjang kamu melakukannya, kemauan dan motivasimu pun akan meningkat, dan akan membuatmu lebih mudah untuk rutin melakukan kebiasaan itu.

3. Bagi kebiasaan menjadi beberapa bagian

   Jika kamu berhasil meningkatkan 1% setiap harinya, maka kamu akan meningkat sangat cepat dalam rentang waktu 2 atau 3 bulan. Karena menjaga agar setiap kebiasaan tetap reasonable adalah penting, pastikan pertahankan momentum dan membuat kebiasaan tersebut mudah untuk kamu capai.

Mencoba 100 push up per hari? Coba bagi menjadi beberapa set, atau kamu juga bisa bagi di waktu yang berbeda. 50 di pagi hari, 50 di sore hari.

Mempelajari bahasa baru dengan 50 kosa kata baru per hari? Coba bagi menjadi beberapa kategori. Mana yang biasa dipakai sehari-hari, atau yang umum digunakan.

4. Pastikan kamu selalu berada dalam jalur

The best way to improve your self-control is to see how and why you lose control.—Kelly McGonigal

Seseorang yang memiliki performa terbaik sekali pun, tentu pernah membuat kesalahan dan keluar jalur seperti orang lain. Tapi, pembedanya adalah mereka mampu kembali ke jalur secepat mungkin.

Itulah mengapa kamu juga harus merencanakan kegagalan. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan apa yang dapat mencegah kebiasaanmu terjadi. Apa saja hal-hal yang mungkin menghalangimu? Apa saja keadaan darurat sehari-hari yang mungkin membuatmu keluar jalur? Bagaimana kamu dapat merencanakan untuk mengatasi masalah ini? Atau, setidaknya, bagaimana kamu dapat bangkit kembali dengan cepat dari mereka dan kembali ke jalurnya?

Kamu hanya perlu konsisten, tidak perlu sempurna. Fokuslah membangun diri yang tidak pernah melewatkan kebiasaan sebanyak dua kali.

5. Bersabar. Pertahankan pace yang telah kamu bangun

Belajar bersabar mungkin merupakan keterampilan yang paling penting dari semuanya. Kamu dapat membuat kemajuan yang luar biasa jika kamu mampu konsisten dan sabar.

Jika kamu ingin menambah berat badan di gym, kamu mungkin harus melakukannya lebih lambat dari yang kamu kira. Jika kamu ingin menambahkan tingkat kemampuan bahasamu, kamu mungkin membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dari yang kamu harapkan. Jadi, kuncinya adalah tetaplah konsisten dan pertahankan pace yang telah kamu bangun.

Memulai kebiasaan baru pada awalnya mungkin terasa berat. Tapi, jika kamu memulainya secara bertahap, seiring berjalannya waktu kebiasaan baik pun akan dapat berhasil kamu bangun. Yang terpenting, pelan tapi pasti. Yuk, mulai bangun kebiasaan baru sekarang!

Share this article