Kelola Kesal Ke Keluarga
Keluarga
December 2, 2021

Kamu pasti tahu, hubungan antar keluarga tidak menjamin selalu akur. Ada kalanya, hubungan antar keluarga pun berujung marah atau kesal. Apakah merasa kesal ke keluarga sendiri itu salah? Tentu tidak. Kesal dan marah adalah perasaan atau emosi yang wajar dan valid, namun kita harus bisa mengelolanya. Bagaimana caranya? Coba ikuti beberapa langkah berikut dari Mindtera ya.

Pertama, sebelum kamu marah sama keluargamu, coba pause 10 detik dan tanya ke diri sendiri, “Kenapa mereka ngelakuin ini ya?”. Dalam 10 detik itu, rasa marah dan kesal bisa jadi menurun, dan bahkan bisa jadi empati. Pikiranmu jadi lebih tenang dan kamu bisa menjelaskan apa yang kamu rasakan.

Kedua, coba lebih banyak mendengar daripada berbicara. Saat keluarga kita sedang bercerita dan kita secara tulus 100% hadir untuk mendengarkan, mereka pasti bisa merasakan hal itu. Dengan begini, kamu dan keluargamu akan lebih saling mengerti sehingga ketika rasa kesal muncul, kamu bisa mengelolanya dengan mencoba memahami mereka.

Ketiga, kamu perlu ingat bahwa kita pun tidak selamanya benar. Kadang kita menyakiti keluarga kita secara sadar maupun tidak. Jadilah orang yang mudah dicintai keluargamu dengan melebarkan kasih sayang, toleransi, dan empati di hati kita.

Yuk kelola rasa kesalmu dari sekarang, karena #SemuaBisaDikelola

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

No items found.

Share this article