Ikuti "Cultivate Happy Work Culture" dari Mindtera x Glints untuk tingkatkan produktivitas karyawan. Daftar GRATIS di sini! 🎉
Kumpulkan dan Dengarkan Feedback Karyawan untuk Perkembangan Perusahaan
Karir
07
December 2022

Feedback yang konstruktif di tempat kerja sangatlah penting, karena tempat kerja membutuhkan komunikasi yang efektif untuk mencapai keberhasilan dan berkembang. Selain itu, feedback juga membantu kita belajar lebih banyak tentang diri kita sendiri, kekuatan dan kelemahan kita, perilaku kita, dan bagaimana tindakan kita memengaruhi orang lain. Hal itu juga meningkatkan kesadaran diri kita dan mendorong pengembangan pribadi.

Namun, banyak perusahaan yang lupa bahwa pelanggan nomor satu mereka adalah karyawan mereka sendiri. Terkadang kita sibuk mencari tahu mengapa turnover di perusahaan kita tinggi, tanpa memeriksa terlebih dahulu apakah kita sudah memperlakukan karyawan kita sebagai top customer.

Itulah mengapa kini mulai kumpulkan, dengarkan, dan tindaklanjuti feedback karyawan sebagai langkahmu untuk mengembangkan perusahaan. Hal ini tidak hanya dapat menunjukkan kepada karyawanmu bahwa kamu benar-benar mendengarkan mereka dalam meningkatkan tingkat engagement karyawan, tetapi juga dapat meningkatkan moral di tempat kerja, tingkat kepuasan kerja, dan retensi karyawan secara keseluruhan.

Kabar baiknya, kini Mindtera akan rangkum bagaimana kamu bisa mengumpulkan, mendengarkan, dan menindaklanjuti feedback karyawan dengan efektif dan efisien.

Kumpulkan dan Dengarkan Feedback Karyawan untuk Perkembangan Perusahaan

1. Beri ruang yang aman dan nyaman untuk berbicara

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan dan keamanan karyawan dalam menyampaikan feedback untuk perusahaan. Beri ruang yang nyaman dan aman, dimana karyawan tidak merasa posisi dia terancam akibat feedback yang dia berikan, atau karyawan tidak merasa dihakimi atas feedback yang telah dia berikan. Dengan begitu, karyawan akan lebih mudah dan leluasa dalam memberikan feedback untuk perusahaan.

2. Bersiaplah untuk mendengar yang baik dan buruk

Jangan membuat komitmen untuk mendengarkan karyawan jika kamu tidak siap mendengar apa yang mereka katakan. Kamu harus mempersiapkan diri untuk mendengar feedback positif dan negatif. Bagaimana kamu menanggapi karyawan, terlepas dari bagaimana perasaanmu tentang masukan tersebut, akan berdampak langsung pada ketersediaan mereka untuk memberikan pendapat mereka selanjutnya. Ingatlah bahwa tujuannya adalah untuk menunjukkan kepada karyawan bahwa kamu benar-benar mendengarkan mereka.

3. Mengambil tindakan

Mendengarkan hanyalah langkah pertama. Kamu juga harus mengambil tindakan. Ini tidak berarti bahwa kamu harus menindaklanjuti setiap feedback atau kekhawatiran yang dimiliki timmu, tetapi kamu harus selalu mengevaluasi dengan cermat apa yang mereka katakan. Kemudian, ketika kamu menemukan feedback atau masalah karyawan yang membutuhkan lebih banyak perhatian, jangan berhenti hanya mendengarkan–segera ambil tindakan.

Feedback Analysis Mindtera untuk Perkembangan Perusahaan

feedback karyawan untuk perusahaan

Jadi, kini kembangkan rencana yang akan mewujudkan ide dan feedback karyawanmu. Dengan fitur Feedback Analysis dari Mindtera dapat membantu hal ini dengan memberikan tindakan yang dipersonalisasi, sehingga setiap orang diberdayakan untuk langsung memengaruhi keterlibatan dalam perusahaan. Ketika karyawan mengetahui bahwa kamu bersedia melakukan perubahan berdasarkan ide atau feedback yang mereka berikan, mereka akan menyadari bahwa kamu tidak hanya ingin mendengarkan mereka, tetapi kamu benar-benar peduli dengan apa yang mereka katakan.

Feedback Analysis dari Mindtera menghadirkan tempat untuk menyampaikan feedback yang aman dan nyaman bagi karyawan. Karyawan dapat menyampaikan feedback baik secara anonim atau tidak. Sehingga, karyawan diberi kebebasan untuk memilih. Selain itu, bagi kamu sebagai HR & leader, dapat memudahkanmu dalam mengumpulkan dan menganalisis feedback karyawan secara keseluruhan. Dengan begitu, pengembangan perusahaan akan berjalan efektif dan efisien.

Karena lingkungan kerja yang positif ditandai dengan keterbukaan komunikasi dan lingkungan yang suportif, maka memberi ruang pada feedback karyawan untuk perusahaan perlu untuk kamu perhatikan.

Mindtera hadir untuk kamu dalam mewujudkan tempat kerja yang bahagia. Product & services kami membantu perusahaan menyelesaikan masalah turnover karyawan yang tinggi, kinerja yang rendah, dan meningkatkan produktivitas dengan solusi end-to-end.

Coba GRATIS 14 Hari!

Dapatkan tips seputar karir & personal growth setiap minggu
Jadi yang pertama tahu tentang tips terjitu seputar karir dan informasi produk kami yang terbaru.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Bagikan Artikel