Pentingnya Nilai-Nilai Perusahaan untuk Mengembangkan SDM
Karir
July 4, 2022

Di tengah persaingan yang semakin kompetitif antar perusahaan, value perusahaan menjadi semakin penting untuk dijadikan sebagai pondasi. Value perusahaan yang terbentuk akan membantu dalam merancang strategi dan pengelolaan SDM di perusahaan. Dengan begitu, perusahaan pun dapat berkembang secara berkelanjutan.

Oleh karena itu, agar setiap karyawan atau bagian dari perusahaan dapat menjalankan fungsinya masing-masing secara efektif dan efisien, maka harus mengetahui bagaimana cara mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan benar. Termasuk cara dalam berperilaku di dalam perusahaan sebagai anggota, khususnya di lingkungan perusahaan.

pentingnya nilai perusahaan

Peran dan pentingnya value perusahaan

Melihat betapa pentingnya value perusahan sebagai pondasi, simak beberapa peran dan pentingnya value perusahaan untuk mengembangkan SDM di bawah ini:

1. Mempengaruhi perilaku karyawan di perusahaan

Bila nilai perusahaan telah tertanam kuat, maka setiap sumber daya manusia di perusahaan tersebut akan menerapkan serangkaian perilaku selaras dengan nilai yang dipegang teguh.

Berdasarkan data penelitian oleh Deloitte, 94% eksekutif dan 88% karyawan percaya nilai & budaya perusahaan sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Survei Deloitte juga menemukan bahwa ada korelasi kuat antara karyawan yang mengaku merasa bahagia dan dihargai di tempat kerja, dengan mereka yang mengatakan perusahaan mereka memiliki nilai & budaya yang kuat.

2. Membangun tim kerja yang powerful

Dalam proses rekrutmen, tentu setiap perusahaan memastikan bahwa mereka mempekerjakan orang yang tepat. Namun, seperti yang dilansir oleh Forbes, skill individu yang memenuhi kualifikasi tidaklah cukup. Karena nilai individu yang tidak selaras dengan nilai perusahaan, seringkali tidak membawa perubahan pada perusahaan, sehingga menghabiskan waktu, energi, emosi, serta sumber daya yang berharga.

Sebaliknya, jika para karyawan selaras dengan nilai perusahaan, mereka akan membangun kehadiran yang kuat di industri, menavigasi perubahan dengan lebih berhasil, dan bahkan mungkin dapat mendominasi pesaing.

3. Meningkatkan perekrutan dan retensi karyawan

Karyawan seringkali menginginkan bekerja di perusahaan yang nilai-nilainya selaras dengan nilai-nilai mereka sendiri. Ketika perusahaan dengan jelas berpegang teguh nilai-nilainya, akan lebih mudah untuk menarik kandidat yang merasa cocok dan selaras dengan budaya perusahaan tersebut.

Selain itu, perusahaan yang secara konsisten berpegang pada nilai-nilainya juga menunjukkan integritas, dimana hal itu dapat mendorong karyawan untuk bertahan dengan perusahaan bahkan ketika keadaan menjadi sulit.

Karena value perusahaan merupakan suatu pondasi penting dalam mencapai tujuan bersama, maka pastikan value perusahaan tertanam dengan baik pada setiap anggota perusahaan. Semakin banyak karyawan yang selaras dengan nilai perusahan, dan semakin besar komitmen mereka pada value tersebut, maka akan semakin kuat budaya dalam perusahaan.

Jika ingin mengevaluasi apakah value di perusahaanmu sudah terimplementasikan dengan baik atau tidak, gunakan HR Analytical Dashboard dari Mindtera. HR Dashboard dari Mindtera dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memudahkanmu untuk mengelola, memantau, serta mengembangkan karyawan agar selaras dengan value perusahaan. Kamu dapat mengajukan demo HR Dashboard sekarang juga!

Share this article