Cara Menghilangkan Stress dengan Mindfulness
General
March 4, 2022

Kamu tentu memahami bahwa hidup itu tidak selamanya berjalan mulus. Kadang kita menghadapi tekanan yang melelahkan pikiran, emosi, dan tubuh kita. Tidak heran, cara menghilangkan stress begitu banyak dicari orang di mana-mana.

Kamu tidak perlu khawatir, salah satu cara menghilangkan stress yang sangat mudah tapi ampuh adalah dengan menerapkan mindfulness. Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk sepenuhnya hadir di momen saat ini. Sadar di mana kita berada, apa yang sedang kita lakukan, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitar kita.

Mudahnya, mindfulness membantu kita untuk tidak terlalu khawatir akan pikiran kita sendiri dan memberi jeda untuk pikiran kita agar dapat istirahat sejenak. Mindfulness begitu mudah, kamu hanya cukup menyadari atau membawa pikiranmu ke momen saat ini.

Cara menghilangkan stress dengan mindfulness terbilang sederhana, lho. Kamu hanya perlu fokus pada satu hal, tanpa menghakimi apa yang kamu rasakan, lihat, dan pikirkan. Yuk, simak latihan mindfulness di bawah ini, yang bisa kamu praktikkan sehari-hari:

1. Sadar pandang (mindful seeing)

Latihan mindfulness sadar pandang (mindful seeing) untuk menghilangkan stress

Sadar pandang merupakan praktik memandang setiap hal yang berada dalam jangkauan pandangan kita secara sadar. Fokus dengan melihat hal apa saja yang ditangkap indra penglihatanmu.

Cukup perhatikan, tanpa memberi nilai “baik” atau “buruk”. Tidak ada yang salah atau benar dalam melakukannya. Tujuannya sederhana agar kamu dapat merasa, memerhatikan, serta benar-benar “hadir” dalam momen saat itu.

2. Sadar dengar (mindful hearing)

Contoh mindfulness sadar dengar (mindful hearing)

Fokus dengan apapun yang kamu dengar saat ini, suara lawan bicaramu, suara musik, atau suara-suara alam di sekitarmu: angin, burung, dsb. Latihan mindfulness ini tidak hanya membuatmu tenang, tapi membantumu untuk bisa mendengarkan orang lain dengan lebih seksama.

Melatih sadar dengar juga dapat membantumu menangani cemas atau stress yang sedang kamu rasakan.

3. Sadar hirup (mindful smelling)

Contoh mindfulness sadar hirup (mindful smelling)

Pernahkah sebelum menyereput teh dalam cangkirmu, kamu menghirup aromanya terlebih dahulu? Kalau pernah, yang kamu lakukan termasuk mindful smelling.

Ketika melakukannya, pertama-tama cobalah untuk menutup mata dan hirup perlahan aroma yang tercium. Perhatikan sensasi apa pun yang terasa pada tubuhmu, seperti temperatur udara yang memasuki rongga hidung.

Kedua, luangkan waktu sejenak dan sadari bagaimana perasaanmu ketika mencium. Deskripsikan bagaimana aroma yang kamu cium memengaruhi emosi, pikiran, dan tubuhmu.

Ketiga, coba identifikasi apakah aroma tersebut mengingatkanmu akan sesuatu. Perhatikan jika ada memori yang menyenangkan atau pun tidak, dan tetap terbuka serta terima gambaran apapun yang kamu dapatkan tanpa penghakiman.

Keempat, kembalikan fokusmu pada aktivitas penciuman, lalu bukalah matamu, dan kembali siap menjalani hari dengan lebih mindful. Praktik ini membantumu untuk hadir dalam momen saat ini dan merefleksikan apa pun yang sedang kamu alami saat ini.

4. Sadar rasa (mindful eating)

Latihan mindfulness sadar rasa (mindful eating)

Ketika stress atau cemas, sering kali kita melarikan diri pada makanan atau minuman yang dapat memenuhi kebetuhan emosional sesaat, walau sedang tidak lapar. Akibatnya malah berpengaruh pada kesehatan dan berat badanmu, yang nantinya membuat kamu tambah stress.

