Sulit Fokus saat Bekerja? Ini 5 Cara Agar Tetap Konsentrasi!
Karir
May 17, 2022

Kombinasi rasa lapar, haus, dan kantuk mungkin saja bisa menggangu pekerjaanmu. Tapi, nggak mungkin dong hanya karena rasa lapar dan kantuk, kamu menjadi bermalas-malasan seharian. Bisa-bisa, deadline kerjaanmu semakin menumpuk. Nah tenang aja, Mindy punya 5 cara menjaga konsentrasi dan fokus saat bekerja yang bisa kamu ikuti:

1. Miliki tidur yang berkualitas

Kamu tentu tahu betul, kalau jam tidur yang kurang dapat mengganggu daya pikirmu. Termasuk kemampuan berkonsentrasi. Karena itu, pastikan jam tidurmu paling tidak 7-8 jam lamanya. Eits, nggak hanya itu. Tidur yang berkualitas nggak bisa hanya diukur dengan seberapa lama kamu tertidur, tapi juga bagaimana kamu dapat tertidur dalam waktu 15-20 menit semenjak kamu berbaring.

Kalau kamu merasa kesulitan memiliki tidur yang berkualitas, coba dengarkan JEDA di aplikasi Mindtera. Percaya deh, pikiranmu akan lebih fresh, tenaga terisi kembali, dan mood menjadi lebih baik. Dengan begitu, fokusmu dalam bekerja pun akan tetap terjaga.

2. Rilis stres dengan journaling

Nggak jarang, sulit fokus datangnya dari pikiran penuh yang berujung stres. Kalau stres tidak segera diatasi, hati-hati, semakin lama akan mengganggu kinerjamu. Karenanya, di tengah padatnya rutinitas yang menguras emosi dan pikiranmu, sempatkan journaling. Dengan melakukan journaling, kamu akan menyadari hal-hal tidak menyenangkan yang terjadi sehari-hari. Kamu bisa juga mengekspresikan pikiran dan perasaanmu dengan bebas. Dengan begitu, emosimu pun akan tersampaikan dengan cara yang positif. Yuk, mulai journaling sekarang!

3. Relaksasi badanmu sejenak

Jaga fokusmu dengan mengizinkan diri untuk melakukan relaksasi sejenak. Mungkin kamu lupa, relaksasi di tengah penatnya hari bisa membuatmu melangkah lebih jauh lagi. Pekerjaan memang penting, namun perasaan nyaman dan santai juga harus kamu dapatkan. Akibat dari ketidakmampuan untuk berelaksasi bisa menyebabkan sakit kepala dan stres, lho. Itulah mengapa, penting untuk merelaksasikan diri di harimu yang sibuk. Tenang aja, kamu bisa relaksasi sejenak tanpa harus meninggalkan tempat kerja kok.

4. Mengambil jeda

Urusan pekerjaan, keluarga, pertemanan, bisa sangat menyita waktu dan memaksa kepala kita untuk membagi fokus terhadap banyak hal. Dalam padatnya rutinitas tersebut, sudahkah kamu meluangkan waktu untuk mengambil jeda sejenak? Inilah saatnya, mendengarkan dan memperhatikan diri dengan mengambil jeda. Mengambil jeda nggak harus berjam-jam kok, 5-10 menit sudah cukup untukmu beristirahat. 

Jangan lupa pastikan kamu berada di posisi ternyamanmu saat mengambil jeda, ya. Biarkan pikiranmu tenang dan rilis segala emosi yang kamu rasakan. Dengan begitu, kamu akan lebih siap untuk produktif kembali. Kamu juga bisa melatih fokusmu lewat beragam audio JEDA dari Mindtera, lho!

5. Sulit fokus sampai berujung burnout?

Burnout adalah keadaan kelelahan emosional, fisik, dan mental yang disebabkan oleh stres yang berlebihan dan berkepanjangan. Burnout biasanya terjadi saat kamu merasa kewalahan, terkuras secara emosional, dan tidak mampu memenuhi tuntutan terus-menerus. Nah, kalau sulit fokusmu nggak segera teratasi, hati-hati burnout mungkin bisa saja terjadi padamu. Kamu bisa mengatasi burnout dengan mengikuti program Burnout di Pekerjaan dari Mindtera, nih. Selamat mencoba!

Jadi, jangan sampai pekerjaanmu terbengkalai hanya karena sulit fokus saat rasa lapar dan kantuk menyerang, ya. Deadline kerjaan tiada hanti? Siapa takut? Kan ada progam-program Mindtera yang siap membantumu di kala penat~

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Burnout di Pekerjaan
Kebanyakan deadline, mengelola ekspektasi atasan, sampai permintaan klien yang nggak tahu selesainya kapan, memang bikin stress. Kalau stressmu tidak dikelola, hati-hati, jadi burnout! Ikuti program ini, biar burnout kamu bisa segera ditangani.
Relax at Work
Seharian di depan laptop, bikin badan nyeri seharian! Tenang, kamu bisa relaksasi sejenak di tengah rutinitas kerja, tanpa harus meninggalkan tempat kerja kok. Yuk, ikuti panduan Tsamara Fahrana untuk merelaksasikan dirimu sejenak!
5 Menit Gerak Untuk Badan Sehat!
Sibuk kerja, nggak sempat olahraga? Cukup luangkan waktu 5 menit untuk program ini, kamu bisa melakukan peregangan sederhana untuk badan. Yuk, mulai gerak untuk badan sehat. Badan sehat, produktivitas meningkat.
Kerja Kok Ditunda-tunda?
Siapa yang nggak asing dengan moto, "Kalau bisa besok, kenapa harus sekarang?" Hayo, ketahuan suka menunda-nunda pekerjaan, nih. Yuk, intip program kali ini, supaya kamu bisa menyadari dampak negatif kebiasaan prokrastinasi terhadap perkembangan karier. Ikuti dan terapkan dengan baik, ya.

Share this article