Mengatasi Susah Fokus dengan Mindfulness
General
January 19, 2022

Tingkat stress yang tinggi dapat menyebabkan seseorang susah fokus. Penyebab timbulnya stress bisa bermacam-macam, mulai dari tuntutan dalam karier, masalah keuangan, dan hubungan pribadi. Menurut Rashmi Parmar, seorang pakar psikiatri, kemungkinan untuk susah fokus dan konsentrasi lebih sering terjadi terutama sejak pandemi yang terjadi di tahun 2020, yang menyebabkan banyak orang mudah merasa lelah karena harus melakukan segala aktivitas dari rumah. Situasi seperti ini, menjadi pemicu timbulnya stress dan akhirnya susah untuk fokus.

Namun di luar faktor stress karena pandemi, susah fokus juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti distraksi karena sosial media, gaya hidup, atau gangguan mood. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencari apa sumber masalah yang membuat kamu sering mengalami susah fokus dan mulai mengasah mindfulness

Ada beberapa manfaat dari latihan mindfulness yang bisa membantumu untuk lebih fokus, lho. Apa saja? Simak manfaatnya di bawah ini.

1. Memaknai tujuan dalam kehidupan sehari-hari.

Teknik mindfulness


Mindfulness adalah praktik di mana seseorang menjadi lebih fokus dan sepenuhnya sadar dengan kondisi atau perasaan yang dialami saat ini. Salah satu praktik yang bisa kamu coba adalah mindful eating. Kamu tidak sekadar mengonsumsi makanan, tetapi juga memilah-milah, mengetahui dengan baik kandungannya, dan merasakannya dengan kesadaran penuh lewat indra perasamu. Lewat mindfulness, kamu bukan hanya belajar memahami lagi apa sebenarnya tujuanmu melakukan sesuatu, melainkan juga mempelajari konsep ketenangan tubuh dan pikiran untuk sepenuhnya fokus melakukan sebuah pekerjaan. 

2. Pikiran lebih tenang.

Manfaat mindfulness untuk pikiran dengan mindfulness meditation


Tanpa kamu sadari, susah fokus membuat kamu lebih mudah tertarik pada energi negatif. Nah, mindfulness mengajarkan kita tentang cara terbaik mengoptimalkan potensi-potensi terbaik dalam diri. Ini karena mindfulness membantu kita memfokuskan diri pada momen saat ini, seperti dengan praktik meditasi atau latihan pernapasan untuk memperoleh ketenangan pikiran yang diinginkan.


3. Meningkatkan kedisiplinan.

Latihan mindfulness untuk kedisiplinan

Dengan menjadi mindful atau berkesadaran penuh, setiap tindakan dan reaksi yang timbul akan selalu dipikirkan dengan matang. Kamu jadi tahu konsekuensi terburuk dan terbaiknya. Menjadi fokus bukan lagi sesuatu yang sulit. Kalau sudah fokus, tentu kedisplinan dalam diri juga akan meningkat karena pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang masalah susah fokus dan cara mengatasinya dengan mindfulness, Mindtera memiliki banyak rekomendasi program yang sesuai dengan kebutuhanmu. Akses videonya di sini https://www.mindtera.com/programs/living-a-mindful-life. 

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Easy Mindful Living
Kita seringkali lupa untuk mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup ketika larut dalam rutinitas. Dengan program ini, kita belajar mensyukuri diri dengan menikmati momen di sekitar melalui aktivitas mindfulness bersama Tsamara Fahrana.
Living a Mindful Life
Kamu susah fokus? Atau sering menunda pekerjaan? Ini saatnya kamu belajar tentang mindfulness bersama Tsamara Fahrana.
Latihan Kesadaran
Dalam keseharian, sudahkah kamu mindful dalam beraktivitas? Simak program ini, untuk melatih diri supaya hadir pada momen saat ini dalam beraktivitas. Ikuti dan terapkan dengan baik, ya.
Mindful Thinking, Holiday, and Sleeping
Ketenangan hidup yang selama ini mungkin kamu cari-cari, bisa kamu dapatkan dengan hidup mindful sehari-hari. Di program kali ini, Tsamara Fahrana akan membantumu dalam melatih diri untuk lebih mindful dalam berpikir, menikmati libur, dan beristirahat. Yuk, wujudkan hidupmu yang lebih baik mulai dari sekarang!

Share this article