Setelah ini, setiap kamu mengonsumsi sesuatu, cobalah nikmati dengan perlahan tanpa ada distraksi seperti sambil menonton televisi atau melihat handphone. Fokus saja dengan tiap rasa yang hadir di lidahmu.

Latihan mindfulness ini juga dapat membantumu untuk lebih menikmati dan mensyukuri makanan serta minumanmu. Kamu juga terbantu untuk bebas dari kebiasaan makan yang kurang sehat. Pikiran tenang, tubuh pun sehat.

5. Sadar gerak (mindful movement)

Contoh mindfulness sadar gerak (mindful movement)

Fokus pada apapun yang dirasakan oleh tubuhmu dari tiap gerakan yang dilakukan. Misalnya ketika berjalan, kamu bisa fokus dengan gerakan kaki serta telapak yang menyentuh lantai, tanah, atau rumput. Percaya deh, praktik ini bisa membantumu untuk merilis emosi.

6. Sadar pikiran (mindful thinking)

Mindfulness meditation sadar pikiran (mindful thinking)

Mindful thinking berarti menjaga kesadaran akan pikiran, perasaan, sensasi tubuh, dan lingkungan sekitar kita dari waktu ke waktu. Untuk kamu yang kerap overthinking, latihan mindfulness ini sangat membantu, lho.

Mindfulness membantu mengarahkan pikiran kita pada “present” atau masa kini. sehingga dapat melepaskan diri dari overthinking.

Coba luangkan waktu 5-10 menit saat akan memulai hari untuk melatih mindful thinking. Ambil napas dan buang secara perlahan, sambil memerhatikan semua yang hadir di kepalamu. Biarkan semua pikiran yang terlintas dalam benakmu datang tanpa kamu hakimi.

Latihan ini membantumu memerhatikan setiap pikiran yang datang, namun tidak serta merta menerimanya sebagai fakta. Praktik ini dapat membantu mengatasi overthinking dan penilaian diri yang buruk.

7. Sadar emosi

Contoh mindfulness sadar emosi

Perhatikan dan terima perasaan apa pun yang datang. Deskripsikan kira-kira perasaan apa sajakah itu tanpa menghakiminya atau mengkritik dirimu sendiri. Latihan ini akan membuatmu mampu mengendalikan perasaanmu saat ini daripada terbawa olehnya. Jadi emosimu tidaklah baik atau buruk.

Cara menghilangkan stress dengan mindfulness ini tentu bisa kamu praktikkan setiap hari. Untuk memperlancar latihanmu, Mindtera menyediakan program Easy Mindful Living di sini lho. Tetap percaya dan semangat ya Teman Mindy, bahwa kamu bisa melalui masalahmu saat ini dengan tenang.

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Mindfulness sebagai Jangkar Kesejahteraan
Ingin hidupmu lebih sejahtera tanpa stress? Kenali seluk beluk mindfulness bersama Indradi Soemardjan di program ini. Semoga dapat menginspirasimu untuk mempraktikkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.
Living a Mindful Life
Kamu susah fokus? Atau sering menunda pekerjaan? Ini saatnya kamu belajar tentang mindfulness bersama Tsamara Fahrana.
Menulis di Sini Kini
Kamu mengira, kalau menulis hanyalah sebatas tulisan saja? Ternyata, menulis lebih dari itu, lho. Penasaran? Nah, di program ini, Ryu Deka akan mengajakmu untuk berlatih diri melakukan mindful writing, dengan sejuta manfaatnya. Yuk, mulai latih dirimu untuk menulis di sini kini!
Mindful Thinking, Holiday, and Sleeping
Ketenangan hidup yang selama ini mungkin kamu cari-cari, bisa kamu dapatkan dengan hidup mindful sehari-hari. Di program kali ini, Tsamara Fahrana akan membantumu dalam melatih diri untuk lebih mindful dalam berpikir, menikmati libur, dan beristirahat. Yuk, wujudkan hidupmu yang lebih baik mulai dari sekarang!

Share this article