Kendalikan Dirimu Sebelum Dikendalikan oleh Situasi
General
April 7, 2022

Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak dari kita yang begitu reaktif dalam menghadapi situasi, khususnya yang tidak begitu menyenangkan. Ketika seseorang mengolok-ngolok kita, kita bisa saja menampar mereka. Ketika kita sedang berpuasa, kita bisa saja diam-diam makan atau minum saat tidak ada orang yang melihat. Atau, ketika kita dipecat tanpa alasan, kita bisa saja menangis bermalam-malam dan menyalahkan diri sendiri. Saat semua hal itu terjadi, kita sedang dikendalikan oleh situasi. Namun, hal ini bisa kita kurangi selama kita punya pengendalian diri yang baik. Memangnya, apa saja sih manfaat punya pengendalian diri yang baik?

Manfaat dari pengendalian diri

Memiliki pengendalian diri yang baik akan sangat membantu kita dalam menjalani hidup dan menghindarkan kita dari keputusan-keputusan yang bisa kita sesali nantinya. Tanpa pengendalian diri yang baik, kita bisa saja makan sebanyak yang kita mau, menggunakan kartu kredit untuk beli barang yang tidak terlalu kita butuhkan, hang out sesering yang kita mau, mengakses social media terus menerus, dan masih banyak lagi. Dampaknya? Tentu sangat merugikan kita, baik secara fisik, mental, maupun finansial.

Itu sebabnya kita membutuhkan pengendalian diri agar tahu batasan kita. Manfaat pengendalian diri lainnya, akan membantu otak dan emosi bekerja menjadi lebih bijak serta lebih fokus. Berkat pengendalian diri, kita jadi tahu mana yang prioritas. Serta memilah yang paling baik dan membuang yang paling buruk. Emosi yang sehat dan stabil pun akan lebih mudah dimiliki oleh orang yang menerapkan pengendalian diri karena mereka mampu mengelola diri untuk tidak larut dari perasaan negatif. Gimana? Manfaat pengendalian diri ternyata begitu besar, ya?

Contohnya, ketika kamu gagal ujian masuk CPNS. Daripada menangis semalaman dan menyesali keadaan, kamu bisa memilih untuk mempersiapkan dan membekali diri untuk tes di tahun selanjutnya. Karena kamu tahu, menangis terus menerus tidak akan mengubah keadaan, tapi belajar lebih giat dapat membuka pintu kesempatan lebih lebar.

Jadi, pelajari lebih dalam soal pengendalian diri bersama Mindtera melalui aplikasi kami. Yuk, klik di sini untuk segera mengikuti programnya!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Pengendalian Diri
Orang terkuat adalah bukan yang mampu melawan orang lain, melainkan yang mampu melawan dirinya sendiri. Yuk, jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri dengan belajar self control.
Self Awareness
Seberapa paham kamu dengan dirimu sendiri? Kalau kamu belum bisa menjawabnya, maka program self-awareness ini siap membantumu untuk mengenali dan memahami dirimu sendiri. Menemukan kelemahan, kekuatan, serta potensi dalam dirimu.
Mengenal Ragam Emosi Manusia
Sudahkah kamu berkenalan dengan ragam emosi dalam dirimu? Ini saatnya, kamu belajar mengenalinya, supaya dapat membantumu untuk menyadari kehadiran keragaman emosi dalam diri.
Latih Gerak Melepas Emosi Marah
Lepas emosi marahmu dengan latihan gerak berkesadaran. Latihan ini akan menstimulasi liver dan limpa, tempat emosi kemarahan tersimpan. Ryu Deka siap memandumu dalam latihan kali ini. Siapkan dirimu, ya.
Living a Mindful Life
Kamu susah fokus? Atau sering menunda pekerjaan? Ini saatnya kamu belajar tentang mindfulness bersama Tsamara Fahrana.

Share this article