Suka Kalap Makan saat Buka Puasa? Terapkan Mindful Eating!
General
April 19, 2022

Bulan Ramadhan, atau biasa disebut dengan bulan puasa, memang penuh dengan momen-momen spesial. Tidak ada yang mengalahkan indahnya menahan hawa nafsu haus dan lapar dari matahari terbit hingga terbenam, dan dilanjutkan dengan berbuka puasa dengan memakan camilan favorit kita. Namun begitu, selayaknya nilai bulan puasa berupa menahan hawa nafsu, momen beruka puasa pun menguji kita bagaimana kita menahan nafsu agar tidak kalap saat berbuka puasa.

Berbuka puasa secara berlebihan nyatanya membawa berbagai dampak buruk untuk kita. Dengan perut yang berawal kosong menjadi terlampau penuh, kita jadi cenderung merasa lemas dan mengantuk, hingga beribadah pun jadi terasa sulit. Berbuka puasa secara berlebihan juga akan membuat kita mudah mual dan terganggunya sistem pencernaan. Jadi tidak heran, banyak pakar medis tidak menyarankan berbuka puasa secara berlebihan.

Lalu, bagaimana mengatasi kalap makan saat buka puasa?

Salah satu caranya adalah dengan mindful eating atau makan dengan kesadaran. Mindfulness sendiri adalah kemampuan dasar manusia untuk sepenuhnya hadir; sadar di mana kita berada, apa yang kita lakukan, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitar kita.

Jika diaplikasikan dengan kegiatan makan saat berbuka puasa, makan dengan mindful akan membantu kita untuk lebih sadar dengan segala kegiatan makan kita: mulai dari rasa, jumlah kunyahan, hingga seberapa banyak porsi yang kita makan menjadi tidak berlebihan saat berbuka puasa.

Mindful eating pun dapat dengan mudah kamu lakukan. Sebelum memulai makan, cobalah untuk ambil jeda selama beberapa saat dengan memberikan perhatian penuh pada makanan atau minuman yang ada di hadapanmu. Perhatikan bentuk, aroma, warna, serta teksturnya. Ambil atau gigitlah porsi yang kecil lebih dulu. Kunyahlah dengan lembut. Perhatikan juga teksturnya saat kita mengunyahnya. Kamu juga bisa melanjutkannya dengan mengidentifikasi, kira-kira apa saja bahan atau bumbu yang ada di dalamnya. Yang tidak kalah penting, makanlah dengan teratur dan tidak terburu-buru. Jadikan momen berbuka puasa ini sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Nah, kalau sebelumnya kamu terbiasa makan sambil menonton TV, bermain gadget, atau sambil beraktivitas lainnya, coba hilangkan kebiasaan tersebut. Karena tanpa kamu sadari distraksi yang mengalihkan perhatianmu saat makan, dapat membuatmu tidak mudah kenyang. Dengan begitu, kamu pun tidak akan berhenti untuk makan meski sebetulnya kamu sudah tidak merasa lapar lagi.

Terakhir, ketika sudah selesai berbuka puasa, jangan lupa untuk bersyukur ya. Kamu dapat menikmati makanan setelah menahan rasa lapar dan haus seharian, patut kamu syukuri juga, bukan?

Kalau kamu ingin berlatih hidup mindful dalam sehari-hari, coba ikuti program Easy Mindful Living dari Mindtera. Percaya deh, hari-harimu akan jauh lebih bermakna!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Easy Mindful Living
Kita seringkali lupa untuk mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup ketika larut dalam rutinitas. Dengan program ini, kita belajar mensyukuri diri dengan menikmati momen di sekitar melalui aktivitas mindfulness bersama Tsamara Fahrana.
Mindfulness sebagai Jangkar Kesejahteraan
Ingin hidupmu lebih sejahtera tanpa stress? Kenali seluk beluk mindfulness bersama Indradi Soemardjan di program ini. Semoga dapat menginspirasimu untuk mempraktikkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.
Living a Mindful Life
Kamu susah fokus? Atau sering menunda pekerjaan? Ini saatnya kamu belajar tentang mindfulness bersama Tsamara Fahrana.

Share this article