5 Fakta Menarik Seorang Introvert di Lingkungan Kerja
Karir
June 14, 2022

Mendengar kata introvert apa yang ada di pikiranmu? Seseorang yang pendiam? Pemalu? Atau, anti sosial? Padahal, itu semua hanyalah mitos keliru tentang orang introvert. Perbedaan seorang introvert dan ekstrovert yang cukup kontras, membuat keduanya menimbulkan stigma bagi banyak orang. Menurut Sophia Dembling, penulis The Introvert’s Way: Living a Quiet Life in a Noisy World, perbedaan antar dua karakteristik kepribadian ini jauh lebih kompleks daripada hanya sekadar si pemalu dan si eksis.

Lalu, kalau keliru apa fakta seorang introvert yang sebenarnya?

Fakta yang paling sesuai untuk menjelaskan tentang introvert yaitu dari gagasan psikologi C.G. Jung, bahwa orang introvert mendapatkan energi mereka dari stimulasi dalam, kesendirian dan ketenangan batin, bukan dari dorongan faktor luar. Sedangkan, orang ekstrovert mendapatkan energi dari situasi sosial lewat interaksi dengan orang banyak.

Nah, karena cara mendapatkan energi mereka dari dalam, seorang introvert sering dilabeli dengan pribadi yang pemalu, pendiam, pasif, dan anti sosial. Sehingga, sebagian orang cenderung membatasi potensi mereka dalam bekerja dengan label introvert. Supaya kamu tidak salah kaprah lagi, simak fakta seorang introvert di lingkungan kerja di bawah ini:

1. Orang introvert tidak selalu pemalu

Narasi semua orang introvert adalah pemalu — dan semua pemalu adalah introvert, mungkin sudah cukup umum kamu dengarkan. Nyatanya, kedua sifat ini sama sekali berbeda. Pemalu adalah sebuah sifat atau karakteristik yang ditandai dengan kecenderungan merasa gugup, khawatir, atau canggung selama berinteraksi sosial, terutama dengan orang asing yang baru dikenal. Sedangkan introvert adalah ciri psikologis seseorang yang memilih mengembalikan energi dengan ketenangan dan kesendirian.

2. Orang introvert dapat menjadi pemimpin yang baik

Karena orang introvert yang seringkali dicap sebagai seorang pemalu, anti sosial, dan pendiam membuat sebagian orang meragukan kemampuan leadership orang introvert. Padahal, dengan kelebihan orang introvert yang biasanya lebih teliti, teratur, dan penuh persiapan tentu dapat berkontribusi besar dalam suatu kerja tim.

Bahkan, tokoh penting dunia banyak lho yang termasuk sebagai orang introvert. Bil Gates, Abraham Lincoln, Gandhi, dan masih banyak tokoh penting lainnya. Mereka sangat menikmati dan bekerja dengan baik saat memimpin orang lain, berbicara di depan umum, dan menjadi pusat perhatian.

3. Orang introvert mudah fokus

Orang introvert yang energinya didapat dari dalam diri, akan dengan mudah fokus dalam suatu hal. Mereka tidak mudah terdistraksi dari gangguan luar, sehingga lebih fokus pada apa yang ia sedang lakukan saat ini. Mereka tidak harus terhubung dengan semua orang, tapi sekalinya berkomunikasi, akan terjadi dialog yang bermakna dan berkualitas. Nah, dengan begitu pekerjaan pun akan cepat terselesaikan dan menghasilkan kualitas yang baik.

4. Mampu menyeimbangkan kehidupan di kantor dan pribadi

Seperti yang kamu tahu, orang introvert yang cenderung lebih banyak menghabiskan waktu sendiri daripada berkumpul dengan banyak orang, tentu akan dengan mudah menyeimbangkan kehidupan pribadi mereka. Karena orang introvert lebih fokus dalam menyelesaikan tugas dan pulang kerja tepat waktu, waktu yang tersisa mereka gunakan untuk fokus terhadap diri sendiri. Sehingga, energi yang mereka gunakan untuk produktif pun akan terisi kembali.

5. Orang introvert lebih tenang menghadapi masalah

Keuntungan lain sebagai seorang introvert adalah cenderung lebih tenang. Karena seorang introvert mendapatkan energi ketika mereka sendirian, hal ini memberikan ketenangan yang mereka butuhkan untuk mendengar pikiran sendiri, mendapatkan wawasan, dan fokus pada tugas yang ada. Sehingga, keputusan yang diambil untuk menyelesaikan masalah pun tidak bersifat impulsif dan penuh pertimbangan. Selain itu, ketenangan yang mereka dapatkan juga membantu mereka dalam mengurangi stres.

Jadi, buat kamu yang introvert jangan membatasi potensimu di lingkungan kerja hanya karena kepribadianmu, ya. Kesuksesan seseorang tidak bergantung pada kepribadian seseorang, kok. Karena kesuksesan sejatinya tercipta dari kombinasi kemampuan, kegigihan, dan kerja keras. Yuk, manfaatkan kelebihanmu sebagai orang introvert di lingkungan kerja!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Mengenal Esensi Diri
Dalam program ini, Pradjoto akan menemanimu untuk mengenali jati diri, baik secara lahiriah mau pun spiritual.
Self Awareness
Seberapa paham kamu dengan dirimu sendiri? Kalau kamu belum bisa menjawabnya, maka program self-awareness ini siap membantumu untuk mengenali dan memahami dirimu sendiri. Menemukan kelemahan, kekuatan, serta potensi dalam dirimu.
Mengenal Kecerdasan Emosi
Apa pentingnya sih kecerdasan emosi dalam kehidupan? Eits, kecerdasan emosi sangat membantumu untuk memahami serta mengukur keadaan emosimu dan orang lain. Karena itu, yuk kenali lebih dalam apa itu kecerdasan emosi dan pahami bagaimana ciri-ciri seseorang yang memiliki kecerdasan emosi yang tinggi. Apakah kamu salah satunya? Temukan jawabannya di sini.
Mengenal Kecerdasan Sosial
Apa pentingnya sih kecerdasan sosial dalam kehidupan? Eits, kecerdasan sosial sangat membantumu untuk menjadi lebih peka dan empati dalam interaksi sosial, lho. Karena itu, yuk kenali komponen kecerdasan sosial dan pahami bagaimana ciri-ciri karakter seseorang yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi. Apakah kamu salah satunya? Temukan jawabannya di sini.

Share this article