Kesulitan Mengendalikan Situasi? Kenali Pengendalian Diri!
General
April 7, 2022

Bayangkan saat pacar kita selingkuh, teman baik kita membicarakan kita di belakang, atau tiba-tiba saja atasan kita memarahi kita. Rasanya pasti marah, kecewa, dan kesal. Nggak jarang, kita langsung bertindak reaktif tanpa berpikir panjang. Ketika hal ini terjadi, biasanya kita akan dibuntuti oleh rasa penyesalan. Itulah kenapa kita membutuhkan pengendalian diri.

Nyatanya, kita sama sekali tidak bisa mengendalikan situasi atau segala hal di luar diri kita. Satu-satunya yang bisa kita kendalikan adalah diri sendiri: bagaimana kita merespon terhadap suatu situasi, bagaimana kita bertindak, atau keputusan apa yang kita ambil untuk mengatasi suatu masalah. Semua bisa dilakukan selama kita punya kontrol diri atau pengendalian diri.

Apa itu pengendalian diri?

Definisi dari pengendalian diri sebetulnya begitu beragam, namun memiliki inti yang sama: kemampuan untuk mengatur atau mengendalikan perilaku demi menghindari tindakan yang merugikan, atau keinginan yang tidak sehat.

Oleh karena itu, pengendalian diri sangat kamu butuhkan untuk mengendalikan situasi. Misalnya, ketika kamu mengetahui bahwa pacarmu selingkuh, kamu bisa mengendalikan diri untuk tidak membalas dendam atau melakukan kekerasan ke pasanganmu. Kamu bisa memilih untuk membicarakan baik-baik dan mencari cara untuk move on dengan lebih mudah lewat kegiatan yang positif.

Contoh lain, kebiasaan boros atau membuang-buang uang untuk hal yang tidak begitu kamu butuhkan, bisa kamu kurangi dengan pengendalian diri yang baik. Kamu jadi mengerti prioritasmu. Mana yang kamu butuhkan dan mana yang kamu inginkan. Saat kamu memilliki kontrol diri yang baik, kamu berpotensi untuk tidak terjebak terlalu lama di dalamnya.

Melatih pengendalian diri memang terbilang sulit, apalagi ketika kita terbiasa reaktif akan suatu hal. Namun begitu, kita tetap bisa melatih pengendalian diri yang baik selama kita punya komitmen dan konsisten dalam menerapkannya.

Penasaran untuk tahu lebih lanjut soal pengendalian diri? Yuk, ikuti program pengendalian diri dari Mindtera di sini.

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Pengendalian Diri
Orang terkuat adalah bukan yang mampu melawan orang lain, melainkan yang mampu melawan dirinya sendiri. Yuk, jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri dengan belajar self control.
Self Awareness
Seberapa paham kamu dengan dirimu sendiri? Kalau kamu belum bisa menjawabnya, maka program self-awareness ini siap membantumu untuk mengenali dan memahami dirimu sendiri. Menemukan kelemahan, kekuatan, serta potensi dalam dirimu.
Mengenal Ragam Emosi Manusia
Sudahkah kamu berkenalan dengan ragam emosi dalam dirimu? Ini saatnya, kamu belajar mengenalinya, supaya dapat membantumu untuk menyadari kehadiran keragaman emosi dalam diri.
Ragam Tantangan Emosi - Bagian 1
Sudahkah kamu berkenalan dengan ragam tantangan emosi dalam dirimu? Ini saatnya, kamu belajar mengenalinya, supaya dapat membantumu untuk menyadari kehadirannya dan tahu cara mengatasinya.
Easy Mindful Living
Kita seringkali lupa untuk mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup ketika larut dalam rutinitas. Dengan program ini, kita belajar mensyukuri diri dengan menikmati momen di sekitar melalui aktivitas mindfulness bersama Tsamara Fahrana.

Share this article