Ingat, Kamu Juga Harus Bahagia dalam Bekerja!
Karir
November 28, 2022

Saat ini, apa yang membuatmu merasa kurang puas dengan pekerjaanmu? Apakah atasanmu? Rekan kerja yang tidak bersahabat? Atau, tugas pekerjaan yang sudah tidak lagi selaras dengan value atau tujuanmu?

Perasaanmu normal kok, dan kamu boleh mengekspresikannya dalam porsi yang wajar. Yang tidak wajar adalah ketika perasaanmu dibiarkan berlarut-larut yang akhirnya berujung kefokusanmu menjadi terganggu, alhasil pekerjaan semakin menumpuk dan pastinya akan mempengaruhi hasil kerjamu—Kalau sudah begitu bukan hanya pekerjaanmu yang terdampak, tapi fisik dan mentalmu pun bisa mengalami penurunan.

Untuk itu, mari cari tahu penyebab perasaaan sedihmu dan belajar agar tidak membiarkan rasa sedih mengendalikanmu dengan menerapkan 5 cara bahagia di tempat kerja dari Mindtera. Terapkan dengan baik, dan semoga berhasil membuatmu lebih bahagia saat bekerja.

cara bahagia di tempat kerja

Cara Bahagia di Tempat Kerja

1. Temukan Pekerjaan yang Bermakna

Dalam 3 orientasi pekerjaan; karir, pekerjaan, dan panggilan hidup, manakah yang menggambarkan pekerjaanmu saat ini? Dengan kamu mengerjakan pekerjaan yang bermakna akan membantumu untuk meningkatkan rasa kepuasan batin, sehingga kamu akan menyelesaikan pekerjaanmu dengan maksimal dan sebaik-baiknya.

Namun, jika saat ini kamu belum menemukan pekerjaan yang bermakna bagimu, tidak apa-apa, kamu bisa mencarinya sembari mengeksplorasi dirimu terlebih dahulu. Kamu bisa memulainya dengan menggali personal value dan selaraskan dengan tujuan di pekerjaanmu.

2. Kenali Lingkungan Kerjamu

Kamu saat ini merasa kurang puas dengan pekerjaanmu karena masih belum bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja? Coba sebelum memutuskan untuk resign, kenali lingkungan kerjamu terlebih dahulu. Cobalah untuk membaur dengan kolegamu dengan menjadi pendengar yang baik dan bersikap ramah. Juga, jangan ragu bertanya jika kamu tidak menahu soal tempat kerjamu ataupun tentang pekerjaan yang sedang kamu kerjakan.

3. Luangkan Waktu untuk Mengambil Jeda

Di tengah padatnya harimu, sudahkah kamu meluangkan waktu 1-2 jam untuk mengambil jeda sejenak? Yap, kamu juga perlu untuk mengambil jeda sebelum melangkah lebih jauh lagi. Kamu perlu mengistirahatkan diri dari aktivitas yang menguras pikiran, energi, dan fisikmu sehari-hari.

Dengan mengambil jeda sejenak dalam pekerjaan akan membantu otak dan tubuh lebih bugar kembali. Tidak perlu mengisi jeda tersebut dengan melakukan hal yang dapat menyita waktu banyak, cukup lakukan hal sederhana dengan relaksasi, makan, atau sekadar tidur.

Kamu juga bisa mengambil jeda sambil mendengar JEDA dari Mindtera, lho!

4. Syukuri Setiap Pekerjaan yang Telah Kamu Selesaikan

Apakah kamu sering merasa tidak puas dengan hasil pekerjaanmu? Kini, buang jauh-jauh perasaan itu. Karena kamu berhak bahagia atas kerja keras dan usahamu untuk menyelesaikan pekerjaan. Pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang selesai. Jadi, mulai sekarang coba syukuri apa yang telah kamu selesaikan. Mulai dengan ucapkan terimakasih pada dirimu sendiri karena sudah melakukan yang terbaik dalam menyelesaikannya.

5. Mindful dengan Pekerjaan

Jika kamu sedang bekerja di kantor, jangan mengkhawatirkan pekerjaan rumah atau tugas lain yang sedang kamu ikuti. Cobalah sefokus mungkin untuk menyelesaikan apa yang sedang kamu kerjakan saat itu. Dengan begitu, pekerjaan yang kamu kerjakan akan dapat dengan lebih cepat dan tepat dalam menyelesaikannya. Rasa khawatirmu pun secara tidak langsung akan berkurang.

Kamu bisa juga melatih fokusmu lewat program-program dari Mindtera.

Karena sebagian besar waktumu kamu habiskan di tempat kerja, kebahagiaanmu harus menjadi prioritas utama. Dan, yang perlu kamu pahami, rasa bahagia tidak perlu kamu cari, tapi perlu untuk kamu bentuk. Jadi, bentuk rasa bahagia dalam bekerja mulai dari sekarang, yuk!

Mindtera hadir untuk kamu dalam mewujudkan tempat kerja yang bahagia. Karena Mindtera percaya kalau menjadi bahagia dan produktif adalah dua unsur yang harus datang beriringan. Product & services kami membantu perusahaan menyelesaikan masalah turnover karyawan yang tinggi, kinerja yang rendah, dan meningkatkan produktivitas dengan solusi end-to-end.

Yuk, coba GRATIS 14 hari!

Share this article