7 Kebiasaan Baik yang Akan Mengubah Hidupmu
General
June 29, 2022

Kebiasaan yang kamu jalani dalam sehari-hari, tentu akan memberi dampak pada diri kamu sendiri. Jika kebiasaan baik menjadi hal yang biasa kamu jalani, maka akan memberikan dampak yang baik pula pada diri kamu. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, kamu harus membiasakan diri untuk menjalani kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari.

   Nah, kalau kamu ingin mengubah hidupmu, maka mengubah kebiasaan bisa menjadi jalan ninja untukmu. Apalagi 7 kebiasaan baik yang sudah Mindtera siapkan untukmu. Yuk, simak baik-baik!

1. Kebiasaan bangun dan tidur lebih awal    

“Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy, and wise.” ― Benjamin Franklin.

   Yap, seperti kata Benjamin, tidur dan bangun lebih awal membuat seseorang lebih sehat, kaya, dan bijaksana. Melatih diri untuk selalu bangun pukul 5 pagi mungkin terdengar sepele bagimu. Tapi, seperti yang dilansir pada buku The 5 AM Club, dengan kamu membangun kebiasaan baik yaitu bangun pukul 5 pagi, ketentraman, kesunyian, dan kedamaian di waktu pagi akan membantumu untuk kembali fokus dalam mengembangkan potensi besar dirimu. Aktivitasmu di waktu pagi akan mempengaruhi satu harimu. Ketika kamu melakukannya setiap hari, dampaknya akan terasa pada minggu, bulan bahkan tahunan.

2. Ikuti aturan 80/20

   Kebiasaan baik yang akan mengubah hidupmu selanjutnya adalah menerapkan prinsip pareto atau aturan 80/20. Dimana penyelesaian 20% tugas akan menghasilkan 80% dampak yang diberikan. Kamu dapat memaksimalkan produktivitas dengan menginvestasikan sebagian besar waktu dan energimu pada tugas-tugas yang menurutmu paling berpengaruh. Setelah kamu menyelesaikan tugas-tugas itu, kamu dapat fokus pada aktivitas lain yang ada di to-do-list milikmu.

3. Kebiasaan membaca

   Membaca buku adalah cara yang baik untuk memperluas wawasan, mengembangkan ide-ide, dan menstimulasi kreativitas. Membaca juga dapat meningkatkan fokus dan memiliki efek menenangkan yang tidak jauh beda dengan meditasi.  Yuk, mulai kebiasaan baik dengan membaca!

4. Belajar untuk singletask

   Hanya 2% orang di dunia yang dapat melakukan multitasking dengan sukses. Selain itu, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Stanford University, multitasking yang berat dapat menurunkan efisiensi dan dapat mengganggu kontrol kognitif. Inilah mengapa kamu harus membangun kebiasaan baik dengan terbiasa singletask. Buatlah daftar hal-hal yang perlu kamu selesaikan dalam sehari. Mulailah dengan apa yang paling penting dan selesaikan satu tugas pada satu waktu.

5. Mulailah journaling

“Paper is to write things down that we need to remember. Our brains are used to think.” — Albert Einstein

   Memiliki satu tempat untuk menuliskan apa pun yang ingin kamu ingat akan menghemat waktu dan energimu setiap kali kamu perlu mengingat sesuatu. Dengan kamu membangun kebiasaan baik dengan journaling, kecemasan yang mungkin sering kamu rasakan semakin lama akan berkurang. Dengan begitu, kamu pun akan lebih fokus dan rileks dalam menjalani hari. Selain di kertas, kamu juga bisa journaling sambil menggali potensi diri lewat aplikasi Mindtera lho.

6. Mengembangkan skill lain

   Saat ini, mungkin kamu masih berkutat dengan skill-skill tertentu yang membuatmu nyaman hingga saat ini. Nggak salah kok, tapi nggak ada salahnya juga kalau kamu mulai belajar mengembangkan skill lain. Coba dimulai dari hobi kamu atau cari tahu apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini. Siapa tahu, skill lainmu itu dapat menghasilkan dampak yang lebih besar sehingga mampu mengubah hidupmu. Tertarik untuk mencoba?

7. Sisihkan waktu untuk belajar pengembangan diri

   Kamu yang terbiasa sibuk dengan padatnya hari, coba sisihkan waktu untuk mengembangkan diri. Tidak harus lama, 5-10 menit cukup untukmu mengembangkan diri. Coba cari topik favoritmu atau apa yang ingin kamu kembangkan. Misalnya, topik keluarga, percintaan, atau karier. Nah, kamu bisa memulainya dengan belajar pengembangan diri lewat aplikasi Mindtera. Karena Mindtera adalah platform edukasi pengembangan diri untuk membantumu dalam menjalani kehidupan terbaikmu melalui kurikulum pelatihan kecerdasan emosi, sosial, fisik yang terstruktur dan komprehensif. Yuk, segera download sekarang di gadget kesayanganmu!

Kalau kamu ingin mengubah hidupmu, maka mulailah membangun kebiasaan baik. Kebiasaan baik akan terasa dampaknya apabila kamu secara konsisten melakukannya. Mulailah dengan kebiasaan baik yang menurutmu mudah untuk kamu lakukan. Selamat mencoba kebiasaan baik yang akan mengubah hidupmu dari Mindtera!

Share this article