Ikuti "Cultivate Happy Work Culture" dari Mindtera x Glints untuk tingkatkan produktivitas karyawan. Daftar GRATIS di sini! 🎉
5 Alasan Kenapa Harus Berinvestasi pada Perkembangan Karyawan
Karir
12
January 2023

Menjalankan bisnis tentu membutuhkan berbagai macam investasi. Banyak perusahaan yang menginvestasikan uang dan sumber dayanya pada periklanan, penelitian dan pengembangan, media sosial, kemitraan, teknologi, dan banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan target pelanggan.

Namun, terkadang perusahaan lupa bahwa pelanggan nomor satu mereka adalah karyawan mereka sendiri. Terkadang kita sibuk mencari tahu mengapa turnover di perusahaan kita tinggi, tanpa memeriksa terlebih dahulu apakah kita sudah memperlakukan karyawan sebagai top customer. Padahal, seperti yang kita tahu, karyawan telah menginvestasikan waktu, energi, dan keterampilan terbaik dari diri mereka demi kesuksesan dan visi perusahaan.

Mengapa Penting untuk Berinvestasi pada Karyawan?

Berikut adalah 5 alasan utama mengapa berinvestasi pada karyawan penting untuk keuntungan perusahaan.

1. Biaya Turnover yang Jauh Lebih Mahal

Biaya turnover karyawan bisa dua kali lipat dari gaji mereka (atau lebih). Jika kamu membangun hubungan baik dengan karyawan dengan berinvestasi pada keterampilan mereka, kamu dapat menghemat biaya. Karena pada saat kehilangan keterampilan di bidang tersebut, lalu merekrut dan melatih karyawan baru, kamu bisa menghabiskan cukup banyak biaya. Oleh karena itu, mencegah turnover penting untuk berinvestasi pada karyawan dari awal bekerja. Lakukan tips berikut untuk berinvestasi pada karyawan baru:

  • Beri mereka gambaran tentang value bisnis perusahaan
  • Berikan wawasan tentang bagaimana peran mereka menjadi bagian dari misi perusahaan
  • Sisihkan waktu bagi mereka untuk mengajukan pertanyaan
  • Ciptakan peluang untuk berinteraksi dengan anggota tim lainnya.

2. Training & Coaching Mempertahankan Karyawan yang Penuh Motivasi

Sebuah studi yang dilakukan oleh IBM menemukan bahwa karyawan 12 kali lebih mungkin untuk meninggalkan pekerjaan, jika perusahaan tidak membantu karyawan berkembang dalam karir maupun kehidupan pribadi. Itulah mengapa, perusahaan harus berinvestasi lebih pada karyawan yang penuh motivasi dengan memberi mereka kesempatan untuk coaching & training dengan komprehensif. Beberapa topik coaching yang dapat kamu berikan diantaranya:

  • Stress Management
  • Work Life Integration
  • Productivity Wellness
  • Handling Toxic People
  • Meaningful Work

3. Membekali Karyawan untuk Mengelola dan Mengembangkan Diri Sendiri

Ketika perusahaan tidak berinvestasi dalam membantu karyawan melakukan pekerjaan dengan baik, karyawan cenderung menunda-nunda. Kebanyakan dari mereka merasa tidak yakin bagaimana memulai atau menyelesaikan tugas atau membuat kesalahan karena bingung tentang apa yang dibutuhkan.

Akibatnya, hal ini akan menyebabkan micro management yang mengarah pada turnover yang lebih tinggi, kerja tim yang buruk, dan bahkan masalah kesehatan. Berinvestasi dalam coaching dan sumber daya pekerjaan lainnya memungkinkan karyawan mengelola diri mereka sendiri dengan lebih baik dan produktif.

4. Karyawan yang Memiliki Value Selaras dengan Perusahaan Menumbuhkan Loyalitas

Banyak karyawan bersedia menerima gaji yang lebih rendah jika values perusahaan sangat selaras dengan values mereka sendiri. Luangkan waktu untuk mempelajari apa yang paling bermakna bagi karyawanmu tentang pekerjaan mereka dan selalu perbarui values perusahaan dengan masukan-masukan mereka. Hal ini dapat menumbuhkan loyalitas dan komitmen karyawan yang lebih besar terhadap organisasi.

5. Karyawan Bahagia, Pelanggan Bahagia

Ketika perusahaan menciptakan lingkungan yang mendorong karyawan untuk lebih terlibat, secara tidak langsung mereka akan merepresentasikan perusahaan jauh lebih otentik dan positif daripada materi periklanan. Report dari Gallup menyatakan bahwa karyawan yang terlibat bahkan dapat meningkatkan penjualan sekitar 20%. Artinya, karyawan yang bahagia akan menghasilkan pelanggan yang bahagia.

Karyawan yang Bahagia adalah Ambasador Terbaik Perusahaan

Berinvestasi pada karyawan tentu membutuhkan sejumlah uang, waktu, dan usaha, tetapi ini merupakan investasi yang layak untuk dilakukan. Memberi perhatian lebih pada perkembangan karyawan dapat memberikan keuntungan finansial yang pesat dan menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang.

Selain itu, hal ini akan membantu karyawan menjadi lebih sukses dan akan mendorong perusahaan menuju kesuksesan. Lakukan investasi untuk tim kamu sekarang dan tuai hasilnya di masa depan.

Mindtera: Solusi Platform Employee Assistance Program (EAP) #1 di Indonesia

Mindtera sebagai platform EAP #1 di Indonesia hadir untuk membantumu dalam mengelola produktivitas, kinerja, dan wellbeing karyawan yang didukung oleh teknologi dan human science.

Platform EAP Mindtera mencakup konseling individu, group coaching, psychological assessments, wellness program, training & development dan layanan dukungan lainnya untuk masalah produktivitas, kinerja dan wellbeing karyawan.

Kini gunakan EAP dari Mindtera sebagai bentuk investasimu pada perkembangan karyawan. Dengan begitu, kultur kerja yang sehat, seimbang, dan produktif akan tercipta.

Coba GRATIS 14 hari!

Dapatkan tips seputar karir & personal growth setiap minggu
Jadi yang pertama tahu tentang tips terjitu seputar karir dan informasi produk kami yang terbaru.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Bagikan Artikel