Mau Hidup Lebih Damai? Lakukan Hal-Hal Ini!
General
February 4, 2022

Hidup damai tentu menjadi impian setiap orang. Walaupun begitu, selayaknya kita menjalani kehidupan, tentu banyak dinamika serta persoalan yang membuat kita sering tidak tenang, bahkan jauh dari tujuan hidup damai yang kita impikan.

Ketika perasaan gelisah dan tidak tenang menghampirimu, kamu tidak perlu khawatir. Ada berbagai cara menenangkan pikiran, supaya perasaan damai bisa kamu dapatkan kembali. Berikut beberapa tips atau cara menenangkan hati dan pikiran, yang Mindtera rangkum untukmu.

1. Mindfulness.

Mindfulness untuk kedamaian hati dan pikiran

Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk sepenuhnya hadir; sadar di mana kita berada, apa yang kita lakukan, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitar kita. Praktiknya sangat mudah, kamu bisa memulainya dengan cukup fokus pada apa pun yang kamu rasakan saat ini, atau yang panca indramu tangkap. Ketika kamu sudah berhasil menangkapnya, terimalah emosi, atau rasa apa pun yang datang tanpa menghakiminya.

Mindfulness membantumu untuk membawa kembali pikiranmu ke kondisi saat ini, sehingga kamu tidak overthinking dan akhirnya menjadi lebih tenang. Yuk, coba belajar praktik mindfulness di sini.

2. Bersyukur.

Cara bersyukur untuk hidup lebih damai

Percayakah kamu kalau bersyukur dapat membuatmu hidup tenang? Rasa syukur adalah perasaan berterima kasih dan apresiasi atas hal-hal yang kamu senangi atau miliki saat ini. Latihan untuk bersyukur mungkin saja terasa sulit pada awalnya, tapi tenang ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu praktikkan dalam keseharian. Jika sudah terbiasa, lambat laun rasa syukur akan mulai tertanam dalam dirimu. Tidak perlu lama lagi, segala hal dalam hidupmu akan terlihat sebagai berkah dan perasaan damai juga akan menyertaimu.

3. Berbuat baik.

Berbuat baik pada orang lain untuk hidup damai

Kamu pasti senang saat seseorang berbuat baik untukmu, begitu juga orang lain. Kebaikan hati nyatanya memberikan dampak positif, baik untuk diri sendiri mau pun sekitar kita. Wujud dari sebuah kebaikan bisa ditunjukkan dengan perilaku, perkataan, dan perhatian. Dengan kebaikan, kita bisa meningkatkan hubungan yang baik dengan orang lain dan menguatkan satu sama lain. Mau tahu lebih lanjut soal kebaikan? Pelajari di sini.  

Dengan langkah-langkah sederhana yang sudah Mindtera rangkum, hidup damai kini bukan lagi sekadar impian, selama kamu konsisten dalam mempraktikkannya. Selamat mencoba!

Rekomendasi Program Sesuai Artikel Ini

Kebaikan Hati
Sudahkah kamu berbuat kebaikan hari ini? Atau, adakah kebaikan yang sudah kamu terima hari ini? Yuk, mulai bentuk chain of kindness di sekitar kita.
Manusia Berbudaya (Berbudi & Berdaya)
Apakah kamu sudah menjadi manusia berbudaya? Di program ini, wisdom talk dari seorang Pradjoto akan memberimu pemahaman bekal apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi manusia yang berbudaya. Selamat mewujudkan dirimu yang berbudaya, ya!
Rasa Syukur
Bangun pagi, bernapas, dan masih melihat sinar matahari bukan sekadar rutinitas, melainkan juga sederet hal yang patut disyukuri. Apa lagi ya, yang bisa kita syukuri? Yuk latih rasa syukur bersama Mindtera di program kali ini!

Share this article