Cara Mudah Meningkatkan Engagement, Wellbeing, & Development Karyawan, Perusahaan Wajib Tahu!
Karir
November 28, 2022

Karyawan yang bahagia adalah faktor yang kerap kali dilupakan atau bahkan tidak terpikirkan dalam mengukur performa kinerja karyawan atau perusahaan. Padahal, karyawan yang merasa terlibat dan bahagia memiliki peran penting dalam kinerja perusahaan.

Menurut penelitian di University of Warwick, kebahagiaan karyawan bisa meningkatkan produktivitas sebanyak 12 persen. Sedangkan karyawan yang tidak bahagia terbukti 10 persen kurang produktif. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kebahagiaan karyawan. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan meningkatkan engagement, wellbeing, dan development pada karyawan.

Bagaimana caranya? Simak baik-baik cara mudah meningkatkan engagement, wellbeing, dan development ala Mindtera!

No alt text provided for this image

Cara Mudah Meningkatkan Engagement, Wellbeing, & Development Karyawan

1. Meningkatkan engagement

Sebagian besar strategi untuk meningkatkan engagement memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu karyawan agar merasa dihargai dan terhubung secara emosional dengan pekerjaan mereka. Untuk itu, berikut adalah 3 pendekatan untuk meningkatkan engagement yang dapat kamu sesuaikan dengan budaya kerjamu:

  • Berikan perhatian secara individu pada karyawan

Kamu sebagai HR/Manager/Founder bisa secara proaktif memberikan perhatian pada setiap anggotamu. Kamu bisa memulainya dengan memastikan keadaan emosi & wellbeing mereka, serta menanyakan apa yang mereka butuhkan.

  • Dengarkan dan analisis feedback dari karyawan

Tidak ada cara yang lebih baik menggunakan feedback karyawan selain menindaklanjuti feedback yang diberikan. Tapi, pastikan kamu telah melakukan pertimbangan yang matang untuk menanggapinya agar tetap sesuai dengan value dan budaya perusahaan.

  • Menjalin interaksi yang menyenangkan & menarik

Tempat kerja tidak selalu harus tentang pekerjaan. Bahkan, menjalin interaksi yang menyenangkan & menarik di luar lingkup profesional dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan komunikasi di perusahaan secara keseluruhan.

2. Meningkatkan wellbeing

Wellbeing karyawan adalah gambaran keseluruhan tentang keadaan fisik, mental, dan emosional individu di tempat kerja. Karena mereka menghabiskan begitu banyak waktu dalam berperan sebagai 'karyawan' (rata-rata 8 jam sehari), wellbeing di tempat kerja akan berdampak besar, tidak hanya pada pekerjaan, tetapi juga pada kehidupan karyawan secara menyeluruh. Berikut 2 pendekatan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan wellbeing:

  • Identifikasi kemungkinan pemicu burnout/stres

Suatu masalah tidak akan dapat diselesaikan jika tidak dipahami. Hal pertama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan wellbeing di antara karyawan adalah menunjukkan dengan tepat bagaimana cara perusahaan menangani karyawan yang sedang merasa burnout/stres atau bagaimana cara mencegahnya.

  • Ajak karyawan untuk menerapkan mindfulness di tempat kerja

Satu penelitian menemukan bahwa mindfulness di tempat kerja dapat meningkatkan produktivitas sebesar 120% dan ketidakhadiran turun hingga 85%. Kamu dapat menawarkan langganan gratis kepada pekerja untuk aplikasi yang befokus pada mindfulness, coaching dan sesi mempelajari mindfulness di kantor, atau mensubsidi karyawan untuk menghadiri kursus mindfulness di luar tempat kerja.

3. Meningkatkan development

Pengembangan karyawan adalah proses meningkatkan kompetensi dan keterampilan karyawan yang sudah ada dan mengembangkan skill yang lebih baru untuk mendukung tujuan organisasi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa peningkatan inisiatif pembelajaran dan pengembangan adalah salah satu fokus utama para HR/Manager saat ini.

  • Hyper-individualization

Tidak cukup hanya memutuskan bahwa organisasimu membutuhkan pengembangan karyawan, kamu juga harus dapat menentukan area mana yang secara khusus perlu dikembangkan. Tanpa pemahaman yang komprehensif, kamu tidak akan dapat mengembangkan rencana pengembangan karyawan yang efektif. Karenanya sediakan pelatihan yang lebih disesuaikan berdasarkan kebutuhan setiap individu.

  • Tingkatkan 7 soft skill utama

Selain hard skill, penting juga untuk meningkatkan soft skill. Karena secara keseluruhan, akan membantu karyawan menjadi lebih efektif dan pada akhirnya mengarah pada hasil bisnis yang lebih baik.

  1. Productivity Wellness
  2. Mindfulness Activities
  3. Conflict Management
  4. Leadership Skills
  5. Financial Independence
  6. Organizational Skills
  7. Stress Management

Jadi, sudah saatnya tingkatkan engagement, wellbeing, dan development karyawan di tempat kerjamu. Mindtera hadir untuk membantumu mewujudkan tempat kerja yang paling bahagia. Kami membantu perusahaan menyelesaikan masalah turnover karyawan yang tinggi, kinerja yang rendah, dan meningkatkan produktivitas dengan solusi end-to-end.

Book Your FREE DEMO Now!

Share this article