Tips Mengembangkan Karier dengan Growth Mindset
Karir
November 28, 2022

Mengembangkan growth mindset dalam kaitannya dengan karier menjadi sangat penting bagi kita untuk berkembang di lingkungan bisnis yang terus mengalami perubahan sampai saat ini. Dalam konteks karier, seseorang yang memiliki growth mindset cenderung melihat perubahan dalam pekerjaan, lingkungan kerja, dan kariernya sebagai peluang untuk berkembang meskipun itu penuh tekanan atau tantangan.

Di sisi lain, mereka yang memiliki fixed mindset cenderung percaya bahwa mereka tidak dapat mengembangkan atau mengasah keterampilan mereka, dan dengan itu, mereka cenderung melihat perubahan pada lingkungan kerja, peran, dan karier mereka secara lebih negatif.

Memiliki growth mindset akan membuatmu tetap terbuka terhadap peluang, membantu terus mengembangkan dan memperluas kemampuan saat ini, yang pada akhirnya, sangat memungkinkan bagi kamu untuk berkembang dalam lingkungan bisnis yang terus mengalami perubahan.

Nah, supaya kamu terus mampu beradaptasi dengan perubahan, yuk simak tips mengembangkan karier dengan growth mindset dari Mindtera. Simak baik-baik, ya!

mengembangkan karir dengan growth mindset

Tips Mengembangkan Karier dengan Growth Mindset

1. Kenali dirimu lebih dalam

Manfaatkan wawasan diri (self-insight) untuk mengetahui diri sendiri dan value yang kamu pegang. Dengan ini, kamu akan memperoleh pemahaman tentang value, minat, kelebihan, tipe kepribadian, dan ambisimu untuk membuat keputusan karier yang selaras dengan apa yang kamu inginkan untuk masa depan.

2. Eksplorasi diri

Langkah selanjutnya adalah coba eksplor kembali pilihan-pilihan yang sudah kamu buat. Aspirasimu perlu untuk dipertimbangkan dengan memperhitungkan peluang yang tersedia. Ini juga berlaku untuk kendala apa pun yang perlu untuk kamu pertimbangkan dalam mengambil keputusan tentang karier, atau hambatan yang perlu kamu atasi jika kamu ingin mengejar tujuan tertentu. Kendala ini mungkin bisa kamu pertimbangkan berdasarkan keterampilan atau pendidikan, organisasi atau bahkan geografis.

3. Tetapkan tujuan jangka panjang & pendek

Tujuan karier adalah sasaran atau target yang ingin kamu raih di masa depan yang berkaitan dengan jenjang kariermu. Contoh tujuan karier jangka panjang bisa seperti, menjadi direktur suatu perusahaan lima tahun ke depan, menjadi CEO di 10 tahun ke depan, mendirikan bisnis kecil tiga tahun ke depan, dan lain sebagainya. Menetapkan tujuan masa depanmu pada akhirnya akan menentukan langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk mencapainya dan membantumu untuk tetap termotivasi.

4. Mulai menerapkan rencana

Langkah terakhir adalah tentang bagaimana kamu mengambil tindakan dan menerapkan rencanamu untuk benar-benar berkembang menuju tujuan karier. Ini tandanya kamu harus bersiap untuk melakukan sesuatu atau mewujudkan sesuatu – networking, mencari banyak pengalaman, dan mencari peluang serta peran yang akan membawamu lebih dekat untuk mencapai aspirasi dan mewujudkan impian masa depanmu.

Yang terpenting, 4 langkah di atas harus menjadi proses yang berkelanjutan sepanjang perjalanan kariermu. Penting juga untuk secara teratur meninjau pemahamanmu tentang diri sendiri, pengaruh yang kamu berikan, dan perubahan dunia kerja.

Dalam mengembangkan karier dengan growth mindset juga diperlukan lingkungan kerja yang mendukung karyawannya untuk terus berkembang. Mindtera membantumu untuk membangun dan menjaga tempat kerja yang seimbang dan positif di mana pun karyawanmu berada. Mindtera hadir sebagai platform SaaS (Software as a Service) yang mendukung peningkatan engagement karyawan melalui insight berbasis data dalam membangun tempat kerja paling bahagia.

Yuk, dapatkan FREE DEMO sekarang!

Share this article