Momen Puasa, Momen Melatih Mindfulness
General
April 25, 2022

Berpuasa dengan menahan hawa nafsu selama sebulan tentu melatih kita untuk bisa mengendalikan diri. Bulan ramadhan atau bulan puasa seperti ini, kita pun dianjurkan agar tidak mudah terbawa emosi. Sulit? Jelas, karena kita terbiasa reaktif terhadap berbagai situasi. Bulan puasa seperti ini seolah menguji kadar emosi kita: sedih, marah, kecewa, dan lainnya. Jika kita terbawa emosi, maka pahala puasa kita bisa berkurang lho. Sayang sekali, bukan?

Namun ada cara sederhana agar kita tidak mudah reaktif atau terbawa emosi pada bulan puasa seperti sekarang. Caranya cukup mudah: dengan berlatih mindfulness atau kesadaran. Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk sepenuhnya hadir; sadar di mana kita berada, apa yang kita lakukan, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitar kita. Jika pikiran kita sering melanglangbuana, tidak menyadari dengan keadaan saat ini, mindfulness ini penting untukmu. Manfaat mindfulness begitu beragam. Beberapa diantaranya:

1. Meningkatkan fungsi kognitif dengan mindfulness

Menurut Greenberg, 2018 dalam Massachusetts General Hospital, berlatih mindfulness diasosiasikan dengan peningkatan volume hippocampus, yaitu bagian otak kita yang berfungsi mengolah memori, mengenali objek, serta mengingat dan memahami bahasa.

2. Membantu mengurangi kebiasaan buruk

Misalnya kamu sering tidak mendengar dengan seksama temanmu yang sedang curhat. Nah dengan mindfulness, kamu bisa lebih sigap dan fokus dengan cerita mereka.

3. Menghadapi permasalahan dengan lebih tenang

Dengan mindfulness, kamu tidak akan mudah terbawa oleh pikiran-pikiran burukmu ketika menghadapi masalah. Jadi ketika menghadapi masalah, kamu akan jauh lebih tenang dan tidak stress.

Mindfulness memberi jeda untuk pikiran kita untuk bisa beristirahat dari segala rutinitas kita, sehingga kita bisa lebih tenang. Mindfulness begitu mudah, kamu hanya cukup menyadari atau membawa pikiranmu ke kondisi saat ini. Ketika kamu dihadapkan pada sebuah situasi, cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyadari nafasmu. Sadari tiap tarikan dan hembusan nafas yang kamu lakukan. Cara ini membawamu untuk lebih mindful dan membawa pikiranmu ke momen saat ini, jadi tidak overthingking.

Yuk pelajari lebih lanjut cara melatih mindfulness di program Easy Mindful Living bersama Mindtera di sini.

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Easy Mindful Living
Kita seringkali lupa untuk mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup ketika larut dalam rutinitas. Dengan program ini, kita belajar mensyukuri diri dengan menikmati momen di sekitar melalui aktivitas mindfulness bersama Tsamara Fahrana.
Mindfulness sebagai Jangkar Kesejahteraan
Ingin hidupmu lebih sejahtera tanpa stress? Kenali seluk beluk mindfulness bersama Indradi Soemardjan di program ini. Semoga dapat menginspirasimu untuk mempraktikkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.
Living a Mindful Life
Kamu susah fokus? Atau sering menunda pekerjaan? Ini saatnya kamu belajar tentang mindfulness bersama Tsamara Fahrana.
Latihan Kesadaran
Dalam keseharian, sudahkah kamu mindful dalam beraktivitas? Simak program ini, untuk melatih diri supaya hadir pada momen saat ini dalam beraktivitas. Ikuti dan terapkan dengan baik, ya.

Share this article