Gali Potensi Diri dengan Growth Mindset!
General
January 25, 2022

Percayakah kamu, bahwa setiap orang—termasuk kamu—memiliki potensi diri? Mungkin, kamu saat ini sudah menemukan potensi dirimu. Tapi jika belum, tidak apa-apa. Mengenali potensi dalam diri memang sebuah proses yang membutuhkan waktu. Wajar jika kita pernah merasa lelah dan ingin berhenti. Namun, kalau sampai saat ini masih belum menemukannya, bukan berarti kamu tidak memiliki sebuah potensi. Potensi diri bisa ditemukan selama kita punya mindset yang tepat, yaitu growth mindset.

Apa itu growth mindset?

Mengenal dan memahami pentingnya growth mindset

Growth mindset adalah pola pikir yang percaya bahwa kemampuan atau bakat bisa berkembang secara terus menerus. Karena percaya akan hal ini, orang dengan growth mindset akan terus belajar hal baru, menambah skill, serta mampu menerima masukan atau kritikan untuk terus berkembang.

Dengan kemauan untuk terus berkembang, kita akan mudah menggali dan menemukan potensi diri kita. Bagaimana tidak? Orang dengan growth mindset akan melihat berbagai kesempatan dalam hidup, mempelajari berbagai skill yang bisa dijadikan potensi diri.

Tidak hanya menemukan potensi diri, dengan growth mindset kamu juga akan tahu bahwa kegagalan bisa diubah dan dijadikan batu loncatan untuk terbang lebih tinggi. Semua masukan atau bahkan kritikan akan menjadi pembelajaran untuk menggali dan memperkuat potensi dirimu.

Contoh mudahnya, mungkin kamu tidak berbakat menulis, namun dengan growth mindset kamu akan terus berlatih menulis sampai akhirnya kamu menghasilkan sebuah karya tulisan yang bagus. Kemampuan menulis pun menjadi potensi diri yang kamu temukan berkat growth mindset.

Bagaimana cara membangun growth mindset?

Cara membangun growth mindset.

Cara menumbuhan growth mindset Mindtera rangkum menjadi beberapa langkah berikut ini:

  1. Sadari di mana posisimu saat ini. Menurutmu, apakah kamu sudah menjadi seseorang yang mempraktikkan growth mindset dan ingin mempertahankannya? Atau kamu merasa perlu melatihnya lagi? Kalau kamu mengetahui posisi atau keadaanmu saat ini, kamu akan tahu lebih jelas tentang arah yang kamu ingin tuju.
  2. Eksplorasi mengapa kamu ingin mengembangkan growth mindset. Adakah sesuatu yang mendorongmu untuk mengembangkan growth mindset? Manfaat apa yang kamu pikir bisa didapat dengan melatihnya? Memahami alasanmu terlebih dahulu akan membantu perjalananmu dalam mengembangkan growth mindset di saat-saat sulit.
  3. Cobalah untuk menilai dan mempersepsikan orang lain dengan lebih baik. Misal, saat mendengar kabar kesuksesan teman, berhentilah melihat dia berbeda dengan kita. Tapi, lihatlah lebih dalam seberapa sulit prosesnya untuk mencapai kesuksesan tersebut. Dengan menyadari bahwa dibalik setiap cerita sukses pasti ada perjuangan dan kerja keras, kita menjadi lebih bisa menghargai orang lain tanpa memberi label bahwa kesuksesannya didapat secara instan.
  4. Lihat tantangan sebagai kesempatan. Dalam hidup pasti akan ada masalah atau tantangan yang harus kamu hadapi. Daripada melihatnya sebagai kendala yang akan menghalangimu, lihatlah tantangan sebagai sesuatu yang bisa kamu hadapi dan temukan solusinya. Karena dari sanalah kamu akan belajar dan berkembang.
  1. Evaluasi setiap kegagalan serta kekurangan yang kamu punya. Catat setiap kegagalan dan apa pelajaran yang bisa didapat. Misalnya, kamu terlambat mengumpulkan tugas. Berikutnya kamu bisa belajar untuk me-manage waktu dengan membuat tabel dan mengatur reminder.
  2. Lihat setiap kritikan sebagai pondasi untuk membangun dirimu. Hindari melihat kritikan sebagai serangan, namun lihat apa yang bisa kamu pelajari dari kritikan orang tersebut. Ingatlah bahwa kamu juga punya pilihan untuk mengontrol emosimu dan mengintrospeksi diri.
  3. Hargai pencapaian karena action yang dilakukan daripada apa yang dimiliki. Tanamkan ketika kamu sudah berhasil mencapai sesuatu, itu karena kamu juga benar-benar berusaha untuk mendapatkannya, bukan karena ketampanan, kecantikan, kekayaan, atau kepintaran. Kamu juga bisa melatihnya kepada orang-orang terdekat. Misalnya, ketika saudaramu berprestasi di sekolah, daripada mengucapkan “selamat ya, ini semua karena kamu memang pintar,” coba ucapkan “selamat ya, kamu pasti belajar dengan giat selama ini."

Teman Mindy, itulah cara membangun growth mindset untuk mengasah potensi diri yang bisa kamu latih mulai dari sekarang. Hidup memang penuh dengan jatuh dan bangun. Pada percobaan pertama, kedua hingga ketiga, dan berikutnya, kadang hasil yang kita harapkan tidak muncul juga. Namun pahamilah bahwa kegagalanmu tidak mengurangi nilai dirimu. Justru karena kamu telah berusaha.

Jadi, kapan lagi kamu bisa menemukan dan melatih potensi dirimu? Belajar growth mindset dan temukan potensimu bersama Mindtera sekarang juga.

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Growth Mindset
Bagi kamu, tantangan adalah hambatan atau batu loncatan untuk maju? Yuk, belajar dan bertumbuh bersama Mindtera lewat program kali ini.
Mengenal Self-growth
Siap untuk mewujudkan versi terbaik dari dirimu di dunia pekerjaan? Intip program ini, untuk selangkah lebih maju. Siapkan dirimu dan ikuti dengan baik, ya. Selamat berproses!
Proaktif
Sadar nggak sih, kalau ternyata meski dalam kesempitan, pasti selalu ada kesempatan? Kalau kamu menyadarinya, tandanya kamu adalah seorang proaktif. Menjadi proaktif dapat membuat hidupmu lebih efektif yang penuh inisiatif. Yuk, belajar menjadi proaktif supaya tetap optimis dan berpikir positif dalam situasi terburuk sekalipun.

Share this article