Tidur Berkualitas dengan Pikiran Tenang
General
February 4, 2022

Tidur adalah sebuah aktivitas penting yang menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia. Tidur yang nyenyak dan cukup menjadi penentu bagaimana kondisi tubuh dan pikiran kita dalam menjalani rutinitas di esok hari.

Banyak hal yang memengaruhi kualitas tidur kita. Mulai dari stress kerja, gelisah akan tanggung jawab keluarga, hingga hal-hal tak terduga lainnya. Walaupun kamu mungkin tidak dapat mengontrol faktor-faktor yang mengganggu tidurmu, kamu dapat menerapkan kebiasaan yang mendorong tidurmu menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Mulailah dengan tips sederhana dari Mindtera berikut ini. Yuk, simak baik-baik!

1. Mengatur cahaya dan suhu ruangan.

Banyak ahli mengemukakan bahwa suhu rata-rata yang cukup untuk mendukung tidur nyenyak adalah sekitar 16 sampai 19 atau 20 derajat. Pada saat tidur kamu dapat membuka jendela, menggunakan kipas angin/AC, atau bisa juga dengan alternatif lain seperti tidur tanpa menggunakan pakaian. Suasana kamar yang gelap juga terbukti secara biologis dapat menstimulasi tubuh sebagai tanda ‘waktu istirahat’ yang dapat mendorong tubuh dapat lebih rileks, sehingga tidur menjadi lebih pulas.

 

2. Mengucap rasa syukur sebelum tidur.

Mengucapkan rasa syukur sebelum tidur, baik untuk pikiran dan hati yang lebih damai. Mengucap syukur juga membuat kita lebih sadar dan bahagia dengan apa yang kita miliki sekarang. Tujuan mengucap syukur tidak berarti religius kok, apa pun kepercayaanmu mengucap syukur adalah hal baik, membuat hati damai, dan penuh sukacita. 

 

3. Mindful breathing.

Survey dari The National Center for Complementary and Integrative Health membuktikan bahwa lebih dari 85% masalah dalam tidur malam adalah sistem pernapasan. Solusinya adalah mindful breathing. Mindful breathing adalah basis dari segala bentuk meditasi. Caranya dengan memusatkan perhatian pada caramu bernapas—ritme dan flow pernapasanmu. Tarik napas dalam-dalam lalu buang perlahan. Cara ini dapat membantu untuk menurunkan rasa gelisah yang mungkin datang sebelum tidur dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. 

 

4. Mandi.

Lakukan pada satu atau dua jam sebelum kamu hendak tidur dan akan lebih baik jika menggunakan air hangat. Mandi terbukti dapat merelaksasi tubuh dan pikiran, menurunkan tekanan darah, dan merenggangkan otot yang dapat membantumu untuk menghilangkan stress dan dengan begitu, tidurmu akan lebih nyenyak dan berkualitas.

Kalau kamu merasa kesulitan untuk tidur, tips dan cara-cara di atas bisa sangat bermanfaat agar kamu dapat tidur lebih nyenyak dengan pikiran tenang. Dapatkan cara lainnya melalui program Mindtera di sini Rasa Syukur

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Mindful Thinking, Holiday, and Sleeping
Ketenangan hidup yang selama ini mungkin kamu cari-cari, bisa kamu dapatkan dengan hidup mindful sehari-hari. Di program kali ini, Tsamara Fahrana akan membantumu dalam melatih diri untuk lebih mindful dalam berpikir, menikmati libur, dan beristirahat. Yuk, wujudkan hidupmu yang lebih baik mulai dari sekarang!
Kebaikan Hati
Sudahkah kamu berbuat kebaikan hari ini? Atau, adakah kebaikan yang sudah kamu terima hari ini? Yuk, mulai bentuk chain of kindness di sekitar kita.
Manusia Berbudaya (Berbudi & Berdaya)
Apakah kamu sudah menjadi manusia berbudaya? Di program ini, wisdom talk dari seorang Pradjoto akan memberimu pemahaman bekal apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi manusia yang berbudaya. Selamat mewujudkan dirimu yang berbudaya, ya!

Share this article