Ikuti "Cultivate Happy Work Culture" dari Mindtera x Glints untuk tingkatkan produktivitas karyawan. Daftar GRATIS di sini! 🎉
Kiat-Kiat Menjadi Seorang Good Leader, Wajib Catat!
Karir
09
January 2023

Pernahkah kamu mendengar kalimat lama “orang tidak berhenti dari pekerjaan, mereka berhenti dari atasannya”? Yap, mungkin itu benar. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa 57% karyawan berhenti bekerja karena hubungan yang buruk dengan manajer mereka.

Kabar gembiranya, skill kepemimpinan dapat dilatih. Jadi, untuk kamu yang baru pertama kali menduduki posisi manajer tidak perlu khawatir. Kini, Mindtera akan rangkum untukmu bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik. Simak baik-baik!

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

1. Tanamkan karakteristik yang dibutuhkan oleh anggota tim

cara menjadi pemimpin yang baik

Seorang pemimpin yang baik bertanggung jawab atas sikap kepemimpinannya. Mereka paham bahwa apa yang mereka lakukan akan memengaruhi orang-orang yang dipimpin. Dengan kata lain, pemimpin yang baik memimpin dengan memikirkan dan melibatkan anggota timnya.

Mungkin menurut kamu pemimpin yang baik adalah orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan memotivasi, dan berkomitmen tinggi. Hal tersebut tentu penting bagi para pemimpin, tetapi yang paling diinginkan oleh anggota tim adalah kepercayaan, compassion, dan harapan.

  • Kepercayaan, berdasarkan report dari Gallup tahun 2016, perusahaan dengan tim yang trust-nya kuat biasanya 17% lebih produktif dan 21% lebih profitable. Jadi, pemimpin harus mengadopsi karakteristik dapat dipercaya dan memprioritaskannya sebagai salah satu keterampilan terpenting—karena tanpanya, orang akan merasa ragu untuk mengikuti.

Contoh: Ketika kamu merasa ada kendala atau kekhawatiran tertentu terhadap suatu project, cobalah untuk sampaikan kepada anggotamu dan dengarkan apa pendapat mereka. Dengan begitu, mereka akan merasa bahwa kamu mempercayai mereka.

  • Compassion, berikan energi positif dan kemauan untuk mendengarkan. Berbelas kasih berarti memedulikan anggota tim secara holistik sembari melihat lebih dari sekadar kemampuan untuk perform. Pemimpin yang compassionate harus bersedia membagi perjuangan mereka sendiri dan menerima kejujuran dari orang lain.

Contoh: Bereaksi dengan tenang dan empati ketika anggota tim menghadapi situasi sulit dalam pekerjaan atau kehidupan. Baik dari masalah keluarga hingga kejenuhan di tempat kerja. Menerapkan sikap compassion dapat membantu mereka sukses.

  • Harapan, dorong anggota tim kamu untuk percaya pada masa depan yang lebih baik. Anggota tim perlu melihat bahwa pemimpin mereka memiliki arah yang jelas dalam pikirannya. Mereka ingin memiliki keyakinan bahwa pemimpin mereka mampu membimbing ke arah yang tepat. Saat kamu mengkomunikasikan harapan, kamu dapat membantu anggota tim merasa lebih antusias dan semangat tentang masa depan.

Contoh: Membicarakan tentang masa depan tidak sama dengan mengumbar janji-janji belaka. Melainkan, bahkan ketika keadaan sulit, kamu dapat mengakui kesulitan yang dialami sembari tetap mengomunikasikan hasil terbaik kepada anggota tim.

2. Membangun hubungan profesional yang baik

pemimpin yang baik

Konsep "kepemimpinan" tidak dapat eksis jika tidak ada sekelompok orang yang perlu dipimpin. Sederhananya, pemimpin tidak dapat memimpin kecuali ada seseorang yang mengikuti. Oleh karena itu, membangun hubungan yang kuat, berbagi kepercayaan, dan memiliki hubungan untuk berkembang dengan anggota tim adalah kuncinya. Jadi, mulailah untuk mengenali value setiap anggota dan berusaha mengenal mereka apa adanya agar hubungan yang baik dapat terjalin.

Namun sayangnya, banyak pemimpin tidak menghabiskan waktu dan energi yang diperlukan untuk menggali personal value para anggotanya. Mereka mungkin tidak memahami makna personal value secara mendalam. Akibatnya, pemimpin ini tidak menggali keyakinan apa dan perasaan apa yang mendorong terbentuknya personal value.

Padahal, dengan menyadari bagaimana value seseorang mendorong suatu pemikiran, perilaku, dan proses pengambilan keputusan, dapat memudahkanmu dalam membuat pilihan yang lebih baik untuk diri sendiri maupun orang-orang di sekitar. Jika tidak, kamu sebagai pemimpin akan cenderung bekerja secara auto-pilot, yang seringkali dapat menimbulkan masalah atau hambatan bagi karir dan organisasimu.

3. Kembangkan skill & personal growth anggotamu

Apakah kamu merasa orang-orang yang kini kamu pimpin, latih, atau ajar sedang berproses dan berkembang? Kebanyakan, saat seseorang mengetahui bahwa dirinya tidak berkembang di suatu tempat, cepat atau lambat dia akan mencari pekerjaan di tempat lain yang membuat dirinya semakin berkembang. Jadi, berikan kesempatan pada anggota tim mu untuk menjadi lebih baik setiap harinya lewat hal yang mereka lakukan, baik dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan. Berikan akses group coaching & personal counseling secara komprehensif sebagai fasilitas mereka untuk berkembang.

4. Perhatikan wellbeing dan kebahagiaan anggotamu

Sebagai pemimpin yang baik, tentu kamu perlu aware terhadap keadaan setiap anggota tim mu. Karena seperti yang kamu ketahui, mereka telah menghabiskan sebagian waktunya untuk bekerja. Sehingga, keadaan dan performa mereka sudah sepatutnya menjadi tanggung jawabmu sebagai pemimpin yang baik.

Lewat platform Employee Assistance Program (EAP) kamu dapat memantau, mengukur keadaan, serta performa setiap karyawan dengan lebih mudah tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan energi. Kamu juga bisa secara proaktif mengajak anggotamu untuk check-in secara berkala mengenai bagaimana keadaan mereka, apa kondisi emosi mereka, atau berapa level wellbeing mereka saat ini.

Mindtera sebagai platform EAP #1 di Indonesia akan membantumu dalam meningkatkan produktivitas, performa, & wellbeing karyawan

Tersedianya 500+ microlearning programs, 40+ konten Jeda Wellnes, akses untuk group & personal coaching, serta analytical dashboard guna menghasilkan insight berbasis data, dapat memudahkan untuk melakukan peningkatan engagement, wellbeing, dan development karyawan. Solusi dan layanan kami menghadirkan aktivitas menarik yang dipersonalisasi untuk membangun pengalaman tempat kerja yang positif.

Kini, giliranmu untuk mewujudkan tempat kerja yang bahagia bersama Mindtera. Yuk, jadilah pemimpin yang baik dengan menyediakan EAP #1 di Indonesia untuk karyawanmu!

Coba GRATIS sekarang juga!

Dapatkan tips seputar karir & personal growth setiap minggu
Jadi yang pertama tahu tentang tips terjitu seputar karir dan informasi produk kami yang terbaru.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Bagikan Artikel