Refleksi Diri untuk Mengukur Kemampuan Pengendalian Diri
General
April 7, 2022

Rasanya memasuki bulan puasa itu momen yang cocok untuk refleksi diri, ya? Selain untuk menjadi diri yang lebih baik, refleksi diri juga dapat membantumu untuk mengevaluasi sejauh mana kamu sudah berhasil mengendalikan diri. Terlebih lagi, di bulan puasa kemampuan mengendalikan diri sangat penting untuk dikembangkan.

Nah, sekarang coba kamu ingat kembali, kebiasaan kurang baik apa yang sudah berhasil kamu tinggalkan. Mungkin, yang biasanya kamu mudah emosi saat berada di situasi yang nggak menyenangkan, sekarang kamu lebih bisa mengontrolnya dengan baik. Tapi, kalau saat ini belum sepenuhnya berhasil kamu tinggalkan, berhasil menguranginya pun sudah patut untuk kamu apresiasi. Untuk kedepannya, usahakan kembali untuk menguranginya hingga benar-benar berhasil kamu tinggalkan, ya!

Memang nggak mudah saat berada di situasi yang nggak menyenangkan. Rasanya begitu sulit menahan diri untuk meluapkan rasa amarah, sedih, atau kecewa. Karena itu, kamu harus berkomitmen untuk mengikuti sesuai batasan dan aturan yang sudah kamu buat. Kalau sebelumnya, kamu belum bisa berkomitmen dalam menaatinya, nggak apa-apa, jadikan bulan puasa ini sebagai momen yang tepat untuk melatih pengendalian diri. Percayalah, untuk kedepannya pun akan terasa lebih mudah dalam membantumu mengendalikan diri. Dengan begitu, kesehatan mental dan fisik, serta finansialmu akan tetap terkendali.

Eits, nggak hanya itu, berpikir sebelum melakukan sesuatu juga penting lho dalam pengendalian diri. Sekarang, coba tanyakan ke dirimu sendiri, sudahkah kamu menyisihkan waktu untuk berpikir sejenak saat akan melakukan sesuatu. Ingat, bersikap impulsif biasanya akan membawamu pada penyesalan. Oleh karenanya, mulai saat ini biasakan dirimu untuk mempertimbangkan baik buruknya apabila kamu melakukan sesuatu. Kalau kamu sudah berhasil mengurangi sikap impulsif, selamat! Tetap pertahankan, ya. Terus latih dirimu untuk mengembangkan kemampuan pengendalian diri.

Semoga dengan kamu mengukur kemampuan pengendalian diri, dapat mendukungmu dalam menjadi versi terbaik diri. Inilah kesempatanmu untuk memperbaiki diri dengan melatih pengendalian diri. Yuk, kendalikan dirimu demi versi diri yang lebih baik!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Pengendalian Diri
Orang terkuat adalah bukan yang mampu melawan orang lain, melainkan yang mampu melawan dirinya sendiri. Yuk, jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri dengan belajar self control.
Self Awareness
Seberapa paham kamu dengan dirimu sendiri? Kalau kamu belum bisa menjawabnya, maka program self-awareness ini siap membantumu untuk mengenali dan memahami dirimu sendiri. Menemukan kelemahan, kekuatan, serta potensi dalam dirimu.
Living a Mindful Life
Kamu susah fokus? Atau sering menunda pekerjaan? Ini saatnya kamu belajar tentang mindfulness bersama Tsamara Fahrana.
Easy Mindful Living
Kita seringkali lupa untuk mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup ketika larut dalam rutinitas. Dengan program ini, kita belajar mensyukuri diri dengan menikmati momen di sekitar melalui aktivitas mindfulness bersama Tsamara Fahrana.

Share this article