Cara Mengatasi Insecure dengan Mengenali Nilai Dirimu
General
February 14, 2022

Bukan rahasia umum lagi di era yang serba media sosial seperti saat ini, kita seolah dipaksa untuk menunjukkan sisi terbaik dari hidup kita: mulai dari segi fisik, materi, bahkan pencapaian. Tak jarang, hal ini mengakibatkan banyak orang menjadi mudah insecure dan tidak nyaman ketika melihat beberapa posting-an orang lain. Mereka, atau bahkan kita sendiri, tak ayal menjadi sering membandingkan diri kita dengan orang lain. Jika kamu merasa tidak nyaman dan tidak aman setelah melihat posting-an tersebut, bisa jadi kamu sedang merasa insecure.

Rasa insecure adalah perasaan tidak aman, cemas, gelisah, dan tidak percaya diri. Perasaan ini memang bisa terjadi pada siapa saja dalam situasi apa saja. Misalnya, insecure dengan kemampuan diri sendiri ketika bekerja, insecure dengan mantan pasangan kita yang mungkin bagi kita lebih keren atau cantik. Hmm, apakah terdengar cukup familiar bagimu?

Dampak Insecure dan Penyebabnya

Insecure itu wajar

Dampak insecure nyatanya hadir dalam berbagai bentuk. Beberapa di antaranya:

1. Kita menjadi tidak percaya diri. Rasa insecure membuat kita meragukan diri kita sendiri, seolah-olah kita lebih buruk dari orang lain.

2. Kita menjadi sering merasa tidak aman atau takut. Rasa insecure menyebabkan kita sering merasa cemas dan takut, karenanya kita pun menjadi mudah tertekan.

3. Kita sulit menghadapi tantangan hidup. Akibat dari rasa insecure, kita cenderung menghindari tantangan-tantangan dalam hidup. Ketika terpaksa menghadapi tantangan, kita bahkan menjadi tidak berdaya.

Lalu, apa saja penyebab insecure? Menurut psikolog klinis Melanie Greenberg, Ph.D, ada tiga penyebab terjadinya rasa insecure dalam diri manusia yaitu karena adanya kegagalan atau penolakan yang baru dialami, kecemasan sosial, atau karena didorong perfeksionisme yang begitu tinggi.

Namun begitu, kamu tidak perlu bingung dalam mengelola rasa insecure. Rasa insecure bisa diatasi selama kamu mengenali nilai dirimu. Mengenali nilai diri akan membantu kita untuk lebih bisa mengelola rasa insecure ketika datang, karenanya kita akan merasa lebih tenang dan percaya diri.

Nilai diri kita tidak berkaitan dengan materi, fisik, atau pencapaian, lho. Kelebihan diri serta perasaan berharga bukan diukur dari apa yang kita miliki, seperti apa penampilan kita. Kelebihan diri juga tidak tergantung pada apa kata orang dan apa komentar orang tentang diri kita. Dengan keadaan dan kondisi kita apa adanya, kita tetaplah berharga dan cukup.

Untuk bisa mengenali nilai di diri kita, kamu bisa coba ikuti beberapa langkah berikut:

Cara Mengatasi Insecure

Cara mengatasi insecure

1. Telusuri jejak hidupmu.

Kita telusuri dulu, apa saja penyebab di masa lalu yang membuatmu kesulitan memandang kelebihan diri. Apakah mungkin sedari kecil kita diperlakukan yang tidak adil? Yang akkhirnya, membuatmu mempertanyakan harga diri? Coba ingat-ingat kembali dan gali lebih dalam apa yang menjadi penyebabnya.

2. Perlakukan dirimu secara berbeda.

Setelah tahu apa penyebabnya, kini saatnya kamu memperlakukan dirimu secara berbeda. Misalnya, kamu tumbuh dalam pola asuh yang kurang menyayangimu, kamu bisa belajar bagaimana cara untuk dapat lebih menyayangi dirimu sendiri.

3. Kumpulkan segala hal menarik tentangmu.

Coba ingat kembali, pasti ada sesuatu yang kamu rasa merupakan bakat atau kelebihanmu. Kamu juga bisa kok mempertimbangkan dari hal-hal yang kamu sukai atau hobimu. Ketertarikanmu pada suatu hal sering kali menjadi pengetahuan yang tidak semua orang miliki. Selain itu, kamu pun bisa bertanya pada orang-orang di sekitarmu. Catat jawaban mereka dan jadikan sebagai pengingat ketika kamu merasa tidak percaya diri.

4. Berhenti membandingkan diri.

Semakin kamu sering membandingkan diri, semakin sulit kamu menemukan kelebihan diri. Kamu akan cenderung merasa kurang dan merasa lebih rendah dari yang lain. Sebagai manusia, kamu memiliki keunikanmu sendiri yang tidak untuk dibanding-bandingkan. Waktumu begitu berharga hanya untuk membandingkan-bandingkan diri.

Yuk saatnya kamu mengenali nilai-nilai yang ada dalam diri agar kamu mampu mengelola rasa insecure saat ia datang. Kamu bisa mencoba belajar program Kenali Nilai Dirimu dari Mindtera di sini.

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Self Confidence
Kalau kamu tidak percaya diri, bagaimana bisa kamu berani untuk bertumbuh dan berproses? Yuk, bersama Mindtera tingkatkan kualitas hidupmu dengan rasa percaya diri.
Berbicara Dengan Percaya Diri
Kamu akan lebih percaya diri berbicara di depan umum dengan teknik-teknik yang bisa kamu pelajari dari Ryu Deka di program ini.

Share this article