Ikuti "Cultivate Happy Work Culture" dari Mindtera x Glints untuk tingkatkan produktivitas karyawan. Daftar GRATIS di sini! 🎉
Cara Jitu Meningkatkan Skill Karyawan Agar Lebih Produktif
Karir
17
January 2023

Dalam LinkedIn Workplace Learning Report 2022, para profesional L&D (Learning & Development) menyatakan bahwa upskiling dan reskilling karyawan sebagai fokus utama program L&D. Pengembangan skill karyawan membantu karyawan memenuhi standar perusahaan, memangkas biaya turnover, dan meningkatkan kinerja di tempat kerja. Itulah mengapa, sebagai seorang pemimpin atau leader penting untuk menjaga “spark” mempelajari skill tambahan agar tetap terus terasah.

Selain itu, karena para profesional terus beradaptasi dengan budaya kerja remote, banyak yang mengatakan keinginan mereka untuk mempelajari lebih banyak keahlian. Masa pandemi telah memberi karyawan banyak waktu untuk berpikir tentang bagaimana mereka ingin mengasah bakat dan kemampuan mereka di tempat kerja.

Jadi, inilah saat yang tepat untukmu mulai merancang strategi dalam meningkatkan skill karyawan. Pengembangan skill karyawan tidak hanya menguntungkan bagi karyawan, tapi juga sebagai langkah perusahaan dalam mengatasi krisis “skills gap” atau kesenjangan keahlian. Hampir sepertiga employers yang disurvei dalam Monster’s Future of Work 2022 setuju bahwa kesenjangan keahlian telah meningkat dari tahun lalu, dan 87% melaporkan bahwa mereka kesulitan menemukan kandidat yang memenuhi kebutuhan perusahaan.

cara meningkatkan skill karyawan

Lalu, skill apa yang paling tepat untuk ditingkatkan?

Jika kamu tidak tahu menahu kompetensi apa yang tepat bagi karyawanmu untuk ditingkatkan, cobalah untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut:

1. Aware terhadap kebutuhan industri

Mengikuti tren, kini menjadi tantangan tersendiri. Teknologi berubah lebih cepat dari sebelumnya, sehingga orang yang paling bersemangat untuk belajar pun mungkin bisa tertinggal. Jadi, tetaplah up to date dengan kebutuhan industri untuk meningkatkan kinerja organisasi dan mempercepat operasi bisnis. Services bootcamp yang komprehensif dengan kebutuhan skill yang paling relevan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan sangat kamu perlukan dalam hal ini.

2. Soft skills

Terkadang, soft skill mengalahkan hard skill. Mempelajari skill baru akan lebih mudah jika kita memiliki sikap dan kemampuan-kemampuan emosional dan sosial yang mendukung. Memiliki satu set soft skill yang baik akan membantu karyawan untuk tumbuh secara personal dan profesional. Karena soft skill yang baik akan mempermudah pekerjaan, komunikasi di dunia kerja, dan meningkatkan kualitas hubungan di kantor dan hidup secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa yang soft skills paling penting menurut LinkedInLearning:

  • Kreativitas
  • Kemampuan mempersuasi
  • Kolaborasi
  • Kemampuan beradaptasi
  • Kecerdasan emosional

Group coaching dengan profesional handal dan terpercaya bisa menjadi solusi untukmu dalam mengasah soft skills karyawan.

cara meningkatkan skill karyawan

Cara Jitu Meningkatkan Skill Karyawan

Meningkatkan skill karyawan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Berikut beberapa cara dan metode jitu dalam pengembangan skill karyawan yang dapat kamu terapkan di tempat kerjamu:

1. Bentuk workshop karyawan-ke-karyawan

Salah satu cara efektif untuk mempromosikan learning culture atau budaya belajar adalah melalui program pembelajaran karyawan-ke-karyawan. Karyawan tumbuh dan berkembang dengan mengajar orang lain, dan orang-orang di organisasimu belajar dari rekan kerja secara langsung.

