Cara Mudah Menjadi Self-Aware di Tempat Kerja
General
February 4, 2022

Ketika berbicara soal self-aware atau kesadaran diri, kita selalu mengaitkannya dengan meditasi: duduk diam dan hening, membakar dupa, lalu mendengarkan musik-musik instrumental yang menenangkan. Padahal, self-aware tidak melulu berkaitan dengan meditasi, lho. Kamu pun bisa mengaplikasikan self-aware di tempat kerjamu.

Self-aware nyatanya sangat membantumu ketika bekerja. Dengan self-aware, kamu akan memahami kelebihan dan kekuranganmu yang bisa kamu kamu kelola di tempat kerja. Kamu bahkan bisa mengatur emosi serta pikiranmu, sehingga kamu bisa mengambil segala keputusan dengan lebih matang.

Tips menjadi self-aware dalam pekerjaan

Untuk meningkatkan self-aware di tempat kerja, Mindtera berhasil merangkumnya untukmu menjadi 4 tips sederhana:

1. Gali potensi dirimu dengan tes kepribadian

Coba ambil tes kepribadian. Cari tahu apa yang menjadi forte atau kelebihanmu dan apa yang masih perlu kamu pelajari. Dengan memahami ini, kamu bisa mulai self-aware ketika bekerja, yang nantinya akan membantumu dalam menjalankan karier.

2. Bertanya tentang dirimu ke rekan kerja

Kerap kali, ketika kita menilai diri kita, kita cenderung subjektif. Jika ini terjadi, saatnya kamu meminta masukan mengenai dirimu dari rekan kerjamu, bahkan mungkin dari atasan atau HRD. Percaya deh, kamu akan mendapatkan insight baru yang membantumu untuk lebih self-aware.

3. Rajin menulis dan mencatat

Selalu siapkan catatan ya. Catat semua pemikiran, perasaan yang muncul, dan pengalaman yang terjadi. Catatan-catatan ini membantumu untuk me-review kembali tentang dirimu dan memahami dirimu sendiri.

4. Tentukan prioritasmu

Catat rencana serta prioritasmu. Percayalah, tidak ada yang lebih baik daripada mencatat apa yang menjadi tujuanmu dalam karier dan pekerjaanmu. Dengan mencatat tujuanmu, rencanamu, serta prioritasmu, kamu mejadi lebih self-aware untuk bisa mengambil langkah selanjutnya dalam perkembangan karier.

Menjalankan 4 langkah sederhana untukself-aware di tempat kerja akan sangat membantumu untuk bekerja dengan lebih mudah. Self-aware tentu tidak serta merta terjadi dalam satu malam, namun kamu harus konsisten dalam menjalankannya. Yuk, belajar soal self-aware bersama program dari Mindtera, di sini

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Self Awareness
Seberapa paham kamu dengan dirimu sendiri? Kalau kamu belum bisa menjawabnya, maka program self-awareness ini siap membantumu untuk mengenali dan memahami dirimu sendiri. Menemukan kelemahan, kekuatan, serta potensi dalam dirimu.
Latihan Kesadaran
Dalam keseharian, sudahkah kamu mindful dalam beraktivitas? Simak program ini, untuk melatih diri supaya hadir pada momen saat ini dalam beraktivitas. Ikuti dan terapkan dengan baik, ya.
Menulis di Sini Kini
Kamu mengira, kalau menulis hanyalah sebatas tulisan saja? Ternyata, menulis lebih dari itu, lho. Penasaran? Nah, di program ini, Ryu Deka akan mengajakmu untuk berlatih diri melakukan mindful writing, dengan sejuta manfaatnya. Yuk, mulai latih dirimu untuk menulis di sini kini!

Share this article