Sulit Menerima Diri Sendiri? Coba Terapkan Ini!
General
April 7, 2022

Kadang tanpa disadari, kita cenderung lebih mudah mengidentifikasi kekurangan diri sendiri daripada kelebihan yang dimiliki. Coba sekarang tanyakan pada dirimu sendiri, “Apa kekurangan diri yang kamu punya?” nggak butuh waktu lama untuk menjawabnya, kan? Coba kalau sekarang tanyakan lagi, “Apa kelebihan diri yang kamu miliki?” kamu merasa kesulitan untuk mendeskripsikannya, kan? Atau, kamu sendiri sudah tahu jawabannya, tapi ragu untuk mengakuinya? Nah, hati-hati, kalau kamu terbiasa fokus pada kesalahan dan kekurangan diri, secara nggak langsung akan menanamkan mindset kalau kamu nggak mampu melakukan sesuatu dengan baik. Kalau sudah begini, akan membuatmu sulit menerima diri sendiri, lho.

Nah, pas banget kali ini Mindy akan mengupas tuntas apa itu penerimaan diri atau self acceptance, nih. Simak baik-baik, ya!

Apa itu Penerimaan Diri?

Self-acceptance yang sebenarnya adalah menerima dirimu tanpa kualifikasi apa pun, kondisi, dan pengecualian sama sekali. Artinya, menerima bahwa kamu adalah makhluk yang bisa merasakan emosi kompleks, memahami hal yang kamu lakukan secara sadar, lalu menerima atau bahkan mengembangkan diri dari sana. 

Nah, ciri-ciri orang yang sudah menerima dirinya sendiri, saat ditanya soal kekurangan diri nggak akan merasa malu dan rendah diri. Bahkan, nggak jarang kekurangan yang dia miliki dijadikan sebagai komedi untuk menghibur banyak orang, seperti para komedian yang sering kamu tonton. Ternyata, nggak ada salahnya ya, mengubah tragedi menjadi komedi. Tertarik untuk mencoba?

Terus, Bagaimana dengan Orang yang Belum Mampu Menerima Diri Sendiri?

Kalau kamu adalah salah satunya, nggak apa-apa, inilah kenapa Mindy ada untukmu di sini. Sudah saatnya kamu menjadi versi terbaik diri, dengan menerima diri sendiri terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Terapkan cara menerima diri sendiri di bawah ini, yuk!

1. Susun daftar kelebihan dan kekurangan diri

menerima diri sendiri dengan menyusun kelebihan dan kekurangan

Sisihkan waktumu sebentar untuk merefleksikan diri. Coba tulis pada selembar kertas atau jurnal kesayanganmu, apa saja yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu. Nggak perlu ragu-ragu, tuliskan saja apa yang ada di pikiranmu. Kalau kamu merasa kesulitan, nggak ada salahnya minta bantuan ke orang-orang terdekatmu. Karena terkadang, orang lain lah yang paling mengenal diri kita.

2. Menerima kekurangan diri

Setelah kamu membuat daftarnya, pada daftar kekurangan diri pilah kembali mana yang bisa kamu perbaiki dan mana yang nggak bisa diperbaiki. Misalnya, kalau kekuranganmu menyangkut soal skill atau kemampuan dalam suatu bidang, kamu bisa memperbaikinya dengan berlatih untuk mengembangkan diri. Jadi, kamu hanya perlu fokus pada kekurangan-kekurangan yang bisa kamu perbaiki dan mampu mendorongmu dalam mengembangkan diri. Kalau kekurangan yang kamu miliki memang sesuatu yang nggak bisa diubah, nggak apa-apa, kamu hanya perlu menerimanya dan menyadari bahwa itu nggak mengurangi nilai dirimu.

3. Sadari bahwa manusia itu memiliki keterbatasan

Dengan kamu membuat daftar kelebihan dan kekurangan diri, kamu akan menyadari bahwa pada akhirnya manusia nggak bisa menjadi sempurna dan nggak ada manusia yang nggak diberkahi kelebihan diri. Karena itu,  manfaatkan sebaik mungkin kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki dalam proses belajar dan bertumbuh. 

Mindy tahu, memang ini nggak mudah untuk dilakukan. Kamu mungkin merasa kehilangan arah saat mengenali dirimu sendiri. Nggak apa-apa, Mindy selalu siap menemanimu dalam berproses kok. Kamu bisa mengikuti program pilihan Mindtera di sini. Selamat belajar dan bertumbuh ya, Teman Mindy!

Supaya kamu mampu mencintai dan menerima diri sendiri tanpa salah arti, simak wisdom talk di bawah ini, yuk!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Penerimaan Diri
Trauma masa lalu mungkin menyebabkanmu kesulitan menerima diri sendiri. Di program ini, akan membantumu untuk berdamai dan menerima semua baik buruknya dirimu secara utuh.
Self Forgiveness
Self forgiveness adalah salah satu cara seseorang untuk dapat menjalani hidup dengan lebih baik dan positif. Memaafkan diri sendiri memang proses pendewasaan diri yang tidak mudah, tapi program dari Mindtera akan menemani dalam setiap prosesmu.
Self Worth
Siapa yang paling mengerti diri kamu sendiri? Siapa yang paling dekat dengan diri kamu sendiri? Ya, jawabannya adalah kamu. Karena itu lah, orang pertama yang harus menyadari bahwa kamu berharga adalah diri kamu sendiri. Yuk, sayangi dirimu dengan menumbuhkan self worth melalui program kali ini!
Mencintai Diri Sendiri
Mencintai diri sendiri tidak berarti egois dan memanjakan diri, lho. Kenali perbedaannya dan cari tahu bagaimana cara untuk mulai membangun self-love bersama Emmy Kuswandari di program ini.

Share this article