Penyebab Iri Hati dan Tips Bersyukur
General
January 28, 2022

Rasa iri menandakan perasaan kurang senang atau cemburu melihat kelebihan orang lain. Penyebab iri hati biasanya dimulai dengan ketidakpuasan dengan situasi sekitarmu terhadap orang lain. Hati-hati, kalau rasa iri terus dipelihara akan berubah menjadi perasaan benci dan marah pada orang lain. 

Aristotle mendefinisikan rasa iri hati dengan perasaan negatif terhadap kesuksesan orang lain dan merupakan salah satu penyebab terbesar manusia merasa tidak bahagia. Padahal, menginginkan kesuksesan yang sama dengan orang lain bisa dijadikan sebagai motivasi dan semangat untuk menjadi lebih baik. 

Atasi rasa irimu dengan membiasakan diri untuk mengutamakan sisi positif di setiap masalah atau kejadian yang kamu alami hari ini. Contohnya, apabila kamu menghadapi rintangan di tempat kerja, daripada mengekspresikannya dengan bersungut-sungut, lebih baik mengambil sisi baiknya. Seperti, “Hari ini saya berhasil menyelesaikan pekerjaan walau deadline sangat banyak."

Atau, bisa juga kamu mengatasinya dengan menumbuhkan rasa syukur. Yuk, kelola rasa iri yang datang dengan beberapa tips bersyukur dari Mindtera di bawah ini:

 

1. Stop membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Tanamkan bahwa kamu punya kesempatan yang sama untuk berhasil dan potensi yang tak kalah dengan yang lain. Rumput tetangga tidak lebih hijau dari yang kamu kira kok. Sering kali kita hanya melihat apa yang terjadi di luar dan belum tentu hal itu sama dengan apa yang benar-benar terjadi di dalamnya. Belajarlah untuk turut berbahagia atas kesuksesan orang lain agar perasaan iri hati tidak menguasai dan mengusik kebahagiaanmu. 

 

2. Fokus pada hal-hal baik dalam hidup.

Obat iri hati fokus terhadap hal baik dalam hidup

Alasan kamu iri dengan orang lain adalah karena kamu menganggap remeh dirimu sendiri. Coba kamu perhatikan dan hargai sekitar dengan meluangkan waktu untuk menyenangkan orang terdekatmu, sekadar berjalan-jalan di taman, atau memeluk hewan peliharaan yang kamu cintai. Percaya deh, kalau kamu menghargai hal kecil yang ada di sekitarmu, kebahagiaan akan datang dari hal-hal yang tidak kamu duga-duga sebelumnya.


3. Jangan merasa hidup adalah kompetisi.

Setiap orang punya waktunya masing-masing

Yakinlah setiap orang memiliki waktunya masing-masing. Jangan habiskan energi untuk mengeluh namun tidak berbuat apa-apa, yang penting terus berusaha dan lakukan yang terbaik untuk meraih keinginanmu. Rasa iri hanya akan memperlambat dan membuatmu jalan di tempat tanpa progress apa pun. Karena sebetulnya persaingan sejati adalah diri kamu yang kemarin vs diri kamu yang saat ini.



Latih rasa syukur untuk hidup yang lebih bahagia dan lebih mudah untuk dijalani. Untuk tahu lebih lanjut tentang rasa iri dan tips bersyukur, yuk ikuti program dari Mindtera!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Kebaikan Hati
Sudahkah kamu berbuat kebaikan hari ini? Atau, adakah kebaikan yang sudah kamu terima hari ini? Yuk, mulai bentuk chain of kindness di sekitar kita.
Jatuh Hati Tapi Iri
Kesuksesan si dia bikin kamu merasa iri? Itu pasangan atau saingan? Sudahi rasa irimu, karena bertumbuh bersama lebih indah daripada berkompetisi. Yuk, rasakan jatuh hati dengan bahagia!

Share this article