Ikuti "Cultivate Happy Work Culture" dari Mindtera x Glints untuk tingkatkan produktivitas karyawan. Daftar GRATIS di sini! 🎉
Bagaimana Employee Assistance Program Meningkatkan Produktivitas dan Kebahagiaan
Karir
19
January 2023

Sebagai HR dan leader, kita perlu mengenali kebutuhan setiap karyawan untuk menunjang kinerja dan produktivitas mereka dalam bekerja. Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan Employee Assistance Program.

Employee Assistance Program (EAP) menjadi fasilitas agar karyawan dapat memahami dan mengklarifikasi masalah yang terjadi, serta mengidentifikasi dan mengeksplorasi opsi untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, EAP juga berperan sebagai fasilitas untuk mengembangkan rencana dalam menghadapi masalah dan menemukan solusi yang bersifat konstruktif. Rencana yang dilakukan bisa melalui layanan konsultasi bersama psikolog profesional dengan menjunjung tinggi asas kerahasiaan informasi.

Studi dari Attridge 2003 yang dilakukan pada 11.909 karyawan, 57% karyawan mengalami peningkatan produktivitas kerja melalui EAP. Lalu bagaimana cara kerja EAP hingga dapat meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan karyawan?

employee assistance program meningkatkan produktivitas

Cara Kerja Employee Assistance Program dalam Meningkatkan Kebahagiaan Karyawan

1. Identify

Langkah pertama yang dilakukan agar rencana EAP yang dirancang sesuai kebutuhan karyawan adalah dengan mengidentifikasi terlebih dahulu. Gali dan analisis mindset serta behaviour karyawan melalui psychological assessment. Psychological assessment akan membantu HR dalam memetakan dan mengenali karyawan secara reliabel dan akurat.

Selain membantu HR, psychological assessment juga membantu karyawan untuk menilai dan mengenali diri sendiri. Bentuk dari Psychological assessment pun dapat bervariasi tergantung kebutuhan. Misalnya, happiness index, wellbeing indicator, burnout check up, dan lain sebagainya.

2. Develop

Setelah diidentifikasi, hasil assessment akan dilanjutkan ke tahap pengembangan. Pada tahap ini, karyawan direkomendasikan untuk mempelajari mindset dan skill baru untuk menangani masalah atau sekadar mengembangkan diri, baik di bidang profesional maupun kehidupan sehari-hari. Dalam tahap ini, diperlukan expert terpercaya di bidang masing-masing untuk membimbing karyawan. Dengan begitu, proses pembelajaran akan optimal dan efektif.

3. Engage

Setelah tahap pengembangan, HR perlu untuk terus menjaga keterlibatan karyawan. Melalui program dan fitur interaktif yang menyenangkan untuk mengembangkan kecerdasan emosi dan sosial, EAP dapat menjadi opsi dalam menjaga keterlibatan karyawan. Program dan fitur interaktif akan mendorong karyawan untuk terlibat dalam proses kerja di perusahaan.

Misalnya, fitur interaktif berupa feedback analysis dapat mendorong karyawan untuk mencurahkan segala keresahan, kekhawatiran, dan kecemasan tanpa perlu merasa dihakimi. Karyawan akan merasa didengar dan diperhatikan oleh perusahaan. Dengan begitu, hubungan yang baik dan konstruktif antara karyawan dan perusahaan akan terus terjalin.

Melalui tiga tahapan tersebut, EAP dapat berperan penting dalam menunjang kebutuhan karyawan, meningkatkan produktivitas, dan kebahagiaan mereka. Mereka akan merasa didengar, berarti, dan dilibatkan di tempat kerja. Kepuasan karyawan di tempat kerja pun juga akan semakin meningkat. Sehingga, mereka dapat bekerja dengan penuh dedikasi dan semangat.

Mindtera Platform EAP #1 di Indonesia Bantu Tingkatkan Produktivitas dan Kebahagiaan Karyawan

Ketiga tahapan tersebut dapat dilakukan oleh HR tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Melalui Mindtera yang merupakan platform EAP #1 di Indonesia, semua dapat dilakukan hanya dengan sekali klik.

Mindtera menyediakan Mindtera Pro agar mudah dalam memantau, memonitor, dan menganalisis melalui beragam psychological assessment, ratusan microlearning program, dan fitur interaktif lainnya yang dapat ditemukan dalam satu platform.

Mindtera juga menyediakan Mindtera Plus, yaitu layanan yang dipandu oleh coach profesional untuk mengatasi masalah seputar pengembangan karir, personal growth, dan aspek hidup lainnya. Bentuk layanannya berupa personal counseling, group coaching, dan wellness activity.

Kini, giliranmu menjadi bagian dari 11.000+ karyawan di 100+ perusahaan yang sudah membentuk kultur kerja yang produktif, sehat, dan menyenangkan bersama Mindtera.

Coba GRATIS 14 hari!

Dapatkan tips seputar karir & personal growth setiap minggu
Jadi yang pertama tahu tentang tips terjitu seputar karir dan informasi produk kami yang terbaru.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Bagikan Artikel