Membangun Koneksi dalam Bekerja, Kenapa Enggak?
Karir
May 17, 2022

Kamu ingin kariermu melesat dengan cepat? Membangun networking adalah jawabannya. Melalui networking yang baik, kesempatanmu untuk melesat cepat dalam menunjang karier akan terbuka semakin lebar. 

Kamu masih ingat dengan series Netflix yang sempat booming, berjudul Inventing Anna, kan? Nah, dalam series itu terbukti bahwa kemampuan networking berperan besar dalam memengaruhi orang lain untuk memberi kepercayaan padamu lewat orang-orang yang sudah mengenalmu sebelumnya. Anna Delvey dengan pintar memanfaatkan the power of word of mouth, dimana seseorang mempercayai referensi dari orang-orang terdekat yang layak dipercaya. Dari situ, Anna Delvey dengan mudah mengembangkan bisnisnya berkat koneksinya dengan konglomerat-konglomerat dan pebisnis kelas atas di New York.

Secara nggak langsung, dalam series itu menyadarkan kita bahwa kemampuan membangun koneksi sangat dibutuhkan, terutama dalam menunjang karier. Tapi, jangan sampai kamu menjadi Anna Delvey yang selanjutnya, ya. Kamu nggak perlu menipu untuk diberi kepercayaan kok, cukup dengan tunjukkan kemampuanmu dengan jujur dan jalin hubunganmu dengan baik. Tenang saja, Mindy punya beberapa tips dalam membangun networking, nih. Simak baik-baik, ya!

1. Tunjukkan first impression yang baik dalam membangun koneksi

Senjata terampuh untuk memulai hubungan yang baik dengan orang baru adalah dengan memberikan first impression yang baik. Caramu berkenalan, berkomunikasi, berpakaian, dan berperilaku menjadi penentu first impression yang baik. Kamu juga harus pintar dalam memposisikan diri untuk kemudian mampu mengembangkan pembicaraan. 

2. Mengikuti berbagai kegiatan

Di tengah kesibukan dalam bekerja, coba ikuti kegiatan-kegiatan yang menurutmu dapat menunjang karier. Dalam kegiatan tersebut, kamu bisa mengambil kesempatan untuk membangun koneksi dengan menyodorkan kartu nama atau sekadar basa-basi untuk membuka pembicaraan. Karena siapa tahu, di kegiatan tersebut ada orang-orang penting yang mampu membantumu dalam menunjang karier.

3. Menjadi bagian dari komunitas

Kamu jangan hanya terpaku pada tempatmu bekerja saat ini. Nggak ada salahnya lho, mengikuti komunitas di luar pekerjaan. Justru dengan begitu, akan membuatmu semakin memperluas wawasan dan kesempatan, kan? Tawarkan pada mereka nilai dirimu dan kemampuan dalam bekerja. Dijamin, mereka akan dengan mudah melirikmu.

4. Tetap jalin hubungan dengan teman lamamu

Mungkin kamu lupa, yang dulunya teman bermainmu saat kecil, sekarang dia sudah menjadi CEO di suatu perusahaan. Atau, yang dulunya teman curhatmu semasa sekolah, sekarang dia menjadi owner dari suatu bisnis. Nah, ini jadi kesempatan emas buatmu untuk menunjang karier, nih. Coba hubungi mereka kembali dan jalin hubunganmu dengan baik bersama mereka.

5. Jujur adalah kunci

Nah, terakhir yang terpenting dalam membangun networking adalah menjadi jujur. Kamu nggak perlu berbohong atau berpura-pura untuk disukai. Karena kalau suatu saat kebenaran dari kebohonganmu terungkap, hubunganmu dengan mereka pun juga akan ikut berakhir. Mereka tentu merasa kecewa dan sakit hati karena sudah mempercayaimu. Jadi, tetaplah jujur dan percaya diri akan kemampuan yang kamu miliki. 

Tips membangun networking di atas akan dengan mudah kamu lakukan, kalau kamu juga melatih kecerdasan sosial. Dengan memiliki kecerdasan sosial, kamu pun akan dengan mudah berinteraksi dengan orang lain tanpa perlu merasa canggung atau tidak percaya diri. Latih kecerdasan sosialmu, demi networking yang lebih baik kedepannya. Yuk, latih kemampuanmu dalam bersosialisasi!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Kecerdasan Sosial
Sebagai makhluk sosial, tentu kita tidak lepas dari berinteraksi dengan orang lain. Kali ini, pelajari cara berinteraksi dan bersosialisasi yang baik dengan orang-orang di sekitarmu.
Mengenal Kecerdasan Sosial
Apa pentingnya sih kecerdasan sosial dalam kehidupan? Eits, kecerdasan sosial sangat membantumu untuk menjadi lebih peka dan empati dalam interaksi sosial, lho. Karena itu, yuk kenali komponen kecerdasan sosial dan pahami bagaimana ciri-ciri karakter seseorang yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi. Apakah kamu salah satunya? Temukan jawabannya di sini.
Kejujuran
Seseorang yang berperilaku jujur akan mendapatkan tiga hal: kepercayaan, cinta, dan rasa hormat. Berperilaku jujur tidak hanya pada orang lain, tapi juga pada dirimu sendiri. Yuk, mulai tanam nilai-nilai kejujuran dalam dirimu lewat program ini.
Proaktif
Sadar nggak sih, kalau ternyata meski dalam kesempitan, pasti selalu ada kesempatan? Kalau kamu menyadarinya, tandanya kamu adalah seorang proaktif. Menjadi proaktif dapat membuat hidupmu lebih efektif yang penuh inisiatif. Yuk, belajar menjadi proaktif supaya tetap optimis dan berpikir positif dalam situasi terburuk sekalipun.

Share this article