Tips Mudah Bangkitkan Kepercayaan Diri
General
February 14, 2022

Sebenarnya apakah itu kepercayaan diri? Menurut Courtney E. Ackerman, seorang psikolog, kepercayaan diri adalah rasa percaya bahwa diri kita valuable atau berharga, mampu, dengan diikuti rasa optimisme ketika kita mengakui kemampuan diri. Dengan kepercayaan diri, kita menjadi lebih berani menghadapi tantangan apa pun dalam hidup dan merasa bersyukur atas apa pun dalam diri.

Tahukah kamu, kalau kita dapat melihat orang-orang yang memiliki kepercayaan diri? Ya, betul, orang-orang yang sudah memiliki kepercayaan diri sering merasa aman, memiliki emosi yang stabil, dan saat melakukan sesuatu, mereka melakukannya dengan lebih baik.

Manfaat Sikap Percaya Diri

Rasa percaya diri

Kamu pasti sudah tahu bahwa kepercayaan diri memiliki begitu banyak manfaat. Simak beberapa manfaatnya di bawah ini, yuk!

1. Kita merasa lebih berharga.

Semakin kita merasa percaya diri, semakin kita merasa bahagia dan damai dengan diri kita sendiri. Kita tidak lagi merasa perlu membandingkan diri dengan orang lain karena kita sudah begitu nyaman dengan hidup kita sendiri.

2. Kita mampu melakukan yang terbaik.

Percayalah, saat kita memiliki kepercayaan diri yang cukup, kita menjadi lebih semangat dalam melakukan pekerjaan apa pun. Bahkan, ketika sedang dikejar tenggat waktu.

3. Kita menjadi jarang merasa takut.

Dengan kepercayaan diri, kita tidak lagi takut dengan tantangan yang datang. Bahkan, kita melihat tantangan sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang, lho.

4. Kita merasa lebih tenang dan jarang merasa stress.

Berkat kepercayaan diri, kita bisa hidup dengan lebih tenang. Apa pun stress yang dihadapi, kita mampu mengelolanya dengan tepat.

5. Kita lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

Benar! Dengan kepercayaan diri, kita tidak lagi merasa lesu dalam berkarya dan bekerja. Kepercayaan diri membantu kita untuk lebih semangat dalam menjalani hari-hari. Terasa begitu menyenangkan, bukan?

Dengan berbagai manfaat kepercayaan diri di atas, tentu kamu pun mau untuk memiliki kepercayaan diri, bukan? Untuk memiliki kepercayaan diri tidak sulit sebetulnya, selama kamu mengikuti tips-tips di bawah ini.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Membangun rasa percaya diri

Pertama, kamu bisa memulainya dengan melakukan berbagai kebiasaan baik yang mendukung tingkat kepercayaan diri. Contohnya, kamu bisa mulai rajin berolahraga untuk hidup lebih sehat, dengan begitu kamu akan lebih percaya diri dari segi fisik. Kamu juga bisa mulai mencoba hal baru atau mengasah kemampuan yang kamu punya sehingga kamu lebih percaya diri dalam mengerjakan suatu hal. Practice makes perfect!

Kedua, review atau telaah kembali segala pencapaian dalam hidup, sekecil apa pun itu. Misalnya, kamu terbiasa bangun pagi. Jangan salah, itu pun termasuk pencapaian, lho. Jangan lupa juga untuk mencatat atau journaling pencapaianmu. Kebiasaan ini akan membantumu meningkatkan kepercayaan diri. Tidak lupa, ucapkan terima kasih pada dirimu yang sudah berhasil mencapai itu semua. Biasakan beri afirmasi yang positif pada dirimu sendiri ya!

Terakhir, yang tidak kalah penting adalah tentukan target dan tujuan hidupmu dengan lebih jelas. Tulis kelebihan dan kekuranganmu, kira-kira apa yang bisa dilatih, ditingkatkan, dan dipertahankan. Tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri, hal ini juga membantumu untuk meningkatkan self-awareness atau kesadaran diri.

Meningkatkan kepercayaan diri ternyata mudah, bukan? Penasaran, ingin tahu lebih dalam? Ikuti programnya bersama Mindtera di sini. Yuk, saatnya melaju lebih kencang dengan penuh rasa percaya diri!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Kenali Nilai Dirimu
Yakin deh, kalau kamu sudah mengenal nilai dirimu, hidupmu akan lebih bermakna. Program ini, dibuat khusus untuk membantu kamu lebih percaya diri menghadapi tantangan hidup.
Berbicara Dengan Percaya Diri
Kamu akan lebih percaya diri berbicara di depan umum dengan teknik-teknik yang bisa kamu pelajari dari Ryu Deka di program ini.
Self Awareness
Seberapa paham kamu dengan dirimu sendiri? Kalau kamu belum bisa menjawabnya, maka program self-awareness ini siap membantumu untuk mengenali dan memahami dirimu sendiri. Menemukan kelemahan, kekuatan, serta potensi dalam dirimu.

Share this article