Di Google, 80% dari semua pelatihan dijalankan melalui program karyawan-ke-karyawan yang disebut “g2g” (Googler-to-Googler). g2g’ers (sebutan relawan yang berpartisipasi) dapat berpartisipasi dalam berbagai cara, seperti mengajar kursus, memberikan 1-on-1 coaching, dan merancang materi pembelajaran.

2. Fasilitasi pelatihan yang memadai

Sediakan user manual, panduan, video tutorial dan kursus e-learning, beserta tools dan sumber daya pendidikan lainnya, untuk meningkatkan pengetahuan terkait pekerjaan. Karyawan dapat mengembangkan keterampilan baru dan meningkatkan keterampilan yang sudah ada untuk berkembang sesuai kebutuhan pekerjaan yang selalu berubah.

Bantu mereka mengembangkan keterampilan baru dengan menyediakan ruang untuk pembelajaran praktis yang berkaitan dengan tugas dan peran baru.

3. Terapkan microlearning

Fun fact, rata-rata rentang perhatian manusia sekarang lebih pendek daripada ikan mas. Yaitu, yang awalnya 12 detik kini menjadi 8 detik. Yang tidak berubah adalah pentingnya belajar di tempat kerja. Budaya pembelajaran perusahaan dapat membuat organisasi lebih kompetitif, inovatif, dan mudah beradaptasi.

Tetapi bagaimana karyawan dapat menyerap informasi dengan rentang perhatian yang begitu singkat? Yap, microlearning dapat menjadi solusi.

Microlearning adalah metode pelatihan organisasi yang memberikan konten singkat sesuai kebutuhan pembelajar untuk belajar dengan nyaman. Dengan menyajikan informasi dalam bite-sized, pembelajar dapat menyimpan informasi dengan lebih baik.

Beberapa perusahaan ternama yang telah menerapkan microlearning:

  • Google
  • Walmart
  • Unilever
  • Uber
  • dan masih banyak lagi

4. Gamifikasi

Gamifikasi adalah salah satu tren yang terbentuk di industri L&D. Perusahaan menggunakan elemen game ke lingkungan belajar mereka. Elemen-elemen ini termasuk interaktif, menyenangkan, dan keterlibatan. Idenya adalah bahwa game menciptakan kondisi yang kondusif untuk mengembangkan keterampilan baru dan mendorong perubahan perilaku. Misalnya, interaksi dan keterlibatan membuat pembelajar lebih termotivasi, sedangkan elemen menyenangkan membuat pengalaman belajar menjadi berkesan.

Hasilnya adalah tingkat penyelesaian kursus menjadi lebih baik dan retensi pengetahuan juga menjadi lebih baik.

Meningkatkan skill karyawan bersama Mindtera pilihan yang tepat untukmu

Itulah mengapa, Mindtera kini hadir sebagai solusi end-to-end untuk kelola engagement, wellbeing & development karyawan. Solusi dan layanan kami menghadirkan aktivitas menarik yang dipersonalisasi untuk membangun pengalaman tempat kerja yang positif. Kami membantu perusahaan menyelesaikan masalah turnover karyawan yang tinggi, kinerja yang rendah, & meningkatkan produktivitas.

Tersedianya 500+ microlearning programs, 40+ konten Jeda Wellnes, akses untuk group & personal coaching, serta analytical dashboard guna menghasilkan insight berbasis data, dapat memudahkanmu untuk meningkatkan skill karyawan secara keseluruhan.

Yuk, mulai sekarang maksimalkan potensi, kinerja, dan pertumbuhan karyawan dengan mewujudkan tempat kerja yang paling bahagia bersama Mindtera!

Coba GRATIS 14 hari!

Dapatkan tips seputar karir & personal growth setiap minggu
Jadi yang pertama tahu tentang tips terjitu seputar karir dan informasi produk kami yang terbaru.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Bagikan Artikel