Kenali Lebih Dalam Apa itu Kecerdasan Sosial
General
April 1, 2022
kecerdasan sosial

Apa pentingnya sih kecerdasan sosial dalam kehidupan? Memangnya kecerdasan intelektual saja nggak cukup? Karena sejatinya kita tidak bisa hidup sendirian di dunia ini, maka kecerdasan sosial menjadi penting untuk dimiliki. Kecerdasan sosial akan membantumu untuk menjadi lebih peka dan berempati dalam melakukan interaksi sosial. Dengan begitu, lingkungan sosial yang aman, nyaman, dan tentram akan tercipta.

Pengertian Kecerdasan Sosial

Memangnya, apa sih kecerdasan sosial itu? Kecerdasan sosial adalah kemampuan kita untuk membentuk suatu hubungan dengan orang lain. Nggak hanya itu, kecerdasan sosial juga merupakan kemampuan kita dalam mengelola hubungan, seperti misalnya memberikan respon yang tepat ketika berinteraksi.

Seseorang yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi akan tahu betul apa yang harus diucapkan dan dilakukan dalam berbagai situasi. Bahkan, mereka pun terlihat percaya diri di tengah kerumunan banyak orang. 

Karena itu, yuk pahami apa saja ciri-ciri seseorang yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi. Apakah kamu salah satunya? 

Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Kecerdasan Sosial

1. Sangat berhati-hati dalam berkata

Mungkin, kamu sering mendengar pepatah yang mengatakan, “berpikirlah sebelum berbicara.” Nah, seseorang yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi mampu menerapkan itu dengan baik dalam kesehariannya. Mereka cenderung bersikap bijak dalam berinteraksi, sehingga tidak menimbulkan perasaan tersinggung atau terluka bagi orang lain.

2. Mampu mendengar untuk memahami sudut pandang orang lain

Untuk tahu betul apa yang harus diucapkan dan dilakukan, mereka akan berusaha mendengar dan memahami apa yang dilalui oleh lawan bicaranya. Dengan begitu, mereka akan dengan mudah mengerti perasaan dan pikiran lawan bicaranya. Kalau satu sama lain dapat saling memahami akan terasa nyaman untuk berinteraksi, bukan?

3. Menerima kritikan dengan baik

Karena mereka sadar betul bahwa setiap orang memiliki sudut pandang tersendiri, maka mereka akan menghargai bentuk kritikan apa pun dari orang lain. Mereka mampu melihat kritikan sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.

4. Tidak pernah menilai seseorang berdasarkan opini atau pendapat orang lain

Mereka selalu mencoba untuk melihat berbagai sisi dari sebuah opini, apalagi yang menyangkut orang lain. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kesalahpahaman yang mungkin saja dapat menimbulkan perpecahan dalam lingkungan sosial.

5. Tidak membuang-buang waktu untuk berdebat dengan orang lain

Seseorang yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi, cenderung menghindari suatu perdebatan. Yang mereka sukai adalah diskusi, bukan perdebatan. Sederhananya, mereka lebih memilih untuk berdamai ketimbang memaksakan diri agar selalu benar.

6. Meminta maaf ketika bersalah dan menerima maaf orang lain

Mereka paham betul rasanya sakit hati atau terluka, sehingga ketika berbuat salah, saat itu juga mereka paham bagaimana rasanya. Karenanya, mereka nggak segan untuk meminta maaf atau memaafkan.

Dari ciri-ciri di atas, apakah kamu salah satu orang yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi? Kalau iya, selamat kamu termasuk orang-orang terpilih, lho! Tetap pertahankan dan terus asah kemampuanmu, ya. Kalau kamu merasa belum termasuk seseorang yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi, nggak apa-apa, kecerdasan sosial masih bisa dilatih dan dikembangkan, kok. Kamu bisa melatihnya dengan mengikuti program Mindtera di sini. Selamat belajar!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Kecerdasan Sosial
Sebagai makhluk sosial, tentu kita tidak lepas dari berinteraksi dengan orang lain. Kali ini, pelajari cara berinteraksi dan bersosialisasi yang baik dengan orang-orang di sekitarmu.
Mengenal Kecerdasan Emosi
Apa pentingnya sih kecerdasan emosi dalam kehidupan? Eits, kecerdasan emosi sangat membantumu untuk memahami serta mengukur keadaan emosimu dan orang lain. Karena itu, yuk kenali lebih dalam apa itu kecerdasan emosi dan pahami bagaimana ciri-ciri seseorang yang memiliki kecerdasan emosi yang tinggi. Apakah kamu salah satunya? Temukan jawabannya di sini.
Belajar Empati
Jalin komunikasi yang baik dengan belajar empati di program kali ini. Puri Lestari akan mengupas tuntas mengenai macam-macam empati, sampai manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Ikuti dan terapkan dengan baik, ya.
Kejujuran
Seseorang yang berperilaku jujur akan mendapatkan tiga hal: kepercayaan, cinta, dan rasa hormat. Berperilaku jujur tidak hanya pada orang lain, tapi juga pada dirimu sendiri. Yuk, mulai tanam nilai-nilai kejujuran dalam dirimu lewat program ini.

Share this article