Kurangnya Welas Asih Pada Diri (Self-Compassion): Penyebab dan Tips Sederhana
General
February 16, 2022

Kebanyakan orang begitu mudah untuk berbuat baik pada orang-orang yang mereka sayangi, seperti sahabat, pasangan atau keluarga. Sayangnya, banyak juga orang yang sangat sulit berbuat baik pada diri sendiri. Seorang bijak pernah berkata bahwa untuk bisa berbuat baik ke orang lain, ada baiknya kita berbuat baik ke diri sendiri terlebih dahulu. Bagaimana bisa kita berbuat baik ke orang lain jika kita sulit berbuat baik ke diri sendiri? Hal ini yang biasa disebut self-compassion.

Kamu pantas dicintai

Lalu mengapa self-compassion begitu sulit dilakukan? Ada beberapa sebab yang membuat kita kekurangan self-compassion.

1. Melihat compassion sebagai kelemahan.

Pertama, kita kerap kali melihat compassion atau kewelasasihan sebagai kelemahan. “Jangan terlalu baik, nanti dimanfaatkan orang,” konon begitu katanya.

Kepercayaan seperti ini yang mengikis diri sendiri dari compassion sehingga rasanya sulit sekali untuk dilakukan. Mungkin, kita juga jadi enggan mengasihi diri sendiri karena menjadi "keras" terhadap diri sendiri lebih dinilai oleh masyarakat dan dipandang sebagai kekuatan.

2. Merasa takut.


Kedua, kita merasa takut saat melakukan self-compassion. Barangkali, kita masih merasa tidak layak untuk menerima kebaikan. Padahal, keyakinan bahwa kita tidak pantas tersebut adalah suara dari kepala kita sendiri, bukan fakta.

3 Enggan menghadapi penderitaan.

Ketiga, kita yakin bahwa self-compassion akan membantu kita dalam menghadapi setiap penderitaan, namun seringkali kita terlalu takut untuk menghadapinya. Padahal, dengan kita mengacuhkan penderitaan, kita akan lebih sulit untuk keluar dari masalah kita. Self-compassion mengajarkan kita untuk menerima dan berdamai dengan segala penderitaan kita.

4. Kurang pengetahuan.


Keempat, kita masih tidak tahu caranya mempraktikkan self-compassion. Banyak yang mengira dalam mempraktikkan self-compassion, dibutuhkan latihan khusus, meditasi yang mendalam, atau membaca buku-buku self-help yang cukup berat. Padahal, ada beberapa langkah sederhana dalam mempraktikan self-compassion, lho.

Sederhananya, kamu bisa mencoba melihat dan memperlakukan dirimu selayaknya kamu memperlakukan orang-orang yang kamu kasihi seperti sahabat, pasangan, atau keluargamu. Kamu tentu tidak mau menyakiti mereka, bukan? Inilah cara paling sederhana untuk bisa mengembangkan self-compassion.

Kamu juga bisa memberi afirmasi ke dirimu sendiri, misal “Semoga aku bisa memperlakukan diriku dengan baik.” Afirmasi akan membantumu untuk tetap semangat dalam menjalani harimu.

Terakhir, kamu bisa membuat diary of emotion, atau catatan harian emosimu. Catat segala emosi yang muncul dan tulis penyebabnya agar kamu tahu bagaimana mengatasinya.

Nah, itu tadi penyebab kurangnya welas asih terhadap diri dan beberapa tips mengatasinya. Semoga melalui langkah-langkah sederhana ini, kamu bisa mengembangkan self-compassion selama kamu rutin dan disiplin berlatih. Ikuti juga program self-compassion bersama Mindtera di sini.


Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Self Compassion
Saatnya ucapkan selamat tinggal pada kebiasaan mengkritik diri sendiri, yuk! Di program ini, kamu akan belajar self compassion agar kamu dapat memperlakukan dirimu sendiri dengan lebih lembut dan penuh kasih sayang.
Self Worth
Siapa yang paling mengerti diri kamu sendiri? Siapa yang paling dekat dengan diri kamu sendiri? Ya, jawabannya adalah kamu. Karena itu lah, orang pertama yang harus menyadari bahwa kamu berharga adalah diri kamu sendiri. Yuk, sayangi dirimu dengan menumbuhkan self worth melalui program kali ini!
Kenali Nilai Dirimu
Yakin deh, kalau kamu sudah mengenal nilai dirimu, hidupmu akan lebih bermakna. Program ini, dibuat khusus untuk membantu kamu lebih percaya diri menghadapi tantangan hidup.

Share this article