Hidup Terombang-Ambing? Temukan Jati Dirimu!
General
April 12, 2022

Kamu pasti pernah bertanya-tanya, untuk apa aku dilahirkan? Apa tujuan dan makna dalam hidupku? Itu tandanya kamu berada pada tahap mengenal jati diri. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti jati diri adalah ciri-ciri, gambaran, atau keadaan khusus seseorang atau suatu benda. Tapi, bisa juga diartikan sebagai identitas, inti, jiwa, dan semangat seseorang. Dengan kata lain, jati diri adalah suatu hal yang ada di dalam diri manusia meliputi karakter, sifat, watak, dan kepribadian.

Memang, menemukan jati diri membutuhkan proses dan waktu yang nggak sedikit. Tapi, kalau sampai saat ini kamu masih kesulitan menemukan jati diri, coba ikuti cara menemukan jati diri dari Mindtera yang bisa kamu lakukan dalam sehari-hari. Bahkan, mudah untuk dilakukan, lho!

1. Temukan jati diri lewat kenangan masa kecilmu

Siapa bilang kenangan masa kecil nggak berpengaruh pada dirimu yang sekarang? Nyatanya, cara dan pola pikirmu menjalani peran dalam kehidupan, sedikit banyak terbentuk dari apa yang kamu alami, lihat, rasakan, serta dari interaksimu dengan orang lain sejak kanak-kanak hingga dewasa. Jadi, nggak ada salahnya mengenal dirimu lewat kenangan masa kecil. Untuk membantumu kembali mengingat masa kecil, siapa yang mengasuh, dan hal apa saja yang kamu ingat dan berkesan pada saat itu, coba ikuti program ini.

2. Temukan passion dan minatmu

Apa hal yang membuatmu lebih bersemangat saat mengerjakannya/menjalaninya? Selama ini, tentu ada hal yang benar-benar kamu sukai dan membuat dirimu menjadi lebih hidup saat menjalaninya. Siapa tahu dari situ dapat menuntunmu pada tujuan hidup. Itulah mengapa, menggali dan menumbuhkan kembali passions-mu penting dalam menemukan jati diri. Temukan passion dan minatmu di sini.

3. Sadari bakat dan kemampuanmu

Setiap orang tentu memiliki bakat dan keterampilan, termasuk kamu. Ya, kamu. Namun terkadang, karena dianggap sebagai sesuatu yang normal, ada bakat dan keterampilan yang nggak kamu sadari. Padahal, bagi orang lain hal tersebut sulit untuk dilakukan dan tidak muncul secara alami. Jadi, temukan jati dirimu denan menggali lebih dalam bakat dan keterampilan alami yang kamu miliki lewat journaling ini.

4. Telusuri pengalaman-pengalaman hidupmu

Kompleksnya kehidupan kadang membuatmu lupa akan semua peristiwa atau keadaan yang membentuk dirmu. Kamu hanya kembali fokus menjalani hidup, sambil mengingat bagian-bagian kecil yang muncul. Sayangnya, tanpa disadari, hal-hal yang kamu lewatkan itu seringkali memengaruhimu hari ini. Nah, supaya memudahkanmu utnuk menelusuri pengalaman hidup yang sudah kamu lalui hingga sampai di hari ini, ikuti program ini, yuk!

5. Bebaskan dirimu dari batasan yang menghambatmu

Setiap manusia memiliki ruang untuk bertumbuh. Akan tetapi, terkadang ada label atau kepercayaan yang membuat seseorang membatasi diri. Misalnya, masyarakat yang melabeli kalau perempuan nggak ada gunanya untuk berpendidikan tinggi, atau kamu sendiri yang melabeli dirimu nggak layak untuk menerima penghargaan, dan label lainnya. Nah, kalau kamu terus terkurung dari label tersebut, kamu nggak akan pernah berani untuk melangkah. Jadi,  mulai sekarang terbanglah lebih tinggi dengan menyadari limiting beliefs yang mungkin selama ini menghambatmu untuk bertumbuh.

6. Syukuri apa yang telah kamu raih

Dalam menjalani hidup, tentu banyak hal besar ataupun kecil yang bisa kita syukuri setiap harinya. Dengan kamu menyadari hal-hal positif dalam hidup yang terkadang luput dari perhatian, kamu akan menemukan versi terbaik dari dirimu seperti bunga yang merekah indah. Hal yang bisa kamu syukuri nggak harus hal besar kok, sarapan buatan ibu yang kamu santap setiap harinya juga patut untuk kamu syukuri. Yuk, mulai rutin menulis apa yang kamu syukuri di setiap hari-harimu!

