Tips Mengatasi Bosan Hidup
General
January 19, 2022

Kerap kali dalam menjalani rutinitas, kita merasa bosan. Hidup terasa begini-begini saja. Terutama ketika kita mulai membandingkan diri dengan rekan yang lebih sukses. Kita pun menjadi terpuruk dan mendapati diri kita seolah tidak punya kelebihan. Perasaan bosan hidup pun muncul.


Merasa stuck dalam menjalani kehidupan terjadi karena kita belum menemukan tujuan hidup. Selain itu, kita sering kurang bersyukur terhadap apa pun yang kita miliki selama ini. Rasa takut dan ragu akan kemampuan diri juga menjadi penyebab lain perasaan stuck dan bosan hidup muncul dalam diri kita.


Mungkin kamu pernah atau sedang mencari cara mengatasi perasaan stuck dan bosan hidup . Lalu, apa kamu sudah menemukan jawabannya? Untuk mengatasi hal ini, sebetulnya tidaklah sulit. Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk meredam rasa bosan hidup. Yuk, simak!


1. Buat daftar hal-hal yang kamu pernah lakukan dan syukuri.

Membuat daftar hal-hal positif yang kamu pernah lakukan akan membantumu untuk menemukan kembali nilai dalam hidupmu, sehingga kamu bisa melihat progress dalam dirimu. Mungkin saja kamu jadi menemukan bahwa selama ini sudah banyak keinginanmu yang tercapai, atau bahkan banyak orang yang sudah kamu tolong. Kamu jadi lebih menyadari bahwa hidupmu sudah berjalan lebih baik dari yang kamu pikir selama ini.

2. Coba hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan.

Ingat, dengan mengeksplor hal-hal baru, bukan hanya ada pengalaman dan kesan berbeda yang bisa kamu dapat, melainkan juga pelajaran yang dapat menambah nilaimu sebagai manusia yang terus berkembang, serta tujuan hidup yang baru. Jangan lupa, mencoba hal baru dapat menjadi ajang bagimu untuk bertemu dengan teman baru, lho.

3. Lihat kegagalan sebagai pelajaran.

Gagal itu manusiawi kok! Rintangan yang kamu alami suatu hari nanti bisa jadi kenangan yang menarik, yang bisa kamu bagikan kepada orang lain, atau bahkan kepada dirimu sendiri sebagai pengingat progress-mu. Beranikan diri untuk bangkit dan berusaha kembali. Bedanya, kali ini kamu tidak memulai dari nol lagi. Kamu punya pelajaran untuk membantumu lebih kuat mencapai apa pun yang sedang kamu usahakan.

4. Belajar menemukan tujuan hidup.

Menemukan tujuan hidup berarti menemukan hal yang bisa menjadi penyemangat harimu, dan menemukan potensi diri yang bisa kamu banggakan kelak. Belajar cara menemukan tujuan hidup bisa kamu lakukan di sini.


Mindtera juga punya banyak rekomendasi program menarik yang dapat membantumu lebih yakin dalam mengambil keputusan untuk mengubah hidupmu. Yuk, tonton di sini.


Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Life is Series of Choices
Masih ragu dalam mengambil suatu keputusan? Karena hidup adalah serangkaian pilihan yang telah kita buat, pertimbangkan dan tentukan pilihanmu dengan berani. Untuk tahu lebih lanjut, simak baik-baik wisdom talk dari seorang Budiman Ong mengenai keputusan dalam hidup. Di sini, kamu juga bisa mendapatkan tips cara menentukan pilihan dalam hidup dari seorang Budiman Ong, lho!
Purpose
Kerap kali kita tidak tahu kemana hidup kita tertuju. Namun sebenarnya, tujuan hidup bisa ditentukan dari sekarang. Melalui program ini, Mindtera akan mengajakmu belajar menemukan tujuan hidupmu.
Kenali Nilai Dirimu
Yakin deh, kalau kamu sudah mengenal nilai dirimu, hidupmu akan lebih bermakna. Program ini, dibuat khusus untuk membantu kamu lebih percaya diri menghadapi tantangan hidup.

Share this article