Temukan dan Maksimalkan Kelebihan Dirimu!
General
January 19, 2022

Pernah nggak sih, ketika bercermin, bukannya merasa bahagia kamu justru merasa malu dan rendah diri? Atau, pernah nggak kamu bosan karena merasa hidupmu jalan di tempat? Kamu juga belum menemukan tujuan hidupmu? Jika jawabanmu iya, sudah saatnya kamu mengenali nilai dirimu, agar mengetahui kelebihan diri yang kamu miliki.

Kelebihan diri sendiri bisa kamu temukan selama kamu mengenali nilai dirimu. Nilai diri yang kita punya akan sangat membantu kita untuk dapat menerima apa pun yang ada dalam diri kita, sehingga kita mulai bisa menemukan satu per satu kelebihan diri.

Perasaan berharga ini kerap kali dikaitkan dengan materi yang kita punya, padahal tidak harus begitu, lho. Kelebihan diri serta perasaan berharga bukan diukur dari apa yang kita miliki atau seperti apa penampilan kita. Kelebihan diri juga tidak tergantung pada apa yang orang katakan tentang kita. Dengan keadaan dan kondisi kita apa adanya, kita tetaplah berharga dan cukup. Tidak harus menunggu sempurna kok, untuk bisa mengenali kelebihan diri dan menghargai diri sendiri.

Terus bagaimana ya, cara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri?

1. Trace back hidupmu.

Kita telusuri dulu apa saja penyebab dari masa lalu yang membuat kita tidak bisa melihat kelebihan diri kita. Apakah mungkin karena sejak kecil kita diperlakukan tidak adil? Atau sering dibanding-bandingkan hingga membuat kita mempertanyakan harga diri kita?

2. Perlakukan dirimu secara berbeda.

Setelah tahu apa penyebabnya, kini saatnya kamu memperlakukan dirimu secara berbeda. Jika kamu tumbuh dalam pola asuh yang kurang menyayangimu, kamu bisa mulai mencoba untuk lebih menyayangi dirimu sendiri. Apresiasi semua hal baik yang sudah kamu lakukan. Terus afirmasi dan ucapkan terima kasih pada diri sendiri atas semua usaha dan kerja kerasmu.

3. Kumpulkan segala hal menarik tentangmu.

Kamu juga punya kelebihan diri yang unik.

Coba kumpulkan dan tulis apa saja yang menjadi kelebihan diri yang kamu miliki. Kamu bisa bertanya pada orang-orang di sekitarmu. Catat jawaban mereka dan jadikan sebagai pengingat ketika kamu merasa tidak percaya diri. Mungkin selama ini kamu lupa bahwa kamu adalah seorang pendengar yang baik, atau masakan buatanmu disukai oleh teman-temanmu.

4. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain.

Membandingkan diri dengan orang lain membatasimu untuk melihat kelebihan dirimu.

Semakin kamu sering membandingkan diri, semakin sulit kamu menemukan kelebihan dirimu. Kamu akan cenderung merasa kurang dan lebih rendah dari siapa pun. Padahal, setiap manusia itu berbeda, jadi tidak untuk dibanding-bandingkan. Saat membandingkan diri dengan orang lain, kita akan cenderung melihat orang lain lebih baik. Apa yang ada pada diri mereka kita pandang sebagai kelebihan, sedangkan yang kita miliki adalah kekurangan.

Yuk saatnya kamu tahu kelebihan dirimu dengan mengenali nilai-nilai yang ada dalam diri. Untuk membantumu menemukan kelebihan diri, kamu bisa belajar melalui program Kenali Nilai Dirimu dari Mindtera di sini.


Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Finding Your Own Purpose
Layaknya perjalanan, hidup membutuhkan peta dan tujuan supaya tidak tersesat atau berhenti di tengah jalan. Temukan tujuan hidupmu dengan menyaksikan perjalanan seorang I Made Janur Yasa dalam menemukan tujuan hidupnya, hingga mampu berdampak bagi lingkungan sekitarnya.
Purpose
Kerap kali kita tidak tahu kemana hidup kita tertuju. Namun sebenarnya, tujuan hidup bisa ditentukan dari sekarang. Melalui program ini, Mindtera akan mengajakmu belajar menemukan tujuan hidupmu.
Life is Series of Choices
Masih ragu dalam mengambil suatu keputusan? Karena hidup adalah serangkaian pilihan yang telah kita buat, pertimbangkan dan tentukan pilihanmu dengan berani. Untuk tahu lebih lanjut, simak baik-baik wisdom talk dari seorang Budiman Ong mengenai keputusan dalam hidup. Di sini, kamu juga bisa mendapatkan tips cara menentukan pilihan dalam hidup dari seorang Budiman Ong, lho!

Share this article