Kenali Mindfulness dan Manfaatnya
General
January 19, 2022

Tuntutan hidup yang tinggi sering membuat kita terbawa oleh beban pikiran, hingga menjadi stress berlebih, hilang fokus, dan susah konsentrasi. Kalau sudah begini, apa yang terjadi? Tentunya kita menjadi tidak produktif. Tapi tenang, kamu bisa mengatasi semua itu lewat latihan mindfulness.

Apa itu mindfulness?

Banyak orang yang belum tahu tentang mindfulness serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Mindfulness sebenarnya adalah kemampuan dasar manusia untuk sepenuhnya hadir di momen saat ini. Sadar di mana kita berada, apa yang sedang kita lakukan, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitar kita. Jika pikiran kita sering berkelana, tidak hadir dalam momen saat ini, maka mindfulness penting untukmu.

Mindfulness memberi jeda bagi pikiran kita untuk beristirahat dari segala rutinitas kita, sehingga kita pun bisa lebih tenang dalam menjalani hari. Tidak sulit kok, bahkan terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu fokus pada satu hal, misalnya fokus pada tiap tarikan dan hembusan napasmu.

Manfaat mindfulness sangat banyak, lho. Beberapa diantaranya:

1. Meningkatkan fungsi kognitif.

Menurut Greenberg, 2018, dalam Massachusetts General Hospital, berlatih mindfulness diasosiasikan dengan peningkatan volume hippocampus, yaitu bagian otak kita yang berfungsi mengolah memori, mengenali objek, serta mengingat, dan memahami bahasa. Dengan begitu, kamu jadi lebih fokus kan?

2. Membantu mengurangi kebiasaan buruk.

Apa kebiasaan burukmu? Kalau kamu termasuk orang yang sering tidak fokus saat mendengar temanmu yang sedang curhat, nah dengan mindfulness, kamu bisa lebih sigap dan fokus dengan cerita mereka.

3. Menghadapi permasalahan dengan lebih tenang.

Dengan mindfulness, kamu tidak akan mudah terbawa oleh pikiran-pikiran burukmu ketika menghadapi masalah. Baik pikiran dari masa lalu, atau pun dari masa yang akan datang. Jadi, ketika menghadapi masalah, kamu akan jauh lebih tenang dan tidak mudah stress.


Dengan berbagai manfaat di atas, kamu tidak ragu lagi dong untuk mengaplikasikan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari? Yuk, ikuti program Mindtera Living A Mindful Life di sini.

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Latihan Kesadaran
Dalam keseharian, sudahkah kamu mindful dalam beraktivitas? Simak program ini, untuk melatih diri supaya hadir pada momen saat ini dalam beraktivitas. Ikuti dan terapkan dengan baik, ya.
Easy Mindful Living
Kita seringkali lupa untuk mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup ketika larut dalam rutinitas. Dengan program ini, kita belajar mensyukuri diri dengan menikmati momen di sekitar melalui aktivitas mindfulness bersama Tsamara Fahrana.
Mindful Thinking, Holiday, and Sleeping
Ketenangan hidup yang selama ini mungkin kamu cari-cari, bisa kamu dapatkan dengan hidup mindful sehari-hari. Di program kali ini, Tsamara Fahrana akan membantumu dalam melatih diri untuk lebih mindful dalam berpikir, menikmati libur, dan beristirahat. Yuk, wujudkan hidupmu yang lebih baik mulai dari sekarang!
Mindfulness sebagai Jangkar Kesejahteraan
Ingin hidupmu lebih sejahtera tanpa stress? Kenali seluk beluk mindfulness bersama Indradi Soemardjan di program ini. Semoga dapat menginspirasimu untuk mempraktikkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.

Share this article