Cara Mudah Atasi Gelisah
General
February 4, 2022

Perasaan gelisah meliputi kecemasan, kekhawatiran, serta berbagai kondisi yang tidak menenangkan seperti gugup, takut, dan bingung. Kebanyakan orang pernah mengalami kegelisahan dan kecemasan dalam hidup. Bahkan, tak jarang rasa gelisah datang tanpa sebab. Ketika orang gelisah, mereka mencari cara mengatasi kegelisahan agar bisa memiliki perasaan damai.

Misalnya, ketika hendak menghadapi ujian atau sebuah acara penting seperti wawancara kerja. Pada saat-saat seperti ini, perasaan gelisah bisa menjadi sangat normal. Tetapi beberapa orang merasa sulit untuk mengendalikan kegelisahan mereka sehingga perasaan gelisah terus datang sampai memengaruhi perasaan damai dalam diri.

​​Kalau sudah begini, tubuhmu akan bereaksi dan kamu bisa merasakan gejala seperti meningkatnya debaran jantung, telapak tangan berkeringat, pusing, sakit perut, atau bahkan sampai kesulitan bernapas. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi kegelisahan yang dapat kamu lakukan untuk hidup damai dan punya pikiran tenang. 

Hanya membutuhkan pemikiran dan niat yang kuat, cara mengatasi kegelisahan ini juga dapat dipraktikkan kapan pun dan dimana pun tanpa perlu alat bantu.

1. Sadar napas

Sadar napas untuk menghilangkan gelisah

Menyadari napas dilakukan dengan menaruh fokus pada tarikan dan hembusan napas. Esensinya adalah untuk memberi jeda kepada pikiran sehingga tubuh dan pikiran bisa menjadi lebih tenang atau cooling down. Hal ini sangat bermanfaat ketika sedang merasa gelisah atau tengah menghadapi suatu situasi. Dengan begitu, kamu dapat melewatinya dengan lebih tenang sehingga tidak larut dalam emosi.

 

2. Grounding (Membumi)

Mengenal grounding untuk atasi gelisah

Secara bahasa grounding juga dapat disebut dengan ‘membumi’. Ketika kamu grounding maka kamu akan berada pada kontrol penuh akan kondisi mental dan emosional kamu. Ucapkan mantra “you are here, you are present, you are okay” – “kamu ada di tempat ini, kamu baik-baik saja, dan akan terus baik-baik saja”


Selain mantra tersebut, kamu bisa berlatih menemukan lima hal yang dapat kamu rasakan, lihat, sentuh, dengar, dan mencium aroma. Langkah ini akan menstimulasi otak untuk bekerja yang kemudian akan menarikmu kembali dari distraksi seperti rasa gelisah, kecemasan, dan kekhawatiran supaya bisa kembali pada masa sekarang. Percaya deh, kedepannya kamu akan bisa bereaksi, berkata, dan bersikap dengan lebih rasional.

 

3. Senyum di depan kaca

Latihan senyum di depan kaca

Layaknya senyuman yang dapat menular kepada orang lain, kamu juga dapat menularkan senyuman pada dirimu sendiri. Ambil posisi depan cermin dan senyum selebar mungkin ke dirimu sendiri. Coba tahan selama 30 detik sampai 1 menit. Walaupun terlihat aneh, percayalah bahwa senyuman dapat memengaruhi mood kamu untuk punya pikiran tenang. 

Melalui beberapa cara mengatasi kegelisahan di atas, semoga kamu bisa merasa tenang dalam menghadapi situasi atau pikiran yang membuat kamu merasa gelisah atau cemas. Memang tidak instan, tetapi dengan niat dan kesabaran, percayalah hidupmu akan lebih damai dan terhindar dari perasaan cemas dan gelisah yang tidak perlu.

Untuk tau lebih banyak, yuk ikuti program terkait dari Mindtera, Rasa Syukur.

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Kebaikan Hati
Sudahkah kamu berbuat kebaikan hari ini? Atau, adakah kebaikan yang sudah kamu terima hari ini? Yuk, mulai bentuk chain of kindness di sekitar kita.
Manusia Berbudaya (Berbudi & Berdaya)
Apakah kamu sudah menjadi manusia berbudaya? Di program ini, wisdom talk dari seorang Pradjoto akan memberimu pemahaman bekal apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi manusia yang berbudaya. Selamat mewujudkan dirimu yang berbudaya, ya!
Latih Gerak Melepas Rasa Takut
Lepas rasa takutmu dengan latihan gerak berkesadaran. Latihan ini akan memberikan stimulasi pada ginjal dan empedu, tempat emosi takut tersimpan. Ryu Deka siap memandumu dalam latihan kali ini. Siapkan dirimu, ya.

Share this article