Tips Bekerja dalam Tim Untuk Kamu yang Introvert
Karir
June 14, 2022

Di lingkungan kerja yang dituntut untuk berinteraksi antar satu tim, terkadang membuat seorang introvert kehabisan energi dalam melakukannya. Sehingga, seorang introvert saat bekerja di kantor cenderung mengalami kesulitan dalam bekerjasama karena keengganan mereka dalam mengungkapkan ide dan pendapat mereka di dalam forum. Oleh karena itu, banyak orang yang menilai bahwa seorang introvert selalu bersikap apatis, cenderung pasif, hingga sulit bekerjasama dalam tim.

Kalau begitu, apa benar introvert = sulit bekerja dalam tim?

Eits, belum tentu. Seorang introvert yang cenderung lebih pendiam, enggan bicara banyak, tenang, dan tidak mudah berinteraksi dengan orang baru, bukan berarti sulit bekerjasama dalam tim. Seorang introvert bukannya tidak ingin berbaur dengan rekan kerja, melainkan mereka butuh waktu dan energi lebih untuk nyaman berinteraksi dalam bekerja.

Seorang introvert juga bukan tidak mampu bersosialisasi, hanya saja biasanya mereka lebih memilih berada dalam kelompok kecil daripada dalam sebuah kelompok besar. Hal tersebut dikarenakan mereka lebih menghargai kualitas hubungan daripada kuantitas hubungan. 

Bahkan, menurut sebuah studi tahun 2012 oleh Corinne Bendersky dan Neha Shah yang diterbitkan dalam jurnal Academy of Management, orang-orang introvert bekerja dengan sangat baik dalam proyek grup. 

Jadi, kemampuan sosial dan kepribadian introvert sebenarnya tidak saling berkaitan. Karakteristik introvert sebenarnya bisa memberikan kontribusi terhadap kesuksesan, karena orang-orang introvert biasanya lebih teliti dan teratur dalam melakukan penelitian, membaca, merencanakan sesuatu, dan tugas-tugas lainnya yang membutuhkan konsentrasi dan ketenangan.

tips bekerja untuk introvert

Tips kerjasama dalam tim untuk introvert

Meski demikian, kalau kamu seorang introvert yang merasa kesulitan bekerjasama dalam tim, coba ikuti tips kerjasama dalam tim untuk introvert di bawah ini:

1. Rencanakan apa yang kamu presentasikan

Seorang introvert yang juga dikenal lebih berhati-hati dan butuh waktu untuk berpikir sebelum berbicara, seringkali tidak nyaman saat menghadiri meeting

Namun, tenang saja kamu dapat mengatasinya dengan merencanakan apa yang ingin kamu presentasikan ke depannya. Hal ini akan memudahkanmu dalam meeting dan membuatmu merasa menjadi bagian dari diskusi. Fokuskan dirimu pada persiapan penuh dan pikirkan segala aspek hingga mendetail sebelum memulai presentasi. Kamu juga bisa berlatih berbicara dengan percaya diri melalui program dari Mindtera, lho!

2. Manfaatkan kelebihanmu sebagai introvert

Kamu yang dikenal sebagai pendengar yang baik, manfaatkan kemampuanmu itu dalam bekerjasama dengan tim. Dengarkan dan perhatikan secara seksama di tiap forum yang berlangsung. Dengan begitu, miskomunikasi pun akan minim terjadi.

Kamu juga perlu menekankan bahwa seorang introvert memiliki kelebihan untuk berpikir dalam diam ketika yang lain sedang sibuk berbicara. Pastikan dirimu menjadi sumber ide dan solusi ketika pembicaraan dan diskusi tidak menemui titik temu.

3. Komunikasikan dengan leader

Mungkin, buat kamu yang terbiasa menutup diri untuk menceritakan kendala yang kamu alami, cobalah untuk sedikit terbuka dengan pemimpinmu. Dengan begitu, saat pemimpin terbiasa dengan gaya kerja anggota timnya, maka ia pun dapat membantu masing-masing anggota timnya lebih produktif dan membangun kerja sama tim yang baik. 

Memang, menjadi seorang introvert yang dituntut untuk bekerja tim di kantor mungkin menjadi tantangan untukmu. Tapi tenang, kepribadian seseorang tidak mempengaruhi kesuksesan, kok. Ini hanyalah tentang kemauan untuk belajar dan usaha yang gigih. Jadi, jangan biarkan potensimu terhalangi oleh kepribadianmu, ya!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Self Awareness
Seberapa paham kamu dengan dirimu sendiri? Kalau kamu belum bisa menjawabnya, maka program self-awareness ini siap membantumu untuk mengenali dan memahami dirimu sendiri. Menemukan kelemahan, kekuatan, serta potensi dalam dirimu.
Berbicara Dengan Percaya Diri
Kamu akan lebih percaya diri berbicara di depan umum dengan teknik-teknik yang bisa kamu pelajari dari Ryu Deka di program ini.
Seni Berbicara Tanpa Persiapan
Ada jadwal presentasi mendadak, tapi belum sempat mempersiapkan diri? Tenang, ada teknik rahasianya! Pahami teknik-teknik berbicara tanpa persiapan di depan umum, di program ini. Ikuti dan terapkan dengan baik, maka presentasi dengan memukau akan menjadi milikmu sepenuhnya.
Mengenal Kecerdasan Sosial
Apa pentingnya sih kecerdasan sosial dalam kehidupan? Eits, kecerdasan sosial sangat membantumu untuk menjadi lebih peka dan empati dalam interaksi sosial, lho. Karena itu, yuk kenali komponen kecerdasan sosial dan pahami bagaimana ciri-ciri karakter seseorang yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi. Apakah kamu salah satunya? Temukan jawabannya di sini.

Share this article