Mengenal Kecerdasan Sosial
General
December 2, 2021

Kamu pasti pernah mendengar bahwa manusia adalah makhluk sosial? Yamemang betul, karenanya untuk berinteraksi secara sosial, manusia juga perluKecerdasan Sosial atau Social Quotient (SQ).

Kecerdasan Sosial adalah kemampuan kita untuk membentuk suatuhubungan dengan orang lain. Tidak hanya itu, Kecerdasan Sosial juga kemampuan kita dalam mengelola hubungan tersebut, seperti misalnya memberikan respon yangtepat ketika berinteraksi.

Kecerdasan Sosial dibutuhkan agar kita tahu dan sadar juga kapan kita bicara, mendengar, dan bertindak ke orang lain, sehingga kita tidak salahlangkah yang membuat orang lain terluka.

Orang dengan Kecerdasan Sosial pun punya ciri-ciri tersendiri. Pertama,orang dengan mereka sangat berhati-hati dalam berkata agar tidakmenyakiti hati orang lain.

Kedua, mereka mampu mendengar untuk memahami sudut pandang oranglain. Mereka mengerti apa yang dilalui oleh lawan bicaranya.

Ketiga, mereka menerima kritikan dengan baik. Mereka melihat kritikansebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Ciri keempat, mereka tidak pernah menilai seseorang berdasarkan opiniatau pendapat orang lain. Mereka selalu mencoba untuk melihat berbagai sisidari sebuah opini, apalagi yang menyangkut orang lain.

Kelima, mereka tidak membuang-buang waktu untuk berdebat dengan oranglain. Mereka menyukai diskusi, bukan perdebatan. Sederhananya, mereka lebihmilih berdamai ketimbang memaksakan diri agar selalu benar.

Terakhir, mereka meminta maaf ketika bersalah, dan menerima maaforang lain. Orang dengan SQ tinggi paham betul rasanya sakit hati atauterluka, sehingga ketika mereka berbuat salah, saat itu juga mereka pahamrasanya. Karenanya, mereka gak segan untuk meminta maaf atau memaafkan.

Jadinya, orang dengan SQ tinggi adalah orang yang bisa mengerti posisikita saat kita jadi lawan bicaranya.

 

 

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

No items found.

Share this article