Tingkatkan Produktivitasmu dengan Metode Eat The Frog
Karir
June 14, 2022

Kamu yang merasa kurang produktif karena kesulitan menyusun prioritas, metode eat the frog bisa kamu coba untuk mulai produktif kembali. Dengan metode ini, metode yang disebut oleh Bryan Tracy, bisa membantumu untuk tetap produktif kala bekerja. Terutama masa-masa Work From Home (WFH) seperti ini, dimana hari-harimu dipenuhi oleh jadwal meeting yang membuatmu kesulitan meluangkan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kamu yang seringkali ingin melakukan banyak hal dalam sehari dan menyusun to-do-list dengan jumlah yang banyak, akan membuatmu semakin kesulitan untuk melaksanakan kegiatan tersebut, hingga mengarahkanmu pada prokrastinasi atau kebiasaan menunda yang berlebihan. Karena itu, sebelum prokrastinasi menghambat pekerjaanmu, coba terapkan metode eat the frog untuk meningkatkan produktivitas.

Apa itu metode eat the frog?

Metode eat the frog secara garis besar adalah metode dimana kita harus menyelesaikan to-do-list pekerjaan yang paling tidak kamu sukai (diistilahkan sebagai “the frog”) di awal hari atau di pagi hari. Misalnya, membuat proposal presentasi untuk klien adalah hal yang paling kamu tidak sukai ketika bekerja, maka kamu harus mengerjakan hal tersebut pertama kali di pagi hari.

Teknik ini memberikan pesan kepada semua orang "jika ingin sukses dalam hidup, mereka harus mengambil tindakan segera tanpa perlu banyak berpikir". Brain percaya jika kita konsistensi dalam mengembangkan kebiasaan menyelesaikan pekerjaan penting akan menjadi kunci kesuksesan dalam hidup.

Hal-hal yang tidak disukai pada setiap orang tentu saja berbeda, karena itu temukan dan identifikasi "the frog" milikmu terlebih dahulu.

Cara meningkatkan produktivitas dengan metode eat the frog

Untuk memudahkanmu dalam meningkatkan produktivitas dengan metode eat the frog, coba ikuti dengan baik cara meningkatkan produktivitas dengan metode eat the frog di bawah ini. Selamat mencoba!

1. Identifikasi “the frog”

Langkah ini berkaitan dengan prioritas yang kamu miliki. Cari tahu hal atau pekerjaan yang paling sulit dan yang tidak kamu sukai. Jika kamu merasa bahwa semua to-do-list pekerjaanmu begitu penting, maka coba fokus dan prioritaskan dulu. Misalnya, jika kamu perlu mengerjakan presentasi untuk klien, maka kamu dapat menyebut tugas tersebut sebagai “Frog” milikmu yang akan dieksekusi di pagi hari.

2. Eat it

Lakukan pekerjaan tersebut di awal hari, dan jangan berikan jeda untuk dikerjakan nanti. Paksa dirimu untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang telah kamu rencanakan. Berikan konsentrasi penuh dengan semangat dan motivasi yang telah kamu siapkan sebelumnya.

3. Ulangi setiap hari

Lakukan metode eat the frog ini setiap hari, dengan begitu susunan to-do-list yang sudah kamu susun akan cepat terselesaikan. Karena secara tidak langsung kamu akan terbiasa untuk melatih fokusmu sebelum teralihkan oleh sosial media dan lainnya. Sehingga, pekerjaan yang penting bagimu mampu kamu selesaikan dengan baik.

Metode eat the frog ini hanyalah satu dari sekian banyak cara untuk menghindari menunda-nunda pekerjaan atau procrastination. Kamu bisa cari tahu lebih banyak lagi di program Mindtera untuk meningkatkan produktivitasmu. Selamat produktif!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Kerja Kok Ditunda-tunda?
Siapa yang nggak asing dengan moto, "Kalau bisa besok, kenapa harus sekarang?" Hayo, ketahuan suka menunda-nunda pekerjaan, nih. Yuk, intip program kali ini, supaya kamu bisa menyadari dampak negatif kebiasaan prokrastinasi terhadap perkembangan karier. Ikuti dan terapkan dengan baik, ya.
Work vs Me Time
Kerja lembur bagai kuda sampai tidak sempat menikmati kehidupan pribadi? Hati-hati, kalau terus dibiarkan produktivitas kerja akan menurun, hingga mengganggu kesehatan. Tenang, kamu masih bisa kerja dengan happy, tanpa harus mengorbankan kehidupan pribadimu, kok. Yuk, biasakan work hard, lalu istira hard. Bagaimana caranya? Simak baik-baik di program kali ini.
Relax at Work
Seharian di depan laptop, bikin badan nyeri seharian! Tenang, kamu bisa relaksasi sejenak di tengah rutinitas kerja, tanpa harus meninggalkan tempat kerja kok. Yuk, ikuti panduan Tsamara Fahrana untuk merelaksasikan dirimu sejenak!
Burnout di Pekerjaan
Kebanyakan deadline, mengelola ekspektasi atasan, sampai permintaan klien yang nggak tahu selesainya kapan, memang bikin stress. Kalau stressmu tidak dikelola, hati-hati, jadi burnout! Ikuti program ini, biar burnout kamu bisa segera ditangani.

Share this article