7. Tulis mantra indah sebagai bahan bakarmu

Setelah menemukan keterkaitan antara pengaruh masa kecil dengan bakat dan kemampuanmu, inilah saatnya untuk bertransformasi dengan menulis manifestomu. Kamu bisa menjadikan manifestomu sebagai bahan bakar semangatmu dalam meraih tujuan hidup. Karena manifesto yang kamu tulis akan mencerminkan jati dirimu yang sebenarnya dan apa yang sedang kamu perjuangkan.

8. Menulis cerita hidupmu kembali

Seperti sebuah film, semua alur dan peristiwa berjalan sesuai dengan rentang usia dan pengalaman yang dialami. Pengaruh dari orang sekitar sejak masa kecil hingga sekarang pun memengaruhi karakter dan cara pandangmu dalam menjalani hidup. Kini, saatnya kamu menulis ulang skenario film kehidupanmu dengan versi dirimu yang baru!

Semua cara menemukan jati diri di atas, dapat dengan mudah kamu lakukan hanya di aplikasi Mindtera. Journaling Program - Find Your Purpose Series siap mendampingimu dalam proses menemukan jati diri. Jadi, selamat berproses untuk menemukan jati diri ya, Teman Mindy!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Conditioning Childhood Influences
Cara dan pola pikir kita menjalani peran dalam kehidupan, sedikit banyak terbentuk dari apa yang kita alami, lihat, rasakan, serta dari interaksi kita dengan orang lain sejak kanak-kanak hingga dewasa. Program ini akan membantu Teman Mindy melihat kembali serta mengupas selapis demi selapis, siapa dan apa saja yang memengaruhi pola pikir sehingga mampu menjalani peran seperti saat ini hingga menemukan tujuan hidup.
Passions/Interests
Selama ini, tentu ada hal yang benar-benar kita sukai dan membuat diri kita menjadi lebih hidup saat menjalaninya. Bahkan tak jarang, sesuatu yang kita sukai dapat menuntun kita pada tujuan hidup. Itulah mengapa, saat ini adalah waktu yang tepat untuk menumbuhkan kembali passions-mu.
Talents & Skills
Setiap orang tentu memiliki bakat dan keterampilan, termasuk kamu. Ya, kamu. Namun kadang, karena dianggap sebagai sesuatu yang normal, ada bakat dan keterampilan yang tidak kamu sadari. Padahal, bagi orang lain hal tersebut sulit untuk dilakukan dan tidak muncul secara alami. Jadi, yuk gali lebih dalam bakat dan keterampilan alami yang kamu miliki lewat journaling kali ini.
Life Changing Experience
Kompleksnya kehidupan kadang membuat kita lupa akan semua peristiwa atau keadaan yang membentuk diri kita. Kita hanya kembali fokus menjalani hidup, sambil mengingat bagian-bagian kecil yang muncul. Sayangnya, tanpa disadari, hal-hal yang kita lewatkan itu seringkali memengaruhi kita hari ini. Nah, journaling kali ini akan mengajakmu untuk menelusuri pengalaman hidup yang sudah kamu lalui hingga sampai di hari ini.
Eliminating Limits
Setiap manusia memiliki ruang untuk bertumbuh. Akan tetapi, terkadang ada label atau kepercayaan yang membuat seseorang membatasi diri. Yuk, mulai sekarang terbanglah lebih tinggi dengan menyadari limiting beliefs yang mungkin selama ini menghambatmu untuk bertumbuh.
Gratitude Journal
Dalam menjalani hidup, tentu banyak hal besar ataupun kecil yang bisa kita syukuri setiap harinya. Lewat program gratitude journal ini, Teman Mindy akan dibantu untuk menyadari hal-hal positif dalam hidup yang terkadang luput dari perhatian. Sehingga, kamu akan menemukan versi terbaik dari dirimu seperti bunga yang merekah indah.
Writing Your Manifesto
Setelah berhasil menemukan tujuan hidup, inilah saatnya untuk bertransformasi dengan menulis manifestomu. Kamu bisa menjadikan manifestomu sebagai bahan bakar semangatmu dalam meraih tujuan hidup. Karena manifesto yang kamu tulis akan mencerminkan jati dirimu yang sebenarnya dan apa yang sedang kamu perjuangkan.
Rewriting Your Life Story
Setiap orang menjalani peran yang berbeda di dalam hidupnya. Seperti sebuah film, semua alur dan peristiwa berjalan sesuai dengan rentang usia dan pengalaman yang dialami. Pengaruh dari orang sekitar sejak masa kecil hingga sekarang pun memengaruhi karakter dan cara pandang kita dalam menjalani hidup. Kini, saatnya kamu menulis ulang skenario film kehidupanmu dengan versi dirimu yang baru!

Share this article